PENGARUH VARIABEL KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA USAHA RUMAH MAKAN SARI LAUT SELERA KITA KOTA PALOPO

Musrina Musrina

Abstract


Penelitian  ini membahas Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Usaha Rumah Makan Sari Laut Selera Kita Kota Palopo (Tinjauan Ekonomi Syariah). Metode penelitian ini membahas tentang jenis penelitian yang digunakan kuantitatif dengan lokasi penelitian rumah makan sari laut selera kita. Dengan menggunakan populasi dengan rumus isac Michael dengal jumlah sampel 96 pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel emphaty memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dengan bukti pengujian yaitu dengan membandingkan besarnya nilai T hitung dan T tabel, memberikan hasil bahwa nilai T hitung lebih besar dari T tabel atau 3,476 > 1,660 dan < 0.05 (0.04<0.05) hasil ini memeberikan bukti bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasaan pelanggan pada Rumah Makan Sari Laut Selera Kita.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya kontribusi yang mempengaruhi uji R koefisien determinasi dengan nilai kontribusi sebesar R square yaitu 15,6 hal ini berarti seluruh variabel emphaty, tangible, realibilty, assurance mempunyai kontribusi sebesar 15,6%. Sedangkan sisanya sebesar 84,4%dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian.


Keywords


Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Aliarasa Wahid. Mudjiarto. 2006. Membangun Karakter dan Keprbadian Kewirausahaan, Hak Cipta Yogyakarta,

Arikunto Suharsimi. 2003. manajemen Penelitian Rineka Cipta,Jakarta,,

Adi Prasetyo,Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah BMI Kaffah Yogyakarta,Skripsi STAIN Surakarta-Sem Institute Yogyakarta 2008,

Atik Winarsih dan Ratminto. 2005. Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar:Yogyakarta

Adri Akbar, http://202.wordpress.com /2013/02/11/kualitas-pelayanan-dalam-islam

Bambang Supomo dan Nur indrianto, Metodologi Penelitian Bisnis (Yogyakarta: BPFE, 1999)

Cannon P.joseph P Ph D,dkk, Pemasaran dasar (Jakarta: Selemba Empat Edisi 16 Buku II,2009)

Gronroos dan J.Supranto.2006.Pengaruh Kualitas Pelayanan.Pustaka Pelajar Yogyakarta

Ghozali Imam,Aplikasi Analisis Multivirate Dengan Program SPSS (Semarang Badan Penerbit UNDIP semarang 2005)

Gareng Pengelola Rumah Makan Sari Laut, “ Wawancara” di Rumah Makan Sari laut Palopo,16 januari 2017

Hadist explorer, Ensiklopedia Sunnah Nabawi Berdasarkan 9 Hadist: Kitab Bukhari No 202 ( Pelayanan) Hadist No1526. File ://:Program % 20 files/ hadist% 20 explore mindex Html

Isnaizakiya 29./Ayat Al-Quran dan Hadist tentang Makanan yang baik dan halal serta giat bekerja/https:/2014/12/12/

Ismanto Kuat, Manajemen Syariah: Implementasi TQM Dalam Lembaga Keuangan Syariah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar 2009,

Jakson H. John dan Musselman A. Vernon Pengantar Ekonomi Perusahaan, judul asli Introduction to Modern Business, terj. Kusma Wiridisastra dan Gunawan Hutauruk, ( Jakarta: Penerbit erlangga, 1994)

Jonathan, Sarwono (2005). SPSS Teori dan Latihan. Bandung: PT Danamartha Sejahtera Utama- Grafika

Koentrajaningrat, Metode-metode penelitian (Edisi ketiga Jakarta: PT Gramedia pustaka utama, 1997)

Leonard L. Berry, Valarie A. Zeithaml, and A. Parasuraman, “SERVQUAL: A. Multiple-Item Scale For Measuring Customer Perceptions of Service Quality” dalam journal of Retailing Volume 64 Number 1 Spring 1988, pp.12-40.

Muhammad, Metodologi penelitian ekonomi islam,pendekatan kuantitatif (pt.Rajawali Press Jakarta:2008)

Tjiptono Fandy pemasaran jasa (edisi pertama Malang:Bayu media 2005)

Umar Husein,Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen PT Gramedika Pustaka Utama Jakarta,2000.

Prof. DR. Sugiyono Metode Penelitian Bisnis.

Qardawi Yusuf, 2007. Halal dan Haram dalam islam, Cet; Surabaya: PT Bina Ilmu.

Sugiyono,Metode Penelitian KUantitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2014,

Sebastian Rainch, Dynamic strategic analysis: Demiystifying Simple Succes Strategies (Wiesbaden: Deutscher Universitats- Verlag, 2004) p.167 dalam Seta Basri Uji Validitas dan Realibilitas Item http://setabasri 01.blogspot.com/2012/04/uji-validitas-dan-relibilitas-item.html.

Siregar Sofyan, Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif, (Cet II Bumi Aksara 2014)




DOI: https://doi.org/10.24256/dinamis.v2i1.1101

Article Metrics

Abstract view : 15 times
PDF - 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamis : Journal of Islamic Management and Bussines is indexed by:

Office Address:

Jl. Agatis, Program Studi Manajemen Bisnis Syariah IAIN Palopo, Sulawesi Selatan, Indonesia

Email: 

mbs@iainpalopo.ac.id

ISSN Print: 2622-3791 ISSN Online: 2716-0904

View My Stats