Analisis Strategi Bauran Komunikasi Pemasaran pada Beberapa Perusahaan di Kota Palopo
Abstract
Abstrak
Komunikasi pemasaran merupakan hal yang sangat penting dalam mencapai tujuan pemasaran dari suatu perusahaan, karena komunikasi pemasaran berfungsi untuk memperkenalkan, menginformasikan, menawarkan, memengaruhi, dan mempertahankan tingkah laku membeli dari konsumen dan pelanggan potensial perusahaan. Setiap perusahaan berusaha untuk mengimplementasikan strategi komunikasi pemasaran yang terbaik guna mempengaruhi keputusan pembelian dari calon konsumen.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dilakukan pada beberapa perusahaan di kota Palopo dengan menggunakan sampel 50 perusahaan dari 1292 perusahaan yang ada (Palopo dalam angka 2021). Penelitian bertujuan untuk mengetahui bentuk komunikasi pemasaran yang digunakan dan bauran komunikasi pemasaran yang paling dominan digunakan oleh beberapa perusahaan di kota Palopo.
Dari penelitian yang dilakukan diketahui bahwa semua elemen bauran komunikasi pemasaran digunakan oleh perusahaan yang ada di kota Palopo sedangkan bauran komunikasi pemasaran yang paling dominan digunakan oleh perusahaan adalah bauran promosi penjualan (sales promotion), sedangkan bauran yang paling jarang digunakan adalah bauran hubungan masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24256/kharaj.v3i2.2333
Article Metrics
Abstract view : 105 timesPDF - 712 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jabaluddin - Hamud

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business has been indexed and abstracted by:
Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business by Program Studi Ekonomi Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo is licensed under CC BY-SA 4.0