Pengembangan zakat untuk perekonomian masyarakat

Hasanuri Hasanuri(1*)
(1) Universitas Islam Negeri Alauddin
(*) Corresponding Author
DOI : 10.24256/kharaj.v1i2.1058

Abstract

Penulisan tesis ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberdayaan zakat terhadap pengembangan ekonomi umat di Kota Kendari, yang diawali dengan upaya mengetahui bagaimana peranan zakat bagi pengembangan ekonomi umat di Kota Kendari, langkah strategis yang harus ditempuh dalam pemberdayaan zakat, kemudian diakhiri pembahasannya dengan mengupas pengaruh pemberdayaan zakat terhadap pengembangan ekonomi umat di Kota Kendari.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan lembaga pengelola zakat (BAZDA) dan kinerjanya belum menunjukkan adanya hasil sebagaimana yang diharapkan dalam upaya menumbuhkan ekonomi umat, meningkatkan kesejahteraan dan mengentaskan kemiskinan di Kota Kendari. Hal ini disebabkan oleh karena faktor lembaga pengelola zakat itu sendiri (BAZDA) yang belum optimal dalam menggali dan merealisasikan potensi zakat.  Program-program yang dilaksanakan selama ini masih pada tataran sosialisasi dan upaya menumbuhkan kesadaran umat Islam dalam membayar zakat, belum menyentuh pada pola pemberdayaan yang dapat meningkatkan kesejahteraan dan mengangkat taraf hidup kaum du’afa. Namun demikian masyarakat tetap yakin dan optimis, bahwa jika potensi zakat di Kota Kendari mampu direalisasikan dan dikelola oleh lembaga pengelola yang amanah, profesional dan bertanggung jawab, niscaya akan dapat meningkatkan kesejahteraan umat, mengentaskan kemiskinan dan dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi umat di Kota Kendari.

Keywords


Zakat; Badan Amil; Perekonomian; Dhuafa.

References


Agama, D. (2007). Petunjuk Pelaksanaan Pemberdayaan Zakat. Jakarta: Direktorat Pemberdayaan Zakat.

Agama, D. (2008). undang-undang republik indonesia nomor 38 tahun 1999 tentang pengelolaan zakat, pada lampiran 1: pedoman menghitung zakat sendiri. Jakarta: Direktorat pemberdayaan zakat.

Agama, U. D. (2008). zakat profesi karyawan Kanwil Depag Provinsi Sulawesi Tenggara. Kendari.

Al-Bukhary, M. b. (tt). Shahih Bukhary. Kairo: dar al-fikr.

Beik, I. S. (2008). pesantren virtual. Retrieved from pesantren virtual: http:/www.pesantrenvirtual.com/indeks

mujahidin. (2019). Efektifitas Pengumpulan Zakat Profesi (Studi pada BAZNAS di Kabupaten Maros). Palita: Journal of Social-Religion Research. DOI: https://doi.org/10.24256/pal.v3i2.452

Mujahidin. (2019). Tinjauan terhadap Pendistribusian Zakat Profesi dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat (Studi pada BAZNAS Kab. Maros). Journal al-tijary. DOI: https://doi.org/10.21093/at.v4i2.1367

Statistik, B. p. (2008). Sulawesi tenggara dalam angka. Kendar: Primatama.

Yudoyono, S. B. (2009). republika. Retrieved from republika: http:/www.republika.co.id/koran/29521


Article Statistic

Abstract view : 39 times
PDF views : 51 times

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business