ANALISIS KOMPARASI KEPUASAN NASABAH BANK RAKYAT INDONESIA CABANG PALOPO UNIT BALANDAI KOTA PALOPO DAN BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU PALOPO

Authors

  • ... .... Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/joins.v1i1.293

Abstract

ABSTRACT

The purpose of this study was to determine the comparative analysis of customer satisfaction at Bank Rakyat Indonesia Palopo Branch Unit Balandai and Bank Syariah Mandiri Palopo Sub-Branch Office.

This research is a quantitative research with the method of frequency descriptive analysis and the Mann-Withney difference test. The population in this study were customers of BRI and BSM Palopo City. The samples of this study were some of the customers of BRI and BSM Palopo City. By selecting the sample using incidental sampling technique. The data used are primary data obtained directly through questionnaires for BRI and BSM customers in Palopo City.

The method used to test the hypothesis is the Mann-Withney difference test. The results showed that there was a significant difference between BRI and BSM Palopo City.

Keywords: Comparison, Customer Satisfaction, Bank Rakyat Indonesia, Bank Syariah Mandiri

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis komparasi kepuasan nasabah Bank Rakyat Indonesia Cabang Palopo Unit Balandai dan Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Palopo.

            Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode analisis deskriptif frekuensi dan uji beda mann-withney. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah BRI dan BSM Kota Palopo. Sampel penelitian ini beberapa dari nasabah BRI dan BSM Kota Palopo. Dengan pemilihan sampel menggunakan teknik Sampling insidental. Data yang digunakan adalah data data primer yang diperoleh secara langsung melalui kuesioner nasabah BRI dan BSM Kota Palopo.

            Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan uji beda mann-withney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara BRI dan BSM Kota Palopo.

Kata Kunci    :Komparasi, Kepuasan Nasabah, Bank Rakyat Indonesia, Bank Syariah Mandiri


DAFTAR PUSTAKA

BUKU

[1] Abdullah, Sarini dan Taufik Edy Sutanto, Statistika Tanpa Stress, Jakarta: TransMedia Pustaka, 2015.

 [2] Bakri, Adzan Noor. Spritual Marketing, Yogyakarta: Deepublish, 2016.

 [3] Baroroh, Ali. Trik-Trik Analisis Statistik dengan SPSS1, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2008.

 [4] Harinaldi. Prinsip-Prinsip Statistik Untuk Teknik dan Sains, Jakarta: Penerbit Erlangga, 2005.

 [5] Hasan, Ali. Marketing Bank Syariah, Bogor : Ghalia Indonesia.

 [6] Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran Edisi 12, Indonesia: PT Macana Jaya Cemerlang, 2017.

 [7]Riduwan dan Sunarto. Pengantar Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabet, 2009.

 [8] Sarwono, Jonatan. Teknik Jitu Memilih Prosedur Analisis Skripsi, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2014.

 [9] Sekaran, Uma. Metodologi Penelitian untuk Bisnis, Jakarta: Salemba Empat, 2015.

 [10] Sugiyono, Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi, Bandung: Alfabeta, 2014.

 [11] Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Bandung: Alfabeta, 2008.

 [12] Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana, Total Quality Management, Yogyakarta: Andi 2010.

 JURNAL

[1] Guspul, Ahmad dan Awaluddin Ahmad, “Kualitas Pelayanan, Kepuasan dan Kepercayaan Nasabah Pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah di Wonosoboâ€, Jurnal PPKM III, 2014.

 [2] Ismail,  Riswandhi, Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Kepuasan Nasabah Sebagai Prediktor Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah, Jurnal Organisasi dan Manajemen, Vol. 10, No. 2, September 2014.

 [3] Kuntoro, Heru Dwi. Analisis Perbandingan Kepuasan Bank Konvensional Dengan Bank Syariah, http://library.gunadarma.ac.id/repository/view/3751710/analisis-perbandingan-kepuasan-nasabah-bank-umum-konvensional-dengan-bank-syariah-studi-kasus-pada-bank-mandiri-dan-bank-syariah-mandiri.html/.

 [4] Nalim. Analisis Komparatif dan Eksploratif Terhadap Kualitas Pelayanan Bank Syariah dan Bank Konvensional di Kota Pekalongan. Jurnal Hukum Islam, Vol. 13, No. 2, Desember 2015.

 [5] Siyamto, Yudi, Preferensi Kepuasan Nasabah Bank Umum Syariah dan Bank Umum Konvensional dalam Perspektif Fuzzy Carter dan Fuzzy Servqual di Surakarta Tahun 2015. (Skipsi; IAIN Surakarta, 2015).

 [6] Sondakh, Cony. “Kualitas Layanan, Citra Merek dan Pengaruhnya TerhadapKepuasan Nasabah dan Loyalitas Nasabah Tabungan (Studi Pada Nasabah Taplus BNI Cabang manado)â€, Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, Vol. 3, No. 1, 2014.

 [7] Wijayanto, Kusuma. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bankâ€, Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, Vol. 17, No.1, Juni 2015.

 [8] Victor, Christian dkk. “Pengaruh Customer Relationship Management dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen PT. Bank BCA tbk. Di Manadoâ€. Jurnal EMBA, Vol. 3, No. 2, Juni 2015.



Published

15-09-2018

Issue

Section

Articles

Citation Check