Strategi Pemasaran Pada PT. Indofood Distributor Kota Palopo Ditinjau Dari Persfektif Islam

Authors

  • A. Asriani Kaso

DOI:

https://doi.org/10.24256/dinamis.v3i2.3390

Keywords:

Strategi dpemasaran, distributor, perspektif.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana Strategi pemasaran PT. Indofood Di Kota Palopo, dengan masalah  bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Indofood, Upaya apa yang dilakukan oleh PT. Indofood dalam mempertahankan keunggulan kompetitif suatu produk. Tujuannya adalah untuk menjelaskan bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan oleh PT. Indofood. Untuk mengetahui bagaimana upaya perusahaan dalam meningkatkan dan meraih keunggulan yang kompetitif dalam suatu produk, manfaatnya adalah sebagai bahan informasi bagi pihak PT. Indofood dalam memecahkan  masalah yang  dihadapi khususnya mengenai masalah pemasaran, hasil penelitian ini dapat menambah informasi dan referensi bacaan bagi semua pihak yang membutuhkan baik maupun dosen.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis pendekatan sosiologis normatif dan jenis penelitian ini adalah kualitatif, lokasi penelitian di Jln. Batara, subjek penelitian adalah Pimpinan PT. Indofood dan karyawan, sumber data yaitu sumber data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data yaitu observasi,wawancara, dan dokumentasi serta teknik pengolahan dan analisa data yang digunakan adalah deduktif dan induktif. Berdasarkan dari data hasil penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa strategi pemasaran pada PT. Indofood memiliki peran penting untuk meningkatkan dan mencapai target yang diinginkan, bentuk-bentuk strategi yang dilakukan: Segmentasi Pasar, Kompensasi Harga, Promosi, dan Produk.Penelitian ini membahas tentang bagaimana Strategi pemasaran PT. Indofood Di Kota Palopo, dengan masalah  bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Indofood, Upaya apa yang dilakukan oleh PT. Indofood dalam mempertahankan keunggulan kompetitif suatu produk. Tujuannya adalah untuk menjelaskan bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan oleh PT. Indofood. Untuk mengetahui bagaimana upaya perusahaan dalam meningkatkan dan meraih keunggulan yang kompetitif dalam suatu produk, manfaatnya adalah sebagai bahan informasi bagi pihak PT. Indofood dalam memecahkan  masalah yang  dihadapi khususnya mengenai masalah pemasaran, hasil penelitian ini dapat menambah informasi dan referensi bacaan bagi semua pihak yang membutuhkan baik maupun dosen.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis pendekatan sosiologis normatif dan jenis penelitian ini adalah kualitatif, lokasi penelitian di Jln. Batara, subjek penelitian adalah Pimpinan PT. Indofood dan karyawan, sumber data yaitu sumber data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data yaitu observasi,wawancara, dan dokumentasi serta teknik pengolahan dan analisa data yang digunakan adalah deduktif dan induktif. Berdasarkan dari data hasil penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa strategi pemasaran pada PT. Indofood memiliki peran penting untuk meningkatkan dan mencapai target yang diinginkan, bentuk-bentuk strategi yang dilakukan: Segmentasi Pasar, Kompensasi Harga, Promosi, dan Produk.

References

Dzul Arsyil “ Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Garam Pada CV. Usaha Baru Mandiri Kota Palopo†Skirpsi. 2009

Herman Sudrajat, Philip kotler,Accorrding To Kotler Tokoh Paling Kompeten Dalam Pemasaran Menjawab Pertanyaan Anda,(Jakarta:PT Bhuana Ilmu Populer, 2006),h. 62

Ibid, h. 63

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2009), Cet. Ke.6, h. 240

Syahreza Yumanda, “Analisa Strategi Pemasaran Makanan Tradisionalâ€, Skripsi 2013

Thamrin Abdullah dan Francis Tantri, Manajemen Pemasaran,(Cet. I; Jakarta: Rajawali Pers, 2012)., h. 4.

Downloads

Issue

Section

Articles

Citation Check