PEER ASSESSMENT PADA PROSES PEMBELAJARAN MATA KULIAH ASSESSMENT AND EVALUATION MELALUI LESSON STUDY

Upa Rahmawati(1*)
(1) Universitas Cokroaminoto Palopo
(*) Corresponding Author
DOI : 10.24256/ideas.v4i1.174

Abstract

Dasar permasalahan pengkajian dalam penelitian ini adalah penggunaan peer assessment sebagai penilaian pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan peer assessment sebagai penilaian proses pembelajaran yang dilakukan pada mata kuliah Assessment and Evaluation melalui lesson study dan apakah penggunaan peer assessment sebagai penilaian proses pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Data tentang bagaimana penggunaan peer assessment dan apakah peer assessment dapat meningkatkan keaktifan mahasiwa dalam pembelajaran diperoleh melalui lembar observasi observer, video rekaman proses pembelajaran dan pengamatan oleh dosen model (peneliti). Berdasarkan hasil pengkajian dapat disimpulkan bahwa peer assessment sebagai penilaian proses belajar sebagian sudah dapat dilaksanakan sesuai dengan tahapan prosedur peer assessment yaitu dengan menggunakan rubric dan format penilaian namun masih ada beberapa tahapan yang belum sesuai yaitu rubric yang digunakan tidak disusun bersama dengan mahasiswa dan belum ada tahapan feedback oleh mahasiswa dan penggunaan peer assessment juga dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam belajar.

Keywords


peer assessment, penilaian proses pembelajaran and lesson study

References


BNSP.(2007). Panduan Penilaian Kelompok Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Brown, S., Rust, C. and Gibbs, G. (1994). Involving students in the assessment process, in Strategies for Diversifying Assessments in Higher Education. Oxford: Oxford Centre for Staff Development, and at DeLiberations

Jaimini, Nirupma. (2014). Group dynamics in collaborative learning: contextual issues and considerations. Impact, 2 (2), February 2014, 83-88.

Lufri. (2007). Strategi Pembelajaran Biologi. Padang: Universitas Negeri Padang.

Purnawan, Ari. (2015). Peer Assessment as the Main Method for Assessing students writing: A Proto-design for developing EFL Lessons plan. The 62nd TEFLIN.

Zulharman. (2007). Self dan Peer Assessment Sebagai Penilaian Formatif dan Sumatif. https://googleweblight.coqm/?lite_url=https://zulharman79.wordpress.com.


Article Statistic

Abstract view : 59 times
PDF views : 555 times

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Upa Rahmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.