PEER ASSESSMENT PADA PROSES PEMBELAJARAN MATA KULIAH ASSESSMENT AND EVALUATION MELALUI LESSON STUDY
DOI:
https://doi.org/10.24256/ideas.v4i1.174Keywords:
peer assessment, penilaian proses pembelajaran and lesson studyAbstract
Dasar permasalahan pengkajian dalam penelitian ini adalah penggunaan peer assessment sebagai penilaian pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan peer assessment sebagai penilaian proses pembelajaran yang dilakukan pada mata kuliah Assessment and Evaluation melalui lesson study dan apakah penggunaan peer assessment sebagai penilaian proses pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Data tentang bagaimana penggunaan peer assessment dan apakah peer assessment dapat meningkatkan keaktifan mahasiwa dalam pembelajaran diperoleh melalui lembar observasi observer, video rekaman proses pembelajaran dan pengamatan oleh dosen model (peneliti). Berdasarkan hasil pengkajian dapat disimpulkan bahwa peer assessment sebagai penilaian proses belajar sebagian sudah dapat dilaksanakan sesuai dengan tahapan prosedur peer assessment yaitu dengan menggunakan rubric dan format penilaian namun masih ada beberapa tahapan yang belum sesuai yaitu rubric yang digunakan tidak disusun bersama dengan mahasiswa dan belum ada tahapan feedback oleh mahasiswa dan penggunaan peer assessment juga dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam belajar.
References
BNSP.(2007). Panduan Penilaian Kelompok Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Brown, S., Rust, C. and Gibbs, G. (1994). Involving students in the assessment process, in Strategies for Diversifying Assessments in Higher Education. Oxford: Oxford Centre for Staff Development, and at DeLiberations
Jaimini, Nirupma. (2014). Group dynamics in collaborative learning: contextual issues and considerations. Impact, 2 (2), February 2014, 83-88.
Lufri. (2007). Strategi Pembelajaran Biologi. Padang: Universitas Negeri Padang.
Purnawan, Ari. (2015). Peer Assessment as the Main Method for Assessing students’ writing: A Proto-design for developing EFL Lessons plan. The 62nd TEFLIN.
Zulharman. (2007). Self dan Peer Assessment Sebagai Penilaian Formatif dan Sumatif. https://googleweblight.coqm/?lite_url=https://zulharman79.wordpress.com.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)