PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS ANTARA MAHASISWA JURUSAN TEKNIK DAN NON TEKNIK POLITEKNIK NEGERI UJUNG PANDANG
DOI:
https://doi.org/10.24256/ideas.v5i1.159Keywords:
motivasi, belajar bahasa InggrisAbstract
Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena yang diamati oleh penulis dimana tingkat kemampuan bahasa Inggris mahasiswa jurusan teknik masih terbilang sangat kurang dibandingkan dengan kemampuan bahasa Inggris mahasiswa jurusan non teknik di Politeknik Negeri Ujung Pandang. Adanya perbedaan ini disebabkan oleh sesuatu hal atau suatu faktor yang salah satunya adalah motivasi. Penelitian ini akan mengungkap motivasi mahasiswa baik dari jurusan teknik maupun non teknik untuk belajar bahasa Inggris. Data tentang tingkat motivasi dari mahasiswa diperoleh dengan menyebarkan angket yang berjumlah 50 item kepada responden. Hasil analisa data menunjukkan bahwa bahwa sebanyak 48,6% responden dari jurusan teknik memiliki motivasi yang sangat tinggi untuk belajar bahasa Inggris, sedangkan dari jurusan non teknik hanya mencapai 42,9%. Banyaknya responden dari jurusan non teknik yang memiliki motivasi yang tinggi adalah sebesar 52,4 % sedangkan dari jurusan teknik adalah sebesar 50%. Jumlah responden yang memiliki tingkat motivasi yang kurang pada jurusan non teknik bahkan lebih banyak dibandingkan dengan jurusan teknik, dengan jumlah yakni masing-masing 4,7% dan 0,7% namun dalam jumlah jumlah yang kecil.Tidak ada responden yang memiliki motivasi yang sangat kurang untuk belajar bahasa Inggris dari jurusan non teknik dan terdapat seorang responden yang memiliki motivasi yang sangat kurang pada jurusan teknik. Motivasi responden baik dari jurusan teknik maupun jurusan non teknik dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor-faktor external seperti faktor pengajar atau dosen bahasa Inggris, faktor tujuan akademik dan karir, serta faktor pelajaran Bahasa Inggris di kelas.
References
Agus, Suprijono. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Azwar, S. (2010). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Chaer, Abdul. (2009). Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dimyati, dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Djali. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Djamarah, Syaiful Bachri. (20008). Psikologi Belajar Edisi2. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Gardner, R. C. 1985. The Attitude Motivation Test Battery: Tehcnical Report 1.University of Western Ontario: London
Gay, L.R. 1976. Educational Research. Columbus, Ohio: Charles E. Merrill Publishing Company.
Hamdu, Gullam. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar (Studi Kasus Terhadap Siswa Kelas Iv Sdn Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya) http://jurnal.upi.edu/penelitian-pendidikan/author/ghullam-hamdu. diakses pada tgl. 27-1-2015
Hamzah, B. Uno. 2008. Teori Motivasi Dan Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Hamalik, Oemar. 2004. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Ma’ratur, Rafiqah. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa.(online)(http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/1661. diakses pada tgl. 27-1-2015)
Makmun, Abin Syamsuddin. 2007. Psikologi Kependidikan: Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung: PT Remaja RosdaKarya.
Purwanto, Ngalim. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosda Karya
Setiawan, Nugraha. Rumus Slovin (Besar Sampel Penelitian) (online)(http://www.statistikian.com/2012/08/rumus-slovin-besar-sampel-penelitian.html. diakses pada tgl. 27-1-2015.)
Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan.Yogyakarta: UNY Press.
Sugiono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta
Sukmadinata, N. S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Cetakan ke 7. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Yamin, Martinis. 2010. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)