Pengaruh Iklan Pada Aplikasi Tik Tok Terhadap Minat Beli Mahasiswa Manajemen Bisnis Syariah IAIN Palopo
DOI:
https://doi.org/10.24256/dinamis.v4i1.3411Keywords:
Pengaruh iklan, Aplikasi Tik Tok, Minat BeliAbstract
Paper ini tentang Pengaruh Iklan Dan Aplikasi Tik Tok Terhadap Minat  Beli Mahasiswa IAIN Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh iklan terhadap minat beli mahasiswa, (2) untuk mengetahui pengaruh aplikasi Tik Tok terhadap minat beli mahasiswa, (3) untuk mengetahui pengaruh iklan dan aplikasi Tik Tok terhadap minat beli mahasiswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah program studi manajemen bisnis syariah IAIN Palopo sebanyak 63 orang responden ditentukan dengan teknik purposive sampling. Instrument penelitian ini menggunakan kuesioner dan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji instrument, uji persyaratan analisis, uji hipotesis, serta metode dari analisis yang digunakan adalah metode analisis linear berganda.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli mahasiswa, dengan nilai t tabel 1,295 dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. (2) Aplikasi Tik Tok berpengaruh terhadap minat beli beli mahasiswa, dengan nilai t tabel 1,295 dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. (3) Iklan dan aplikasi Tik Tok secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli mahasiswa, dengan nilai F hitung 47,386 > F Tabel 2,39 dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Besarnya pengaruh iklan dan aplikasi Tik Tok terhadap minat beli mahasiswa sebesar 61,2%.
References
Angelo N. Gabriel (2018) Consumers Opinions About K-Citymarkets Paper and Online Advertisments, Bachelors Thesis International Business.
Anwar, Khairul. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Latex Concentrate Dan Skim Pada PT. Mardec Nusa Riau Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar. SKRIPSI: UniversitasSyarif Kasim Riau
Ajzen, I. (2015). Consumer Attitudes and Behavior: The Theory Of Planned Behavior Apllied To Food Consumption Decisions, Rivista di Economia Agraria, Anno LXX, 2, 112-138.
Andryanto, R (2016). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Manfaat dan Presepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Beli di Toko Online (Studi Empiris yang Dilakukan Pada OLX.co.id di Yogyakarta). Skripsi Sarjana Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta. Businessqueensland, (2016, jun 21). Types of Advertising. Retrieved from Business Qld:
https://www.business.qld.gov.au/running-
business/marketing-sales/marketing-promotion/advertising/types
Dewi. H. Septi. (2019). Pengaruh Periklanan Dan Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Perumahan Griya Puspandari Asri Tanjungpinang, Jurnal Dimensi, Vol.8, No. 1: 54-70
Ferdinand. (2006). Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM/SPSS Versi 23, Universitas Diponegoro
Hanif, Hasnan. (2018). Landasan Syariah Dalam Etika Periklanan. Jurnal Bidang Kajian Islam. Vol.4, No.1
Https;//m.youtube.com/watch?v:6B499fwZ0
Hu Yingjia. (2020). Research On The Comemercial Value Of TikTok In China, Academic Journal of Business & Management, Vol. 2, Issue 7: 57-64