Analysis of the Influence of Transaction Management Information System and Service Quality on Shopee E-Commerce Customer Satisfaction (Case Study on Belitung Polytechnic Students)

Authors

  • Tulas Novalima Politeknik Belitung, Indonesia, Indonesia
  • Fatimah Muthmainnah Politeknik Belitung, Indonesia, Indonesia
  • Eka Indah Wahyuni Politeknik Belitung, Indonesia, Indonesia
  • Hafizd Ardiansyah Politeknik Belitung, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/kharaj.v7i1.6905

Keywords:

Sistem Informasi Manajemen Transaksi, Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan, E-Commerce, Shopee

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Sistem Informasi Manajemen Transaksi dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada platform e-commerce Shopee, dengan studi kasus pada mahasiswa Politeknik Belitung. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif-verifikatif. Data diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden, kemudian dianalisis menggunakan regresi linear berganda melalui software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem Informasi Manajemen Transaksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Begitu pula dengan Kualitas Layanan yang juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Secara simultan, kedua variabel independen tersebut memberikan kontribusi sebesar 65,8% terhadap variabel Kepuasan Pelanggan, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar model. Temuan ini menunjukkan bahwa keandalan sistem transaksi dan kualitas layanan yang prima merupakan faktor penting dalam meningkatkan kepuasan pelanggan e-commerce. Oleh karena itu, Shopee perlu terus meningkatkan integrasi teknologi informasi serta pelayanan yang responsif dan berkualitas guna mempertahankan loyalitas pelanggan.

References

Afdila, A. (2020). Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumen dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Syariah STAI Auliaurrasyidin Tembilahan) (Doctoral dissertation, STAI Auliaurrasyidin Tembilahan).

Agustin, N. (2022). ANALISIS Pengaruh Pengetahuan Terhadap Minat Menggunakan Teknologi QRIS Dengan Persepsi Manfaat Dan Persepsi Risiko Keamanan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Mahasiswa Di Kabupaten Banyumas). Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Prof. KH Saifuddin Zuhri Purwokerto.

Akbar, A., Kurniawan, A. W., Haeruddin, M., Musa, M., Burhanuddin, B., & Mustafa, M. Y. (2021). Penguatan Jiwa Kepemimpinan Dan Kewirausahaan Pada Organisasi Karang Taruna Desa Mallasoro Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto. In Prosiding Seminar Nasional. Forum Manajemen Indonesia.

Amelia, V. H. I. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan fitur Spaylater pada aplikasi Shopee dan pengaruhnya terhadap perilaku konsumtif.

Anwar, R. N., & Afifah, A. (2018). Kepercayaan dan keamanan konsumen terhadap minat beli di situs online (Studi kasus pengunjung situs Lazada di Jakarta Timur). Jurnal Manajemen, 9(1), 46-57.

Dan, I. T., & BARU, T. (2013). Sistem informasi manajemen. Jakarta: Scifintech.

DANANG, T. C. (2023). PENGARUH HARGA, KEPERCAYAAN, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA E-COMMERCE TOKOPEDIA DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Mahasiswa FEBI UIN Raden Intan Lampung Tahun 2020-2022) (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Firdaus, M. M. F., & Himawati, D. (2022). Pengaruh persepsi harga, persepsi kualitas layanan dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap kepuasan konsumen e-commerce Shopee di Kota Depok. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 27(2), 216-230.

Hariyanto, S. (2016). Sistem Informasi Manajemen. Publiciana, 9(1), 80-85.

Hayati, N., & Mutaqin, J. (2023). Pengaruh Harga, Kepercayaan Konsumen, Dan Optimasi Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Masa Pandemi Covid 19 Melalui Marketplace Tokopedia Di Kota Cimahi. Jurnal Lentera Bisnis, 12(2), 231-244.

Irmawati, B., Triharjanti, C., & Retnawati, B. B. Penilaian Perilaku Pro Sosial Organizational Citizenship Behavior toward the Environment (OCBE) karyawan PT “XY” di Semarang: Metode dua arah. In FORUM MANAJEMEN INDONESIA 13 SEMINAR NASIONAL, CALL for PAPERS & PENGABDIAN kepada MASYARAKAT (PkM).

KARTIKA, A. (2022). PENGARUH DIGITAL MARKETING, KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada LadyFame Store Bandar Lampung).

Larasati, D., & Hwihanus, H. (2023). Upaya Pengembangan Dan Peran Sistem Informasi Manajemen Dalam E-Commerce Shopee. Jurnal Kajian Dan Penalaran Ilmu Manajemen, 1(1), 78-89.

Pramesti, D. Y., Widyastuti, S., & Riskarini, D. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan, keragaman produk, dan promosi e-commerce terhadap kepuasan konsumen shopee. JIMP: Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila, 1(1), 27-39.

RATNA, B. L. (2022). Pengaruh Shopping Lifestyle, Discount Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Pada E-Commerce Shopee Di Tinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung) (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Sabila, A. R., & Kusumaningrum, L. (2020). Analisis kualitas layanan e-commerce SHOPEE dalam meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan (studi kasus: pelanggan shopee di kota tangerang 2020). JI-Tech, 72-80.

SUPATMININGSIH, T., SAID, M. I., & HASAN, M. (2022). Pengaruh Promosi, Kemudahan, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Sistem E-Commerse Shopee Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Kecamatan Mamasa Kabupaten Mamasa. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 4(02), 14-26.

Wahyu, I. N. ANALISIS YANG MEMPENGARUHI NIAT BERTRANSAKSI ONLINE E-COMMERCE SHOPEE DI KOTA DENPASAR PROVINSI BALI ANALYSIS THAT AFFECTS INTENTION TO TRANSACT ONLINE AT SHOPEE E-COMMERCE IN DENPASAR CITY, BALI PROVINCE Perkembangan dunia pemasaran kini telah mengalam. vol, 1, 70-81.

Widiana, I. N. W. (2021). Analisis yang mempengaruhi niat bertransaksi online di e-commerce shopee di kota denpasar provinsi bali. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(2), 70-81.

Downloads

Published

2025-06-23

How to Cite

Novalima, T., Muthmainnah, F., Wahyuni, E. I., & Ardiansyah, H. (2025). Analysis of the Influence of Transaction Management Information System and Service Quality on Shopee E-Commerce Customer Satisfaction (Case Study on Belitung Polytechnic Students). Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business, 7(1). https://doi.org/10.24256/kharaj.v7i1.6905

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.