APAKAH CITRA MEREK DAN PELAYANAN MEMILIKI PENGARUH TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA KAFE RABBIDS KOTA PALOPO?
DOI:
https://doi.org/10.24256/dinamis.v2i1.1005Keywords:
Citra Merek, Pelayanan, Minat Beli.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah citra merek dan pelayanan berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada Kafe Rabbids Kota Palopo. Metode dalam penelitian ini adalah metode regresi linear berganda dengan menggunakan Uji asumsi klasik, Uji F, Uji T, dan Uji koefesien determinasi. Serta dalam mengolah data menggunakan program SPSS versi 21. Pada penelitian ini peneliti menggunakan 100 sampel responden dan dalam mengumpulkan data menggunakan kuesioner.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh. Citra merek dan pelayanan berpengaruh secara positif. Pada hasil uji F diperoleh Fhitung lebih besar dari Ftabel (12,196 > 3,09) atau nilai signifikan 0,000 < 0,05, hal ini menunjukkan bahwa secara statistik variabel citra merek dan pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap minat beli konsumen. Di lihat dari uji T untuk variabel citra merek Thitung lebih kecil dari Ttabel (1,384 < 1,666) dengan nilai signifikan 0,169 dan untuk variabel pelayanan Thitung lebih besar dari Ttabel (4,942 > 1,666) dengan nilai signifikan 0,000. Berdasarkan hasil uji T dapat diketahui bahwa variabel citra merek tidak berpengaruh secara signifikan sedangkan variabel pelayanan berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen. Hasil uji koefesien determinasi sebesar 20%, hal ini menunjukkan bahwa variabel citra merek dan pelayanan memiliki kontribusi sebesar 20% terhadap minat beli konsumen pada Kafe Rabbids Kota Palopo, sedangkan sisanya 80% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
References
Randi,â€Pengaruh Citra Merek terhadap Minat Beli pada Makanan Fast Food Ayam Goreng (Studi pada Konsumen Texas Chicken Pekan Baru)†Jurnal JOM FISIP.Vol.3,No.2 Pekan Baru : 2016.
Muhammad Romadhoni,†Pengaruh Citra Merek (Brand Image) terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Sepatu Nike†Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta,2015.
Suwandi dkk,†Pengaruh Kualitas Layanan,Harga dan Citra Merek Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Pos Ekspres di Kantor Pos Bondowoso dan Situbondo.†JEAM.Vol.XIV Bondowoso,2015.
Made Caisar dan Ni Wayan“Pengaruh Inovasi Produk,Harga,Citra Merek dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Motor Vespaâ€. Jurnal Manajemen UNUD Vol.6 No.3,Denpasar : Universitas Udayana Denpasar,2017
Ngakan Putu dan I Gede “Pengaruh Citra Merek,Kesadaran Merek,dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Membeli Produk Appleâ€. Jurnal Manajemen UNUD Vol.4 No.10, Denpasar : Universitas Udayana Denpasar,2015
Moh.Nazir,â€Metode Penelitian†(Bogor : Ghalia Indonesia,2005),hlm.175.
Nugroho J Setiadi, Perilaku Konsumen (Jakarta: PT.Kencana, 2003)
Philip Kotler dan Gary Armstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran, ed. Adi Maulana, 12th ed. (Jakarta:PT. Gelora Aksara Pratama, 2008).
Fitria Anggarsari, “Persaingan Bisnis,Apa Penyebab Dan Manfaatnya ?†(Jakarta, 2018), zahiraccounting.com.
Jeff Madura, Pengantar Bisnis, 4th ed. (Jakarta: Salemba Empat, 2007).
maps.google.co.id.
Wahbah az-Zuhaili, Tafsir Al-Wasith, ed. Dedi Irfan (Jakarta: Gema Insani, 2013).
Darmadi Durianto, Strategi Menaklukkan Pasar (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2001).
Hessel Nogi, Manajemen Publik, ed. Yovita Hardiwati (Jakarta: PT. Grasindo, 2005).
Darmadi Durianto, Strategi Menaklukkan Pasar (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2001).
Dicky Sumarsono, Dahsyatnya Bisnis Hotel DiIndonesia (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2014).
Freddy Rangkuti, The Power Of Brands (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2002
Arif Rahman, Strategi Dahsyat Marketing Mix For Small Business, ed. Lukito & Yukita (Jakarta: Transmedia Pustaka, 2010)
Johar Arifin, SPSS 24 Untuk Penelitian Dan Skripsi (Jakarta: PT.Elex Media Komputindo, 2017).
Suwi priyatno, cara kilat belajar SPSS analisis data dengan SPSS 20.( Yokyakarta : Andi,2012)
Syofian Siregar, Statistika Deskriptif Untuk Penelitian (Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2011).
Widiyanto Ibnu, "Pointers : Metodologi Penelitian " (Semarang BP Undip, 2008).
Uma Sekaran dan Roger Bougie, Metode Penelitian Untuk Bisnis, 6th ed. (Jakarta: Salemba Empat, 2017).
Bilson Simamora, Panduan Riset Perilaku Konsumen (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2000).
Philip kotler & Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, ed. Jenni Purba, 12th ed. (Jakarta: PT. Macanan Jaya Cemerlang, 2007)
Ansofino, Buku Ajar Ekonometrika, 1st ed. (Yogyakarta: CV Budi Utama, 2016).
Neunung Ratna Hayati, "Metode Riset Untuk Bisnis & Manajemen,. (Bandung : Universitas Widyatama, 2010).
Nazir Mohammad, "Metode Penelitian" (Bogor : Ghalia Indonesia, 2005).
Hermawan Asep, "Penelitian Bisnis Paradigma Kuantitatif" (Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, 2005).