PENERAPAN METODE SQ5R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, RECORD, REVIEW, REFLECT) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS BAHASA INGGRIS
DOI:
https://doi.org/10.24256/ideas.v5i1.157Keywords:
SQ5R, bahasa Inggris, mahasiswaAbstract
Penelitian ini menerapkan metode SQ5R yang sangat sesuai untuk diterapkan pada kelas Bahasa Inggris di Politeknik yang menitikberatkan pada kemampuan praktek. SQ5R adalah metode membaca yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan metakognitif peserta didik dalam memahami sebuah bacaan. Metode ini terdiri atas tujuh langkah, yaitu Survey (penelaahan/pendahuluan), Question (bertanya), Read (membaca), Recite (mengutarakan kembali), Record (menulis), Review (mengulang kembali), dan Reflect (memberi contoh). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca Bahasa Inggris mahasiswa melalui penerapan metode SQ5R pada kelas Bahasa Inggris II Program Studi DIV Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Ujung Pandang Tahun Akademik 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 3 (tiga) tahap yaitu pretest untuk melihat kemampuan dasar mahasiswa dalam membaca teks Bahasa Inggris, tahap kedua adalah treatment atau pemberian perlakuan dengan menggunakan metode SQ5R, tahap terakhir adalah posttest untuk melihat hasil dari pembelajaran menggunakan metode SQ5R dalam kelas. Berdasarkan hasil pretest, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa keterampilan membaca teks Bahasa Inggris mahasiswa semester II prodi TKJ sebelum penerapan metode SQ5R masih tergolong rendah yaitu dalam klasifikasi poor (34.043%) sebanyak 16 orang mahasiswa. Setelah dilakukan treatment dengan menggunakan Invention text dan Gadget text keterampilan membaca mahasiswa mengalami peningkatan signifikan dengan adanya 9 orang mahasiswa (19.149%) yang berada pada klasifikasi very good dan hanya terdapat 8 orang mahasiswa yang berada pada kategori low yaitu poor and very poor. Dari hasil akhir penelitian yaitu posttest keterampilan membaca mahasiswa mengalami peningkatan signifikan selayaknya hasil treatment dengan adanya 10 orang mahasiswa (21.276%) yang berada pada klasifikasi very good dan tetap terdapat 8 orang mahasiswa yang berada pada kategori low yaitu poor and very poor sebagaimana pada treatment.
References
Arikunto, Suharsini. 1992. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Carnine, Jerry Silbert dan Edward J. Kammenus. 1990. Direct Instruction Reading Second Edition. Indiana: Merrill Publishing Company.
Huda, Miftahul. 2014. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Iman, Rizal Adipta. 2012. Peningkatan Kemandirian Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Aktif SQ4R. Skripsi. FKIP UNISMUH Surakarta.
Kinanthi, Intan Tyas. 2013. Keefektifan Penggunaan Metode SQ4R dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Bahasa Jerman. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Yogyakarta.
Nurhaidah, Abdussamad, dan Syambasril. Pengaruh Metode CIRC dan Teknik Membaca SQ4R terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Interpretatif. Laporan Penelitian Fakultas Bahasa FKIP UNTAN Pontianak. 2015.
Phillips, Deborah. 2001. Complete Course for The TOEFL Test: Preparation for the Computer and Paper Tests. New York: Longman, Inc.
Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Terjemahan oleh Narulita Nasution. 2015. Bandung: Nusa Media.
Tuti, Meylani. Peningkatan Pemahaman Bacaan Bahasa Inggris Melalui Pendekatan Kontekstual Metode SQ4R. Majalah Ilmiah Panorama Nusantara. Edisi VIII. Januari-Juni 2010.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Vallete, Rebecca dan Edward David Allen. 1977. Classroom Techniques Foreign
Languages and English as a Second Language. San Diego: Harcourt Brace
Jovanich Publishers.
Teks bacaan Invention dan gadget. Online http://www.springernature.com/us
April 2016.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)