PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. ADIRA FINANCE CABANG PALOPO

Adil Adil, Sapar Sapar, Jumawan Jasman

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor motivasi dengan variabel kebutuhan fisiologi, kebutuhan rasa aman, kebutuhan sosial, kebutuhan akan penghargaan dan kebutuhan akan aktualisasi diri berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. Adira Finance Cabang Palopo dan untuk mengetahui variabel apakah yang paling dominan mempengaruhi produktivitas kerja karyawan pada PT. Adira Finance Cabang Palopo. Data diperoleh dengan membagikan kuesioner penelitian kepada 92 orang responden yang merupakan karyawan pada PT. Adira Finance Cabang Palopo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor motivasi yang terdiri dari kebutuhan fisiologi, kebutuhan rasa aman, kebutuhan sosial, kebutuhan akan penghargaan dan kebutuhan akan aktualisasi diri terbukti memiliki pengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. Adira Finance Cabang Palopo. Hal tersebut dibuktikan dengan dengan hasil uji t masing-masing variabel memiliki signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 dan nilai koefisien regresi yang positif untuk masing-masing variabel sehingga dapat disimpulkan bahwa kebutuhan fisiologi, kebutuhan rasa aman, kebutuhan sosial, kebutuhan akan penghargaan dan kebutuhan akan aktualisasi diri positif dan signifikan terhadap produktivitas karyawan, dimana diketahui bahwa variabel kebutuhan fisiologi adalah variabel yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap produkitivitas karyawan.


Keywords


Kebutuhan fisiologi, kebutuhan rasa aman, kebutuhan sosial, kebutuhan akan penghargaan, kebutuhan akan aktualisasi diri dan produktivitas kerja

Full Text:

PDF

References


Anoraga, P. 2011. Pengantar Bisnis. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Cahyono, BA. 2010. Keselamatan Kerja Industri. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Hasibuan. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Samsudin, Sadili. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia.

Siagian, Sondang. 2012. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta. Rineka Cipta.

Simanjuntak, Payman J. 2011.Manajemen Evaluasi Kinerja .Edisi 3. Jakarta: Lembaga Penerbit FEUI.

Sinungan, Muchdarsyah, 2010. Produktivitas Apa dan Bagaiman. Bandung: Mandar Maju.

Siregar, Syofian. 2010. Statistik deskriptif untuk penelitian. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sofyandi dan Garniwa. 2007. Perilaku Organisasional, Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujianto, Agus Eko. 2009. Aplikasi Statistik Dengan SPSS 16.0. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka Karya.

Sutrisno, Edy. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Umar, Husein. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali.

Uno, Hamzah, B. 2012. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi. Aksara.

Winardi. 2010. Motivasi, Pemotivasian dan Manajemen, Edisi Kesatu, Cetakan Kesatu. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wukir. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Organisasi Sekolah. Yogyakarta: Multi Presindo

Alimuddin. 2015. Pengaruh Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT Putra Bintan Borneo Timur Di Samarinda. Jurnal Ilmu Adminisitrasi Bisnis Volume 3 Nomor 4. Universitas Mulawarman.

Andrew Leigh and Sara Mead. 2005. Lifting teacher Performance. Journal.

Arif Prayoga. 2016. Pengaruh Motivasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Produktifitas Kerja Karyawan (Studi Kasus Di PT Boogi Avindo, Bogor). Jurnal Ilmiah Ilmu Adminsitrasi Volume XIII Nomor 02. LP3I Jakarta.

Arif Yusuf Hamali. 2013. Pengaruh Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Studi Kasus Pada PT X Bandung. Jurnal Ekonomi. Politeknik PIKSI Ganesha Bandung.

Dedi Isknadar. 2013. Pengaruh Motivasi Karyawan Terhadap Produktivitas Perusahaan Tekstil PT. Unggulrejo Wasono Di Purworejo. Jurnal Ekonomi Vol. 11 No. 1. Universitas Ahmad Dahlan.

Desi Rahmawati, 2013. Pengaruh Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PR Fajar Berlian Tulungagung. Jurnal Ekonomi Vol. 1.No.1. Universitas Tulungagung Bonorowo.

Dwi Muryanto. 2012. Analisis Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT. Delapan Nol Delapan West di Sukoharjo. Jurnal Mananjemen. Universitas Muhammadiyah Semarang.

Lukman Hakim. 2010. Analisis Pengaruh Motivasi terhadap Peningkatan Produktivitas Kerja Karyawan PT Diamond Indonesia. Jurnal Ekonomi Vol. 1 No. 1. Universitas Krisnadwipayana, Jakarta.

Rini, Rahmawati. 2010. Pengaruh Motivasi terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT. Permodalan Nasional Madani Banjarmasin. Jurnal Ekonomi Volume 11 Nomor 1. Universitas Lambung Mangkurat

Rizki Dwiyanti. 2015. Pengaruh Kompensasi, Lingkungan Kerja dan Human Relations terhadap Motivasi Kerja yang Relevan Terhadap Produktivitas Kerja (Studi pada PT. Morich Indo Fashion Semarang). Jurnal Majemen Volume 1 Nomor 1.

Suandi Putra Syamsuddin. 2014. Pengaruh Motivasi dan Pengalaman Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT. Suzuki Diana Motor Cabang Palopo. Jurnal Manajemen Vol. 01 No. 02. STIE Muhammadiyah Palopo




DOI: https://doi.org/10.24256/dinamis.v3i1.1962

Article Metrics

Abstract view : 82 times
PDF - 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamis : Journal of Islamic Management and Bussines is indexed by:

Office Address:

Jl. Agatis, Program Studi Manajemen Bisnis Syariah IAIN Palopo, Sulawesi Selatan, Indonesia

Email: 

mbs@iainpalopo.ac.id

ISSN Print: 2622-3791 ISSN Online: 2716-0904

View My Stats