MINAT NASABAH DALAM PENGGUNAAN MOBILE BANKING PADA NASABAH BANK SYARIAH MANDIRI KOTA PALOPO

Annisa Fitri Iriani

Abstract


Penelitian ini membahas tentang minat nasabah dalam penggunaan mobile banking pada nasabah Bank Syariah Mandiri Kota Palopo. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana minat nasabah dalam penggunaan mobile banking di Bank Syariah Mandiri Kota Palopo, dan bagaimana keunggulan mobile banking di banding produk perbankan lainnya. Penelitian ini bertujuan: a. Untuk mengetahui bagaimana minat nasabah dalam penggunaan mobile banking di Bank Syariah Mandiri Kota Palopo, b. Untuk mengetahui bagaimana keunggulan mobile banking di banding produk perbankan lainnya.  Untuk memperoleh data, penulis menggunakan Jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian lapangan yang dilakukan di Bank Syariah Mandiri Jl. Dr. Ratulangi No 62 A-B, Kota Palopo, Sulawesi Selatan. Sumber data yang dilakukan dalam penelitian ini ada dua, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer adalah data yang diperoleh langsung dari nasabah yang berada di Bank Syariah Mandiri Kota Palopo. Sumber data ini berasal dari data yang diperoleh melalui hasil wawancara terhadap informan. Sedangkan data sekunder data yang memberikan keterangan tambahan tentang penelitian. Data sekunder dalam penelitian berupa dokumentasi yang dilakukan oleh penulis pada saat melakukan penelitian. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Minat nasabah dalam penggunaan mobile banking yang berada di Bank Syariah Kota Mandiri Palopo sangat membantu dan memudahkan pihak nasabah dan membantu keuangan mereka, dengan menggunakan transaksi perbankan seperti transfer antara bank, dan tidak perlu lagi mengantri ke bank untuk waktu berjam-jam. 2. Mobile banking pada dasarnya di gunakan untuk mempermudah nasabah untuk melakukan transaksi tanpa melalui teller atau ATM. Dengan memanfaatkan mobile banking banyak keuntungan yang diperoleh nasabah terutama apabila dilihat dari banyaknya waktu dan tenaga yang dapat dihemat karena mobile banking jelasa bebas antrian dan dapat dilakukan dari mana saja sepanjang nasabah memiliki sarana pendukung untuk melakukan layanan mobile banking.


Keywords


Minat Nasabah Mobile Banking, Bank Syariah

Full Text:

PDF

References


Aryani, Muftafida Higya “Minat Individu Terhadap Penggunaan Mobile Banking: Pendekatan modified Technology Accepatance Model”, Skripsi, Strata 1 pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta 2015.

Abdul Rahman Saleh dan Muhbib Abdul Wahab, Psikilogi Suatu Pengantar Dalam Prespektif Islam., (Jakarta: Prenada Media, 2004)., h. 264

Arifin Ainin, “Pengaruh Pengetahuan Masyarakat Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Muamalat Cabang Kendal : Studi Pada Masyarakat Kecamatan Kota Kendal”, Skripsi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 2014, h. 37.

Afifah Risma, “Pengaruh Manfaat,Kemudahan, Kepercayaan, dan Ketersediaan Fitur Terhadap Penggunaan Mobile Banking Bank Syariah Mandiri” Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

A.Djazulli dan Yadi Yanuari, Lembaga-lembaga perekonomian Umat (sebuah pengenalan), ( jakarta: Rajawali Press, 2016), hal .53

AmirMachmud,Rukmana,BankSyariahTeori,Kebijakan,DanStudidiIndonesia, (Jakarta:GeloraAksaraPratama,2017),h. 28

Baridwan, Zaki “Minat individu Terhadap penggunaan Internet Banking: pendekatan Modified Theory Of Planned Behavior” Skripsi, Universitas Brawijaya, JL, MT, Haryono 165, malang.

Erni, Nasabah, Wawancara, pada tanggal 11 Mei 2019.

Fakhrurozi, Akhmad “Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Menggunakan Mobile Banking”, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hidayat, Rahmat Nasabah, Wawancara, pada tanggal 25 Mei 2019.

HeriSudarsono, Bank Dan Lembaga Keuangan Syariah, (Yogyakarta: Ekonosia, 2017), h. 35

Imam Mustofa, “Fiqih Mu’amalah Kontemporer. (Jakarta: Rajawali Pers, 2015), h.20

Kamsir, Dasar-Dasar Perbankan (Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada,2012), h.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah.

Sartika, Dewi CSE (Custumer Sales Executive), pada Bank Syariah Mandiri Kota Palopo, Wawancara, pada tanggal 8 Mei 2019.

Sugiono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), (Cet IV; Bandung, Alfabeta 2015), h.93

Sudarsono, Kamus Filsafat dan Psikologi, (Cet, I; Jakarta: PT Rineka Cipta, 1993). h. 192.

Ledesman, Mario “Pengaruh Manfaan, Kepercayaan, dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Layanan Mobile Banking”, (Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Intan 2018).

Meliana, Nasabah, Wawancara, pada tanggal 25 Mei 2019.

M, Herdis Nasabah, Wawancara, pada tanggal 11 Mei 2019.

Maulana Rian dkk, “Pengaruh Penggunaan Mobile Banking Terhadap Minat Nasabah Bertransaksi Menggunakan Tecnology Acceptance Model”, (Volume 2, Nomor 2, Oktober 2018).

Muhammad, Manajemen Dana Bank Syariah (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada).

Muhammad Firdaus NH, DKK, Konsep & Implementasi Bank Syariah, (Jakarta: Renaisan, 2016), h.18.

Muhammad Syafi’I, Antonio, Bank Syari’ah dari teori ke praktik, (Jakarta:Gema Insani, 2015), h.10.

Muhammad, ManajemenBankSyariah,(Yogyakarta:UUP AMPYKPN,2015),h. 13-14

Nuryanti, Rini Dwi. “Faktor Dominan Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Dalam Menggunakan Mobile Banking“, Skripsi, Universitas PGRI Yogyakarta 2016.

Nofitasari Dian Lusia, “Änalisis Pengaruh Manfaat Kemudahan Penggunaan dan Risiko Terhadap Penggunaan Mobile Banking Bank Syariah Di Surakarta: Studi Pada Mahasiswa Iain Surakatra Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam”, Skripsi Iain Negeri Surakarta,h. 11-15

Satori, Djama’an, Aan Komariah, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2010.

Sudijono, Anas Pengantar Evaluasi Pendidika,Yogyakarta: PT. Raja Grafindo, 1995.

Sudijono,Anas Pengantar Evaluasi Pendidikan, Yogyakarta: PT. Raja Grafindo, 1995.

Sudjana Nana, Ibrahim, “Penelitian Dan Penilaian Pendidikan”, (Cet. I; Bandung: Sinar Baru, 1989), h. 12.

Sulistiyono, ”Studi Kualitatif Deskriptif Perilaku Konsumen Rilisan Fisik Vynil Di Yogyakarta” (Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2015).

Sartika, Dewi CSE (Custumer Sales Executive), pada Bank Syariah Mandiri Kota Palopo, Wawancara, pada tanggal 8 Mei 2019.

Sudarsono, Kamus Filsafat dan Psikologi, h. 160.

Sunaisah, Nasabah, Wawancara, pada tanggal 11 Mei 2019.

Samsiah, Nasabah, Wawancara, pada tanggal 11 Mei 2019.

Sulkaidah, Nasabah, Wawancara, pada tanggal 25 Mei 2019.

Taufik Tea, Inspring Teaching: Mendidik Penuh Inspirasi, (Cet. I; Jakarta: Gema Insani. 2010)., h. 204.

Tim Redaksi, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, (Ed.IV,Cet; Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama,2008)., h. 916.

Tim Redaksi, Kamus Filsafat dan Psikologi., h. 1.406.

Zaif, Definisi Minat, http//Zaifbio.wordpress.com/tag/definisi-minat.html?m diakses pada tanggal 15 bulan April 2019.


Article Metrics

Abstract view : 4 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamis : Journal of Islamic Management and Bussines is indexed by:

Office Address:

Jl. Agatis, Program Studi Manajemen Bisnis Syariah IAIN Palopo, Sulawesi Selatan, Indonesia

Email: 

mbs@iainpalopo.ac.id

ISSN Print: 2622-3791 ISSN Online: 2716-0904

View My Stats