PENERAPAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP PERILAKU DAN PUTUSAN PEMBELIAN
DOI:
https://doi.org/10.24256/dinamis.v1i2.450Keywords:
Pemasaran, Komunikasi Pemasaran, PembelianAbstract
Globalisasi memiliki imbas yang sangat besar terhadap dunia pemasaran. Dimana terbuka peluang pasar yang makin besar tetapi memiliki kelemahan yaitu persaingan yang makin ketat dan berat. Oleh karena itu pemasaran di era globalisasi ini tidak hanya melakukan perbaikan disisi produk, penetapan harga yang lebih terjangkau dan pendistribusian produk yang kontinyu saja. Tetapi sangat dibutuhkan komunikasi pemasaran yang efektif agar perusahaan dapat mengkomunikasikan produknya, meningkatkan citra merek dan menghasilkan keputusan pembelian. Pemasaran merupakan suatu system dan proses social yang bekecimpung orang dan kelompok agar terpenuhi kebutuhan dan keinginan melalui penciptaan, penawaran dan penukaran produk serta fungsinya dengan pihak lain. Pemasaran modern berfokus pada keinginan dan kebutuhan konsumen melalui manajemen pemasaran yang efektif dengan memanfaatkan bauran pemasaran yang terdiri dari rancangan sebuah produk, penetapan harga yang terjangkau, penditribusian yang kontinyu dan promosi atau komunikasi pemasaran atas produk kepada pasar sasarannya. Komunikasi pemasaran merupakan elemen dari bauran pemasaran yang berfungsi untuk mengkomunikasikan bahwa akan atau telah tersedianya produk dipasaran beserta atribut-atribut produk yang menyertainya sehingga tercipta peningkatan citra produk yang berujung pada keputusan pembelian atas produk tersebut. Bauran komunikasi pemasaran terdiri dari lima elemen pokok seperti periklanan, penjualan personal, promosi penjualan, pemasaran langsung serta hubungan masyarakat. Dimana kelima elemen ini berbaur satu dengan lainnya guna tercapai tujuan komunikasi pemasaran yaitu peningkatan citra produk yang berakhir pada pembelian produk tersebut.
References
Alma B., 2013. Kewirausahaan. Penerbit Alfabeta, Bandung
Amir T., 2005. Dinamika Pemasaran Jelajahi dan Rasakan. PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Ardial dan Yustina I. 2011. Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Asuransi Bumi Asih Jaya Medan. Jurnal Ilmu Sosial- Fakultas ISIPOL UMA ISSN : 2085 – 0328 Perspektif/ Volume 4/ Nomor 1/ April 2011
Damerianta S. dan Mujiyana. 2009. Pengaruh Penerapan Periklanan di Internat dan Pemasaran Melalui E-mail terhadap Pemprosesan Informasi dan Keputusan Pembelian oleh Konsumen. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2009 (SNATI 2009) ISSN: 1907-5022 Yogyakarta, 20 Juni 2009
Densa E.P.B dan Relawan I.N. 2016. Pengaruh Komunikasi Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian CD JKT48 di Bandung. e-Proceeding of Management : Vol.3, No.3 Desember 2016
Diwatia F. dan Santosob T.I. 2015. Pengaruh Strategi Integrated Marketing Communication (IMC) terhadap Keputusan Membeli Konsumen pada Bisnis Tour & Travel di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal EBBANK, Vol.6, No. 2 , Hal.33-54 , Desember 2015
Fiqhyany M.R. dan Prasetyo A. 2014. Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu terhadap Niat Muzakki Membayar Dana Zakat, Infaq, Shadaqah pada Yayasan Nurul Hayat Cabang Tuban. JESTT Vol.1, No.11, Nopember 2014
Gurmilang A. 2015. Komunikasi Pemasaran sebagai Metode Promosi untuk Usaha Kecil Menengah. Jurnal Universitas Pembangunan Jaya #2 Volume 2, Maret 2015
Imelda S. 2013. Pengaruh Keputusan Bauran Promosi terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Nomor Perdana Telkom Flexi di Kota Banjarmasin. Jurnal Wawasan Manajemen, Vol. 1, Nomor 2, Juni 2013
Keke Y. 2015. Komunikasi Pemasaran Terpadu terhadap Brand Awareness. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi Dan Logistik, Vol.2 No.1 September 2015
Natalia P. dan Mulyana M. 2014. Pengaruh Periklanan dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelia. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan Vol.2 No.2, 2014 pp. 119-128 STIE Kesatuan ISSN 2337 – 7860
Prasetyo A. dan Wahyuati A. 2016. Pengaruh Strategi Promosi dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian pada Kopiganes. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen : Volume 5, Nomor 1, Januari 2016 ISSN : 2461-0593
Pratiwi M.P., Suwendra I.W., dan Nyoman Yulianthini N.N. 2015. Pengaruh Strategi Komunikasi Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen (Volume 3 Tahun 2015)
Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Putri S.E. 2009. Persepsi Konsumen terhadap Bauran Promosi (Promosional Mix) pada Matahari Departemen Store Bengkulu. Management Insight, 9 (1)
Rafa’al M. 2017. Gaya Komunikasi Pemasaran di Pemerintah: Promotion Mix Destinasi Tujuan Wisata Kabupaten Raja Ampat. Jurnal Studi Komunikasi Volume 1 Ed 1, March 2017
Sarjita. 2016. Komunikasi Pemasaran dalam Menghadapi Persaingan Pasar. JBMA – Vol. III, No. 1, Maret 2016 ISSN : 2252-5483
Sumadji P., Yudha Pratama, Rosita. 2006. Kamus Ekonomi. Penerbit Wacana Intelektual.
Susilowati C. dan Thoyib A. 2012. Pengaruh Komunikasi Pemasaran terhadap Keputusan Konsumen dalam Menggunakan Kartu Seluler IM3 melalui Motivasi Konsumen (Studi pada Pengguna IM3 di Malang). Jurnal Aplikasi Manajemen Volume 10 Nomor 1 Maret 2012
Tjiptono F. 2015. Strategi Pemasaran Edisi-4. Penerbit CV. Andi Offset. Yogyakarta
Yusniar. 2013. Analisis Kualitas Pelayanan dan Komunikasi Pemasaran terhadap Kepuasan Konsumen pada CV. Baroena di Desa Uleu Reuleung Kec. Dewantara Kab. Aceh Utara. Jurnal visioner & Strategi Volume 2, Nomor 1, Maret 2013 ISSN: 2338-2864