TEORI PERILAKU PRODUSEN DALAM EKONOMI ISLAM DAN EKONOMI KONVENSIONAL (STUDI PERBANDINGAN)

Authors

  • ..... ..... IAIN Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/joins.v2i2.1390

Abstract

ABSTRACT

  This study discusses the Theory of Behavior of Manufacturers in Islamic Economics and Conventional Economics (Comparative Study), with principal issues namely, 1) How is the behavior theory of producers in Islamic economics and conventional economics? 2) What is the difference between producer behavior theory in Islamic economics and conventional economy?

Research that the authors do is included in the research (Research library) is research in the form of literature study that takes the data derived from the reference, either from the books, journals, or from articles on the internet, which is related With problem formulation.

The results of research conducted by the author can be submitted as follows: (1) The theory of producer behavior in Islamic economics that in creating a goods or service a producer not only pay attention to what human needs, but producers must also pay attention to halal and prohibited a Products, which do not destroy the aqid / morality of consumers. And the Islamic economy strongly encourages producers not only to improve the quality and prosperity of the world only, but also the moral as a business actor in creating happiness in the Hereafter. While the theory of producer behavior in the conventional economy of things like this is not in note, the only notice how to generate maximum profit with little capital, it is very dominant. This is what causes a producer to ignore his social responsibility. As the theoretical rationality theory in which humans are called rational economically if they always maximize their own interests, in conventional economics the main motive in production is to maximize profits. (2) Comparison of theories of producer behavior in Islamic economics and conventional economics: The theories offered by Islamic economics are very different from conventional behavioral concepts, in terms of scientists' differing opinions, their motivations and their goals in production, the concept of rationality theory, Observed by the economic actors of Islam namely, monotheism, justice, freedom, trust and lawful.

Keywords; Manufacturers, Islamic Economics, Conventional Economics

 

ABSTRAK

Penelitian ini membahas tentang Teori Perilaku Produsen dalam Ekonomi Islam dan Ekonomi Konvensional (Studi Banding), dengan topik sebagai berikut, 1) Bagaimana teori perilaku produsen dalam ekonomi Islam dan ekonomi konvensional? 2) Apa perbedaan antara teori perilaku produsen dalam ekonomi Islam dan ekonomi konvensional?

Penelitian yang penulis lakukan termasuk dalam penelitian (Research library) adalah penelitian dalam bentuk studi pustaka yang mengambil data-data yang bersumber dari referensi, baik dari buku, jurnal, maupun artikel di internet yang berkaitan dengan masalah tersebut. perumusan.

Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan sebagai berikut: (1) Teori perilaku produsen dalam ilmu ekonomi Islam bahwa dalam menciptakan suatu produk atau jasa seorang produsen tidak hanya memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan manusia, tetapi produsen juga harus memperhatikan memperhatikan kehalalan dan haram suatu produk agar tidak merusak moral konsumen. Dan ekonomi Islam sangat mendorong produsen tidak hanya untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan dunia, tetapi juga akhlak sebagai pelaku usaha dalam menciptakan kebahagiaan di akhirat. Sedangkan teori perilaku produsen dalam perekonomian konvensional hal-hal seperti ini tidak diperhatikan, hanya memperhatikan bagaimana menghasilkan keuntungan yang maksimal dengan modal kecil, sangat dominan. Hal inilah yang menyebabkan seorang produser mengabaikan tanggung jawab sosialnya. Sebagaimana teori rasionalitas teoritis dimana manusia disebut rasional secara ekonomi jika selalu memaksimalkan kepentingannya sendiri, dalam ilmu ekonomi konvensional motif utama produksi adalah memaksimalkan keuntungan. (2) Perbandingan teori-teori perilaku produsen dalam ekonomi Islam dan ekonomi konvensional: Teori-teori yang ditawarkan oleh ekonomi Islam sangat berbeda dengan konsep perilaku konvensional, dalam hal perbedaan pendapat para ilmuwan, motivasi dan tujuan mereka dalam berproduksi, konsep tersebut. rasionalitas. Teori yang diamati oleh para pelaku ekonomi Islam yaitu, tauhid, keadilan, kebebasan, kepercayaan dan halal.

Kata kunci; Manufaktur, Ekonomi Islam, Ekonomi Konvensional

DAFTAR PUSTAKA

 Abdullah Ruslan, dan Fasiha, Pengantar Islam Economics, Makassar: Lumbung   Informasi

Pendidikan (LIPa), 2013.

Amalia,    Euis,    Sejarah    Pemikiran    Ekonomi    Islam    Dari    Masa    Klasik    Hingga

Kontenporer, Jakarta: Gramata Publishing, 2005.

Amin Ahmad, Etika (Ilmu akhlah),  Cet. VIII. Jakarta: Bulan Bintang, 1995 .

Al-Iqtishad,   Fakultas   syariah   dan   Hukum   universitas   Islam   Negeri   (UIN)   syarif

Hidayatullah Jakarta bekerjasam dengan ikata Ahli Ekoomi Indonesia      (IAIE),

Vol.VI. nomor. 1. 2014.

Al-arif Nur Rianto, Dasar-Dasar Ekonomi Islam, Cet, I; Jakarta: PT Era Adicitra  Intermedia,

2011.

Asropudin, Pipin, Kamus Bisnis dan Kewirahusahaan, Cet, I; Bandung: 2013.

Aziz, Abdul, Etika Bisnis Perspektif Islam Implementasi Etika Islami Untuk         Dunia

Usaha, Cet. I; Bandung: Alfabet, 2013.

Alqazwini, Abu Abdullah Muhammad bin Yazid, Hukum-hukum, Toha Putra, Semarang: 2001 M.

Annaisaburi, Imam Abu Husain Muslim bin Hajjaj Alqusyairi, Pengairan, Darul

Fikri, Bairut-Libanon: 1993 M.

Badroen, Faisal, Etika Bisnis dalam Islam, Ed. I. Cet. II; Jakarta: Kencana, 2007.

Chapra, Umar, Islam dan Tantangan Ekonomi Islam, Cet. I; Surabaya: Risalah      Gusti,

1999.

Chapra, Umar, Masa Depan Ilmu Ekonomi Sebuah Tinjauan Islam, Cet. I.             Jakarta: Gema Insani press, 2001.

Departemen agama RI, Al-Quran dan Terjemahan, Bandung: Cv Diponegoro,       2014.Departemen agama RI, Al-Quran dan Terjemahan, Bandung: PT Sygma

Examedia       Arkanleema, 2014 .

Herlin Darwis, “Teori Konsumsi dalaam Ekonomi Mikro Konvensional dan           Ekonomi

Mikro Islam (Studi Perbandingan),Skripsi, (Palopo: Stain Palopo, 2013.

Karim,  Adiwarman,  Ekonomi  Mikro  Islam,  Ed.  II,  Cet.  II;  Jakarta:  IIIT  Indonesia,

2003.

Marthon, Sa’id Sa’ad, Ekonomi Islam Di Tengah Krisis Ekonomi Global, Cet.3;    Jakarta: Zikrul Hakim, 2007.

Muhammad dan Lukman Fauroni, Visi Al-qur’an Tentang Etika dan Bisnis, Ed, I; Jakarta: Salemba Diniyah, 2002.

 

Nasution, Mustafa Edwin. Et. al., Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam, Ed. I.       Cet.        II; Jakarta: Kencana, 2007.

Pass,   Christopher   dan   Bryan   Lowes,   Kamus   Lengkap   Ekonomi,   Jakarta:   PTGelora

Aksara Pratama, 1994.

Qardhawi, Yusuf, Norma dan Etika Ekonomi Islam, Cet. I; Jakarta: Gema Insani   Press,

1997.

Anonim. http://obrolanmanusia.blogspot.co.id/2014/11/perilaku-produsen.html     3/12/2015. Afirdaus, Teori perilaku produsen , http://afirdauz.blogspot.co.id/2012/07/teori-   produksi- dan-perilaku-  produsen.html 3/12/2015.

Anonim, http://eprints.walisongo.ac.id/4336/1/112411004.pdf 1/1/2016.

Tantewi’s                    Blog,                    Pengertian                    Perilaku                    Produsen, http://dewitatewi.blogspot.co.id/2012/03/perilaku-   produsen.html?=1

04/11/2015.

Wisman_Portnoy, http://wismanPerman3.blog.com/perilaku-produsen/20/12/2015

Yuli      Sari,     Ekonomi     Mokro,     Blog,     Ekonomi     Mikro,     Perilaku     Produsen, http://yuliasari01.blogspot.co.id/ 3/12/2015.

Published

01-12-2019

Issue

Section

Articles

Citation Check