STRATEGI PEMASARAN MAKANAN KHAS TRADISIONAL DI KECAMATAN WOTU

Nur Hasni Burhanuddin

Abstract


Penelitian ini membahas tentang strategi pemasaran makanan khas tradisional pada Rumah Makan Satria di Kecamatan Wotu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran makanan khas tradisional pada Rumah Makan Satria di Kecamatan Wotu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran makanan khas tradisional pada Rumah Makan Satria di Kecamatan Wotu. Untuk memperoleh data, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif yaitu suatu proses kegiatan usaha dengan mengungkapkan uraian, argumen serta keadaan tertentu. Sumber data yang dilakukan dalam penelitian ini ada dua, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer adalah data yang diperoleh langsung dari pimpinan Rumah Makan Satria. Sumber data ini berasal dari data yang diperoleh melalui hasil wawancara terhadap informan yang memiliki pengetahuan mengenai penelitian ini. Sedangkan data sekunder adalah data yang memberikan keterangan tambahan tentang penelitian.  Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran makanan khas tradisional pada Rumah Makan Satria di Kecamatan Wotu menerapkan lima strategi yaitu strategi produk, strategi harga, strategi kebersihan, strategi promosi dan strategi pengantaran. Strategi produk yang digunakan yaitu dengan menyediakan makanan khas tradisional yang ada di Kecamatan Wotu. Strategi harga yang digunakan yaitu dengan menerapkan harga yang terjangkau bagi masyarakat pada umumnya. Strategi kebersihan yang diterapkan yaitu dengan menerapkan kebersihan pada area rumah makan  dan makanan khas tradisional itu sendiri. Strategi promosi yang digunakan yaitu dengan cara pendekatan kepada masyarakat ataupun pelanggan. Strategi pengantaran yang diterapkan yaitu dengan cara mengantarkan secara langsung pesanan kerumah pelanggan dengan cara yang baik. Dari kelima strategi tersebut dikatakan mampu dalam meningkatkan pendapatan pada Rumah Makan Satria. Dengan adanya strategi pemasaran maka permintaan produk akan lebih banyak sehingga perusahaan dapat menghasilkan laba, pemasaran produk yang baik pula akan menghasilkan konsumen baru.


Keywords


Strategi Pemasaran, Makanan Khas Tradisional

Full Text:

PDF

References


Angipora Marius P, Dasar-Dasar Pemasaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002.

Anoraga, Pandji, Manajemen Bisnis, Jakarta: PT Rineka Citra, 2000.

Antonio, Muhammad Syfi’i, Bank Syariah Dari Teori Ke Praktek, Cet. I; Jakarta: Gema Insani, 2001.

Assauri Sofjan, Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007.

Cannon, Joseph P, Pemasaran Dasar, Jakarta, Penerbit Salemba Empat, 2008.

Fuad, M, Dkk, Pengantar Bisnis, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2000.

Gammahendra, dkk, Pengaruh Struktur Organisasi terhadap Efektivitas Organisasi (Studi Pada Persepsi Pegawai Tetap Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri), Jurnal: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang, 2014.

Hermawan, Agus, Komunikasi Pemasaran, Malang: Penerbit Erlangga, 2012.

Hermawan, Haris, Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan, Kepuasan dan Loyalitas Konsumen dalam Pembelian Roti Ceria di Jember, Jurnal: Prodi Manajemen FE Universitas Muhammadiyah Jember, 2015.

Hendika Wibowo, Dimas, dkk, Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo), Jurnal, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang, 2015.

Kotler, Philip, According To Kotler, Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer, 2005.

Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran, PT Indeks, 2007.

Limakrisna, Nandan dan Togi Parulian Purba, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Mitra Wacana Media, 2017.

Mursid M, Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014.

Muslim, Abu Husain Bin Hajjaj Alqusyairi Annaisaburi, Shahih Muslim, Bairut-Libanon: Darul Fikri, Kitab : Thaharah/ juz 1, No. 223, 1993.

Pamungkas, Diyah, Strategi Pemasaran Kerajinan Kayu Antik Untuk Memasarkan Produk di Pasar Domestik pada CV.Bima Bantul Yogyakarta, Naskah Publikasi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014.

Riyono dan Gigih Erlik Budiharja, Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua di Kota Pati, Jurnal: STIE Semarang, 2016.

Siswanto, H.B, Pengantar Manajemen, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2005.

Sudaryono, Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi, Yogyakarta: CV Andi Offset, 2016.

Sudaryono, Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: C.V Andi Offset, 2016.

Sukardono, Edi, dkk, Strategi Pemasaran Pecel Lele Lela Cabang Pinangranti Jakarta Timur, Jurnal Ilmiah: Manajemen IKM, 2013.

Sunyoto, Danang, Strategi Pemasaran, Jakarta: PT Buku Seru, 2015.

Sunyoto, Danang, Ekonomi Manajerial (Konsep Terapan Bisnis), Jakarta: PT Buku Seru, 2013.

Tatiek Nurhayati dan Ahmad Darwansyah, Peran Struktur Organisasi dan Sistem Remunerasi dalam Meningkatkan Kinerja, Jurnal: Universitas Islam Sulatan Agung.

Wijaya, Arik Adi, Analisis Strategi Pemasaran Makanan Khas Tradisional (Studi Kasus Home Industry Rengginang Halimatus Sa’diyah Kalibaru di Kabupaten Banyuwangi, Skripsi: Fakultas Ekonomi Universitas Jember, 2013.

Yumanda, Syahreza, Strategi Pemasaran Keripik Singkong Industri Rumah Tangga Cap Kelinci di Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang, Skripsi: Departemen Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, 2009.


Article Metrics

Abstract view : 4 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Office Address:
DINAMIS is indexed by: