PENGARUH FAKTOR KELAS SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMILIHAN PAKAIAN DI DESA LAGEGO KECAMATAN BURAU KABUPATEN LUWU TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.24256/dinamis.v1i1.416Keywords:
Kelas Sosial, Keputusan Pembilian, Perilaku KonsumenAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah adalalah untuk mengetahui sejauh mana dan seberapa penting peran status sosial terhadap perilaku konsumen dan keputusan pembelian. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian ex post facto dengan penelitian (kuantitatif deskripitif), artinya data dikumpulkan setelah semua kejadian yang dipersoalkan berlangsung tanpa ada perlakuan. Dalam penelitian ini tidak ada manipulasi atau perlakuan melainkan berlangsung dengan sendirinya tanpa di kendalikan oleh peneliti yang bertujuan untuk menemukan faktor–faktor yang menentukan sebab-sebab memungkinkan terjadinya peristiwa yang diteliti. Kelas Sosial memiliki Thitung sebesar (12,186) > Ttabel (1,985) sehingga hal tersebut menunjukkan bahwa Ha diterima atau Ho ditolak, artinya variabel kelas sosial secara parsial berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen dalam pemelihan pakaian di Desa Lagego Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur.
References
Ahmad Mustafa Al Maragi. Terjemah Tafsir Al Maragi Juz 7 8 9. Semarang : Cv Toha Putra. 1987
Ahmad Mustafa Al Maragi, Terjemah Tafsir Al maragi Juz 1 dan 3. Semarang : Cv Toha Putra, 1987
Ahmad Mustafa Al Maragi, Terjemah Tafsir Al Maragi Juz 4 5 dan 6, (Cet.2 ; Semarang : Cv Toha Putra, 1993
Amalia, Firda. Analisis Pengaruh Faktor Budaya Sosial Pribadi dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Penambah Tenaga Cair Merek m-150 Semarang. Semarang: Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang. 2011
Bambang Dwiloka dan Rati Riana. Teknik Menulis Karya Ilmiah Skripsi Tesis Artikel Makalah dan Laporan Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta. 2005.
Bungin Burhan. Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi Ekonomi Dan Kebijakan Publik Serta Ilmu Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta : Prenada Media 2005
Priyatno Duwi, Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20, Yogyakarta: ANDI, 2012
Ghoni, Abdul. Pengaruh Faktor Budaya Sosial Pribadi dan Psikologi TerhadapPerilaku Konsumen Studi pada Pembelian Rumah di Perumahan Griya Utama Banjardowo Semarang. Semarang: Skripsi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Manggala. 2011.
Mursyid, M. Manajemen pemasaran. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2014.
Khasali,Rhenaldi Membidik Pasar I ndonesia Segmentasi Targeting dan Positioning, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama. 2007
Monle Lee dan Carl Johnson. Prinsip Prinsip Pokok Periklanan dalam Perspektif Global. Jakarta : Prenada Media. 2004.
Nasrul, Arista Milka. Pengaruh Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Asuransi Jiwa. Bogor: Skripsi Program Studi Muamalat Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulla. 2014.
Priyatno Duwi, Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20, Yogyakarta:ANDI, 2012
Setiadi, Nugroho j. Perilaku konsumen konsep dan implikasi untuk strategi dan penelitian. Jakarta: Prenada Media. 2003.
Siregar Syofian. Statistica Deskriptif Untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual Dan Aplikasi Spss Versi 17, Depok : PT Rajagrafindo Persada, 2016.
Sugiono. Metode penelitian kombinasi mixed methods. Bandung: Alfabeta. 2013.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Cet.XII; Jakarta: Rineka Cipta, 1992
Nana Syaodih Sukmadinata. Metode Penelitian Pendidikan, Cet.III; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007
Suharismi Arikunto, Manajemen Penelitian, Jakarta: PT. Asdi Mahasatya, 2005
Sugiono, Merode Penelitian Bisnis, Bandung : Alfabeta, 2008
Umar Husein. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.2005
Winarno Surakhmad, Pengantar Ilmu Dasar dan Tehnik, Bandung : CV. Tarsito, 1994
M Misbakhul Munir, Analisis Pengaruh Retailing Mix Terhadap Keputusan Pembelian pada Mini Market Permata di Kecamatan Balapulang , Universitas Diponegoro ,Semarang,2011 https://google.schooler diakses pada 25/07/2017
MerlitaPutriana,MetodePenelitian,https://merlitafutriana0.blogspot.com/p/validita -dan reliabilitas.html?m=1 diakses 25/07/2017
http://google schoolar.com / Rimba Kusumadilaga Pengaruh Corporate Social Responbility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Semarang : Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro,2010 dikutip pada Selasa 22/08/2017 13:26