Pengaruh Promosi, Harga dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Toko Mrs. Sheshop Tulungagung
DOI:
https://doi.org/10.24256/dinamis.v5i2.3345Keywords:
Loyalitas Pelanggan, Promosi, Harga dan Citra Merk.Abstract
Persaingan antar bisnis semakin ketat saat ini. Oleh karena itu, para pelaku bisnis harus mengatur manajamen pemasarannya tepat. Demi dapat mempertahankan dan meningkatkan usahanya tetap berjalan dengan baik maka dengan bersaing dengan bisnis lainnya perlu melakukan stategi yang tepat yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnisnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Apakah promosi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada toko MRS. Sheshop Tulungagung?, 2) Apakah harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada toko MRS. Sheshop Tulungagung?, 3) Apakah citra merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada toko MRS. Sheshop Tulungagung?. 4) promosi, harga dan citra merek secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada toko MRS. Sheshop Tulungagung?Jenis dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif dengan tujuan untuk mengetahui suatu hubungan diantara dua variabel/lebih. Sedangkan sampel yang diambil sebanyak kurang lebih 100-200 pelanggan. Teknik analisis data menggunakan Cronbach’s Alpha, Uji Asumsi Klasik dan Analisis Regresi Linier Berganda menggunakan uji T dan uji F. Hasil penelitian ini, yaitu 1) Ada Pengaruh Promosi terhadap Loyalitas pelanggan, dibuktikan dengan penghitungan uji T Parsial berdasarkan t hitung dan t tabel dengan nilai 3,324 > 1,292 maka dinyatakan diterima. 2) Ada Pengaruh Harga terhadap Loyalitas pelanggan, dibuktikan dengan uji T Parsial berdasarkan t hitung dan t tabel dengan nilai 3,651 > 1,292 maka dinyatakan diterima. 3) Ada Pengaruh Citra merk terhadap Loyalitas pelanggan, dibuktikan dengan penghitungan uji T Parsial berdasarkan t hitung dan t tabel, dengan hasil nilai 3,241 > 1,292 maka dinyatakan diterima. 4) Ada Pengaruh yang signifikan antara variabel promosi, harga, dan Citra merk berpengaruh terhadap variabel loyalitas pelanggan Pada toko MRS. Sheshop Tulungagung, dibuktikan dengan perhitungan f simultan sig. < 0,05 maka variabel X berpengaruh terhadap Y. Maka dapat diketahui 0,001 < 0,05 sehingga dari perbandingan pada uji signifikansi dapat dinyatakan hipotesa diterima.
References
Cardia, Daniel I Nyoman Renatha, I Wayan Santika, and Ni Nyoman Rsi Respati. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan.†E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 8, no. 11 (2019).
Erni Yunaida. “Pengaruh Brand Image (Citra Merek) Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Oli Pelumas Evalube Di Kota Langsa.†Jurnal Manajemen dan Keuangan 6, no. 2 (2017).
Firmansyah, M. Anang. Pemasaran Produk Dan Merek (Planning & Strategy). Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media, 2019. Garaika, and Winda Feriyan. “Promosi Dan Pengaruhnya Terhadap Terhadap Animo Calon Mahasiswa Baru Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta.†Jurnal AKTUAL 16, no. 1 (2019).
Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press. Kotler. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks, 2008. Mashuri, Mashuri. “Analisis Dimensi Loyalitas Pelangan Berdasarkan Perspektif Islam.†IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita 9, no. 1 (2020).
Noor, R. Zulki Zulkifli. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta. Deepublish, 2010.
Putri, Adhelliya Sekar Tresna. “Belanja Online Sebagai Bentuk Kemudahan Berbelanja Di Era Milenial (Studi Kasus Di Kalangan Mahasiswi Universitas Sebelas Maret)†(n.d.).
Tanady, Edi Sucipto, and Muhammad Fuad. “Analisis Pengaruh CitraRiset Manajemen, 4(12), 15 0f 15.
Kadek, N., Widyantari, S., & Suparna, G. (2016). Peran Tingkat Pendidikan Memoderasi Citra Merek Dengan Preferensi Merek Lampu Philips Led Di Kota Denpasar Ni. 5(5), 2828–2855.
Kodu, S. (2013). Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 1251–1259. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/2536
Kotler & Amstrong. (2004). Prinsip-Prinsip Marketing (edisi ketu). jakarta: Salemba empat.
Philip Kotler and Gary Armstrong. (2018). Principles of Marketing (edisi 17). New Jersey: Pretince-Hall Published.
Produksi Telur 450 Ton Perhari, Kabupaten Blitar Jadi Penyetok Utama Telur ke Jakarta | Jatim TIMES. (n.d.). Retrieved November 23, 2021, from https://jatimtimes.com/baca/175202/20180710/140618/produksi-telur-450-ton-perhari-kabupaten-blitar-jadi-penyetok-utama-telur-ke-jakarta
Prof. Dr. A. Muri Yusuf. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan, 480.
Rudiansyah Siregar. (2019). analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen telur ayam ras UD. Rival H. Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, IAIN Padangsidimpuan, 12 230 020.
Shandy Widjoyo Putro, Prof. Dr.Hatane Samuel, MS., Ritzky Karina M.R Brahmana, S.E., M. . (2014). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), 1–9.
Sikula Andrew E. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. bandung: erlangga.
Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Blitar. (n.d.). Retrieved January 19, 2022, from https://www.blitarkab.go.id/
Solihat, A. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Krema Koffie. Ilmu Komunikasi, 5 No.1(1), 1–15.
Tjiptono fandy. Dan Diana Anastasia. (2001). Total Quality Manajement (Edisi revi). Yogyakarta: Andi ofset.
Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Demographic Research, 49(0), 1-33 : 29 pag texts + end notes, appendix, referen.