Bank Sharia Indonesia Strategy in Palopo City in Increasing Customer Loyalty

Authors

  • Salma Aulia Institusi Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/joins.v4i2.3386

Keywords:

Strategy, Customer Loyalty

Abstract

Unsatisfactory bank service will cause customers to switch to other banks, on the contrary, satisfactory bank service will make customers loyal. This study aims to determine the strategy of Indonesian Islamic banks in Palopo city in maintaining customer loyalty. this research was conducted at the Islamic Bank of Palopo city. The data collection technique is to use interviews with BSI and become informants researchers are employees and customers of BSI, documentation to collect written data. The results of this study show that the strategy used by BSI is very important through the services provided by BSI. The loyalty of customers themselves can be seen from their persistence in order to continue to use BSI services even though many other institutions offer the same product but they still survive in BSI. The quality of services provided by the bank is one of the main concerns of customers in choosing a bank.

References

A. Hasymi All (1997) American Institute Of Bancing, Dasar-Dasar Operasional Bank, (Jakarta, Media)

Adhim Bari, wawancara pada tanggal 17 maret 2020

Ali Hasan (2010) Marketing Bank Syariah, Bogor : Ghalis Indonesia..

Alida Palilati (2014)“Pengaruh Nilai Pelanggan, Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Perbankan di Sulawesi Selatanâ€, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan.

Andre Nusawangsa Sandewang, wawancara pada tanggal 23 maret 2020

Andi Julita (2014) Analisis Pengaruh Citra, Pelayanan, Kepercayaan terhadap Loyalitas Nasabah pada Bank Syariah Mandiri Cabang Kota Palopo, Skripsi, (Palopo, STAIN Palopo).

Anonim, 4 Faktor yang Mempengaruhi Terbentunya Loyalitas Pelanggan, http://portalpengusaha.com/marketing.4-faktor-yang-mempengaruhi- terbentuknya-loyalitas-pelanggan, diakses pada tanggal 10 /01/ 2020

Anonim, Loyalitas Konsumen, http://Untro wordpress.com 2009/09/11/loyalitas konsumen. di akses tanggal 24/01/2020

Ariyanti Sunarno (2011) Pengaruh Kualitas Pelay anan Frontliner terhadap Loyalitas Nasabah pada Bank BTN Syariah Cabang Bandung, Skripsi, (Universitas Islam Bandung)

Bank Mandiri Syariah, wawancara pada tanggal 17 maret 2020

Bagyo Mujiharjo, Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan dan Pengaruhnya Terhdap Loyalitas Pelanggan, Indonesia Journal Of Marketing Science, vol.5,no.2,pp.(Universitas Diponegoro)

Budi Setiawan, M., & Ukudi, U. (2007) Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan Dan Komitmen Terhadap Loyalitas Nasabah ( Studi Pada Pd. Bpr Bank Pasar Kendal). Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE).

Christopher Lovelock (2010) Pemasaran Jasa Manusia, Teknologi, Strategi Perspektif Indonesia (Jakarta:Erlangga)

Crown Dirgantoro (2001) Manajemen Stratejik, (Jakarta:Grasindo) Departemen Agama RI, (2008) Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: CV Penerbit Diponegoro)

Departemen Agama RI (2007) Al Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: Syaamil Al Qur‟an.

Didin Hafidhuddin (2003) Manajemen Syariah dan Praktik, Jakarta:Gema insani. Djaslim Saladin (1994) Dasar-dasar Manajemen Pemasaran Bank, Jakarta:CV.Rajawali.

Edy Wibowo (2005) Mengapa Memilih Bank Syariah, Bogor:Ghalia Indonesia Faisal Afif (1984), Strategi Menurut Para Ahli, Bandung:Angkasa

Fandy Tjiptono (2001), Manajemen Jasa , Yogyakarta: Andi

Griffin Jill (2002) Customer Loyality Terjemahan Dwi Kartini Yahya(Jakarta:Erlangga.

Hasrida Kadir (2014) “Pengaruh Pelayanan Customer Service Terhadap Loyalitas nasabah pada Bank Syariah Mandiri Cabang Kota Palopoâ€, skripsi, (Palopo, STAIN Palopo)

Hendradimanja, A, Pemasaran bank: Performa Customer service Pembenahan Serius dan Peningkatan Performa,

http://agushendradimadja.blogspoot.co.id./2009/08/pemasaran-bank- performa-customer.html diakses tanggal 24/01/2020

Hendrawan, Definisi Loyalitas Nasabah dari http://ilmumanajemenpemasaran wordpress.com/2009/11/10,definisi-loyalitas-pelanggan, diakses tanggal 20/01/2020

Hermawan Kartajaya (2006) Syariah Marketing, (Bandung: mizan)

Heri Sudarsono (2008) Bank & Lembaga Keuangan Syariah Cetakan ke-2 (Yogyakarta:Ekonisa)

Herry Sutanto, Manajemen Pemasaran Syari’ah.

Indriyo Gitosudarmo (2001) Manajemen Strategis, (Yogyakarta:BPFE-UGM) James G.Barne (2003) Secrets of Customer Relatinship Manajemen, Yogyakarta: Andi.

John C. Mowen (2002) Perilaku Kondumen Alih Bahasa Lina Salim ,Jakarta:Erlangga.

Keith Davis (2000) Perilaku dalam Organisasi, Alih Bahasa Agus Darman, Jakarta:Erlangga.

Kasmir (2010) Manajemen Perbankan. (Jakarta: Rajawali pers) Kasmir (2005) Pemasaran Bank (Jakarta).

Komaruddin (1994) Kampus Perbankan, Jakarta:CV.Rajawali, 1994. Kotler Philip dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran Jilid 10

Marlius, D. (2018) Loyalitas Nasabah Bank Nagari Syariah Cabang Bukittinggi Dilihat Dari Kualitas Pelayanan. Jurnal Pundi.

Moh. Nazir (2014) Metode Penelitian, (Bogor: Ghalia Indonesia) Muhammad (2014) Manajemen Bank Syariah, (Jakarta : Rajawali Pers)

Muhammad Jafar Hafsah (2000) Kemitraan Usaha: Konsepsi dan Strategi, Jakarta:Pustaka Sinar Harapan.

Philip Kotler, dan A.B Susanto (1999) Manajemen Pemasaran di Indonesia. Jilid II, Jakarta: Salemba Empat.

Philip Kotler (2005) Manajemen Pemasaran, Jilid I dan II, Jakarta:PT.Indeks

R. Lukman Fauroni (2006) Etika bisnis dalam AL-Qur’an, Yogyakarta: Pustaka pesantrem.

Rambat Lupiyodo (2006) Manajemen Pemasaran Jasa. (Jakarta: salemba Empat) Ratih Hurriyati, Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen.

Ridayani, wawancara pada tanggal 28 september 2021 Riska, wawancara pada tanggal 28 september 2021 Salmi, wawancara pada tanggal 28 september 2021 Sapira, wawancara pada tanggal 28 september 2021

Sartika Andini, wawancara pada tanggal 28september 2021

Siagian P. Sondang (2004) Manajemen Strategi, Jakarta:bumi aksara

Sri Khaerani (2018) Strategi Bank Syariah Mandiri Cabang Mataram Dalam Menjaga Loyalitas Nasabah. Jurnal Cendekia.

Soegito (2007) Marketing Reasech: Panduan Bagi Manajer, Pemimpin Perusahaan Organisasi,Jakarta:Elex Media Komputindo.

Sugiyono (2011) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Cet. XIII; Bandung: Alfabeta)

Sultan Remy Shahdeiny (2007), Perbankan Islam, Jakarta:PT Pusat Utara Grafiti Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah., Pasal 3 Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas

Downloads

Issue

Section

Articles

Citation Check