PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PEMBULATAN HARGA PADA TRANSAKSI JUAL BELI MENURUT SYARIAT ISLAM DI MINI MARKET INDOMARET KELURAHAN PONTAP KOTA PALOPO

Authors

  • .... ...... Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/joins.v3i1.1444

Abstract

Abstract: The main problems in this research are (1) public perception of price rounding in buying and selling transactions at Indomaret minimarkets; (2) Islam's view about replacing the remaining purchase money with sweets at Indomaret minimarket. In this study the authors used a type of field research, the design used was qualitative research that is research producing data in the form of written or oral words from people who could be observed. This research raises facts. There are two data sources that researchers use, namely primary data sources and secondary data sources. The primary data source is data directly taken from the object of the researcher, namely the Indomaret cashier and the customer. The primary data source is derived from field data obtained from observations and interviews. Secondary data sources are data taken in the form of Indomaret documents. The results of the study showed that most people accepted price rounding on the grounds that they were accustomed but there were still a small number of people who felt dissatisfied and disagreed if the price rounding practice was carried out. If in the fulfillment of the remaining money of this purchase there is a buyer who feels less willing, he can choose to keep abreast of what the seller says or cancel the sale and purchase. The Islamic view of replacing the rest of the money with candy is allowed to see the scarcity of small change so that the manager of Indomaret provides candy instead. This gave rise to the rule of one rule which reads "the existence of difficulties raises the existence of ease". The abilities and potentials of people in carrying the law differ, so that a way to avoid difficulties is needed by avoiding legal exceptions.

Keywords: Community Perception, Price Rounding, Islamic Sharia, Minimarket Indomaret.

 

Abstrak: Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah (1) Persepsi masyarakat terhadap pembulatan harga pada transaksi jual beli di minimarket Indomaret; (2) pandangan Islam tentang penggantian uang sisa pembelian dengan permen di minimarket Indomaret. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan, desain yang digunakan adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang dapat diamati. Penelitian ini mengangkat fakta. Sumber data yang peneliti gunakan ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer yaitu data yang langsung diambil dari objek peneliti yaitu kasir Indomaret dan pelanggan. Sumber data primer ini berasal dari data lapangan diperoleh dari hasil observasi dan wawancara. Sumber data sekunder yaitu data yang diambil berupa dokumen Indomaret.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat menerima adanya pembulatan harga dengan alasan sudah terbiasa tetapi masih ada sebagian kecil masyarakat yang merasa kurang puas dan tidak setuju jika praktek pembulatan harga yang dilakukan. Bila dalam penggenapan uang sisa pembelian ini ada pembeli yang merasa kurang rela, ia dapat memilih untuk tetap mengikuti apa yang dikatakan penjual atau membatalkan jual beli tersebut. Adapun pandangan Islam tentang penggantian uang sisa pengembalian dengan permen yaitu dibolehkan melihat kelangkaan uang receh sehingga membuat pengelola Indomaret menyediakan permen sebagai gantinya. Hal ini memunculkan hukum satu kaidah yang berbunyi “adanya kesulitan memunculkan adanya kemudahan“. Kemampuan dan potensi yang dimiliki manusia dalam memikul hukum itu berbeda-beda, sehingga perlu diadakan jalan untuk menghindarai kesukaran dengan mengadakan pengecualian hukum.

Kata Kunci : Persepsi Masyarakat, Pembulatan Harga, Syari’at Islam, Minimarket Indomaret.

DAFTAR PUSTAKA

Abdul Hakim, Atang. Fiqih Perbankan Syari’ah, Bandung: Refika Aditama, 2011.

 Abdurrahman, As-Sa’di, Syeikh, dkk. Fiqih Jual Beli, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.

 Afandi, Yazid. Fiqh Muamalah, Yogyakarta: Logung Pustaka, 2009.

 Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Ed.1. Cet.3; Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

 Al-Gazali, Imam. Benang Tipis Antara Halal dan Haram, Cet. I; Surabaya: Putra Pelajar, 2002

 Athar, Sistem Transaksi Jual Beli di Supermarket PT Citra Sarana Sejahtera Opsal Plaza Menurut Syariat Islam, Skripsi. Palopo: Program Sarjana S1, 2013.

 Abdul Hakim, Atang. Fiqih Perbankan Syari’ah, Bandung; Refika Aditama, 2011

 Arsip, Sejarah Berdiri Indomaret

 Arsip, Indomaret Kelurahan Pontap Kota Palopo

 Bugi, Mochamad. Mochamad Bugi, Mengenal Syariat Islam,http:/ www.dakwatuna. com/2008,/2/412/mengenal-syariat-islam-bagian-1, di akses pada tanggal 27 November 2015

 Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Edisi Revisi; Bandung: Deponegoro, 2011.

 Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Ed.3; Cet.4; Jakarta: Balai Pustaka, 2007

 Djuwaini, Dimyauddin. Pengantar Fiqih Muamalah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

 Fakhurrozi. At Tafsir Al Kabir, Cet; II: Teheran: Dar Al Kutub Al Ilmiyah

 Haroen, Nasrun. Fiqhi Muamalah, Jakarta: Gaya Media Pratama, 2000

 Imam Abu Husain bin Hajjaj Al Qusyari Annaisaburi, Muslim. Kitab Muslim Jus 2, Lebanon: Darul Fikr-Bairut, 1993.

 Issa Beekun, Rafik. Etika Bisnis Islam, Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004

 Ilyas, Pelaksanaan Sistem Jual Beli di Toko Pembangunan Kota Palopo dalam Persfektif Syariat Islam, Skripsi. Palopo: Program Sarjana (S1), 2011

 Kamaluddin Muhammad ibn Abd al-Wahid al-Siwasi ibn Humam, al-Imam. Syarh Fath al Qadir, Beirut: Dar al-fikr, 1977, Juz VI

 Lubis, Suhrawardi K. Hukum Ekonomi Islam, Cet.II; Jakarta: Sinar Grafindo, 2000.

 Muhammad Al-Jamal, Ibrahim. Fiqih Muslimah Ibadat Mu’amalat, Cet. III; Jakarta: Pustaka Amani, 1999.

 Margono, S. Metode Penelitian Pendidikan, Cet. IV; Jakarta: Asdi Mahasatya, 2004.

 Mas’ud, Ibnu dan Zainal Abidin. Fiqih Mazhab Syafi’I, Cet. I; Bandung: Pustaka Setia, 2000.

 Mutahari, Murtadha. Man and Universe, diterjemahkan oleh ; Ilyas Hasan dengan judul : Manusia dan Alam Semesta, Cet; I; Jakarta; Lentera Basritama, 2002.

 Najatullah, Muhammad. Kegiatan Ekonomi dalam Islam, Cet.II; Jakarta: Bumi Aksara, 1996.

 Narbuko, dan Abu Ahmadi, Cholid. Metodologi Penelitian, Cet. 12; Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

 Nur Ichwan Muslim, Muhammad. Artikel www.muslim.co.id, 25 November 2015

 Official, Indomaret. Indomaret  menyerahkan donasi kosumen ke UNICEF, dalam http://www.indomaret.co.id

 Pendidikan Nasional, Departemen. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Ed.3; Cet.4; Jakarta: Balai Pustaka, 2007

 Rahman Ghazali, Abdul. Fiqh Muamalat, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.

  Ruslan, Rosady. Metode Penelitian Public Relations da Komunikasi, Ed.1, Cet.3; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.

 Sabri, Alisuf. Pengantar Psikologi Umum dan Perkembangan, Cet.IV; Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 2006

 Suhendi, Hendi. Fiqih Muamalah, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.

 Sukma, masyarakat kelurahan Pontap, wawancara, tanggal 11 Mei 2016.

 Syafei, Rahmat. Fiqih Muamalah, Cet.I; Bandung: Pustaka Setia.

 Thabari, Ath. Jami’ Al Bayan, Cet; II: Kairo: Dar Al Ma’arif, 1954.

 Umar, Nasruddin. Argumen Kesetaraan Jender, Cet. I; Jakarta: Paramadina, 1999.

 Wiroso, Jual Beli Murabahah, Yogyakarta: Logung Pustaka, 2009.

 Yusuf Musa, Muh. Al Fiqh Al Islam, Kairo: Dar Al Kutub Al Haditsah, 1954.

 

Published

08-07-2020

Issue

Section

Articles

Citation Check