STRATEGI MEMBANGUN CUSTOMER TRUST PADA ONLINE SHOP DIKALANGAN MAHASISWA MILENIAL

Suprapti Ningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi membangun kepercayaan konsumen pada online shop dikalangan mahasiswa milenial melalui media social seperti facebook, whatsapp, telegram dan instagram. objek penelitian yaitu mahasiswa yang mempunyai bisnis online shop. Analisis data menggunakan analisis  data  kualitatif  model  Interaktif, Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan strategi membangun kepercayaan konsumen yang diterapkan oleh mahasiswa iyalah teori Hwang dan Kim yaitu Kemampuan (Ability), Kebaikan hati (Benevolence) dan Integritas (Integrity). Terbukti dari kemampuan menyediakan produk, pelayanan yang baik dan jujur didukung komunikasi aktif dalam mempromusikan produk, integritas dan bertanggung jawab atas keamanan transaksi dan bertanggung jawab ketika terjadi kesalahan pada produk dapat membangun kepercayaan konsumen pada bisnis online.


Keywords


Strategi membangun, Kepercayaan konsumen, Online Shop

Full Text:

PDF

References


Aprilya, Trias. 2017. Strategi Komunikasi Pemasaran Nadyafashop Melalui Instagram Dalam Meningkatkan Kepercayaan Customer Disamarinda. Ejournal Ilmu Komunikasi. Vol 5. No. 1, 2017.

Chandra, Gregorius. Istrategi dan program pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi Ofset 2002.

Hwang & Kim. 2006. Customer selfservice systems: The effects of perceived Web quality with service contents on enjoyment, anxiety, and e-trust. United States.

Kim, K. 2009. Trust, perceived rik and trusting behavior in internet bankng, Asian Pasific Journal Of Information System, Vol.19, No. 3 September 2009.

Kotler dan Philip, 2004, Dasar-Dasar Pemasaran, Penerbit Erlangga, Jakarta

Mardiani, I’in Endang dan Imanuel, Orland Jorge. 2013. Analisis Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Media Online (E-Marketing). Jurnal Ekonomi. Vol. 4 No. 2, November 2013.

Monica, Melisa Sumenge. 2013. Penipuan Menggunakan Medi Internet Berupa Jual-Beli Online. Lex Crimen. Vol. 11 No. 4, Agustus 2013.

Pradiani, Theresia. 2017. Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jibeka. Vol. 11 No. 2, Februari 2017.

Santoso. 2015. E-Marketing Pada UKM Sepatu Bunut Abang Adik Kisaran. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi. Vol. 1 No. 2, Maret 2015.

Sidharta, Iwan, Boy Suzanto. 2015. Pengaruh Kepuasan Transaksi Online Shopping dan Kepercayaan konsumen Terhadap Sikap Serta Perilaku Konsumen Pada E-Commerce. Jurnal Computech dan Bisnis. Vol. 9 No. 1, Juni 2015.

Sutrisno, Budi dan Mutiah Nabilla Ulfah. 2017. ‘Trust’ Dalam Transaksi E-Commerce. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosiologi. Vol. 1 No. 1, Mei 2017.

Swasta, Basu. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.




DOI: https://doi.org/10.24256/dinamis.v3i1.1576

Article Metrics

Abstract view : 175 times
PDF - 1047 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamis : Journal of Islamic Management and Bussines is indexed by:

Office Address:

Jl. Agatis, Program Studi Manajemen Bisnis Syariah IAIN Palopo, Sulawesi Selatan, Indonesia

Email: 

mbs@iainpalopo.ac.id

ISSN Print: 2622-3791 ISSN Online: 2716-0904

View My Stats