ANALISIS PENGARUH KESADARAN MEREK, CITRA MEREK, RESPON TERHADAP MEREK DAN HUBUNGAN DENGAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM)
DOI:
https://doi.org/10.24256/dinamis.v3i2.3391Keywords:
Kesadaran akan merek, Citra merek, Respon terhadap merek, Hubungan dengan merek, Keputusan pembelian.Abstract
Permasalahan pokok hasil penelitian yaitu bagaimana kesadaran merek, citra merek, respons terhadap merek, dan hubungan dengan merek berpengaruh terhadap keputusaan pembelian handphone di kalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palopo? Metode yang digunakandalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan Software SPSS versi 22. Dalam penelitian ini diambil sampel sebanyak 95 orang mahasiswa Fakultas ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palopo. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pengumpulan data dengan menggunakan angket/Kuesioner. Selanjutnya dengan menggunakan analisis data regresi linear berganda, uji T, uji F dan uji R2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kesadaran merek, citra merek, dan respon terhadap merek mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan hubungan dengan merek berpengaruh positif tapi tidak signifikan dengan keputusan pembelian. Hasil penelitian tersebut digambarkan ke dalam persamaan regresi linear berganda, Y=0,544+0,163X1+0,235X2+0,314X3+0,071X4, dimana X1 = kesadaran merek, X2 = citra merek, X3 = Respon terhadap merek dan X4 = hubungan dengan merek.
Â
References
St. Sudomo, Pengaruh Ekuitas Merk Terhadap keputusan Pembelian, http://www.amaypk.ac.id, diakses 9-april-2017
Agus Hermawan, Komunikasi Pemasaran, (jakarta: Erlangga, 2012), hlm 58
Dimas Surya Wijaya, Analisis Pengaruh Ekuitas Merekterhadap Keputusan Pembelian Handphone Blackberry (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang, http://eprints.undip.ac.id/27442/ diakses tanggal 26 juli 2017
Sarwono, Jonathan. 2006. “Analisis data penelitian menggunakan SPSSâ€. Yogyakarta : Andi Yogyakarta.
Setiaji, Nugroho J, 2003,â€Perilaku Konsumen- konsep dan implikasi strategi dan penelitian pemasaranâ€.Jakarta:Predana Media.
Sidik, Hanif. 2012. Pengukuran Ekuitas Merek Aqua Berdasarkan Loyalitas Dan Asosiasi Merek (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fekonsos Uin Suska Riau), http://repository.uin-suska.ac.id, diakses tanggal 19-07-2017
Sudarsono, Deby Susanti, Dan Dyah Kurniawati, “Pengaruh Elemen Ekuitas Merek Dalam Keputusan Pembelian Laptop Acerâ€, (Madiun:2013). http://www.academia.edu/download/40680899/jurnal.docx. diakses tanggal 9-april-2017
Suprapti, Lilik, â€Analisis Pengaruh Brand Awareness, Perceived Value, Organizational Association Dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Pemilik Sepeda Motor Yamaha Mio Cw Di Harpindo Semarang)â€, http://eprints.undip.ac.id/22819/, diakses tanggal 26 juli 2017
St. Sudomo, “Pengaruh Ekuitas Merk Terhadap keputusan Pembelian.†http://www.amaypk.ac.id, diakses 9-april-2017
Sugiyono. 2013. â€Metode Penelitian Bisnisâ€. Bandung : Alfabeta.