ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM LAGU DOLANAN ANAK
DOI:
https://doi.org/10.24256/ideas.v2i2.34Abstract
Lagu dolanan anak memiliki kontribusi dalam pembangunan karakter pada anak-anak. Di sisi lain, mengajarkan lagu dolanan anak juga dapat melestarikan kebudayaan Jawa yang saat ini semakin tersisih. Analisis lagu dolanan anak dilakukan dengan metode analisis isi. Teks lagu dolanan anak akan di analisis pada tingkat semantik yang kemudian dihubungkan dengan analisis prakmatik.
Analisis tersebut dilakukan untuk mengetahui karakter apa saja yang terkandung dalam setiap lagu dolanan anak. Hasil analisis tersebut diharapkan memberikan kontribusi terhadap pembangunan karakter. Selain itu, dapat dijadikan pertimbangan dalam mendidik anak dengan metode bermain dan belajar.
References
Doni, Koesoema. 2007. Pendidikan Karakter. Jakarta: Gramedia.
Ibrahim, A.S. 2009. Metode Analisis Teks dan Wacana. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Koentjoroningrat. 1974. Kebudayaan, Mentalitet dan Pembangunan. Jakarta: PT. Gramedia.
Suwaji, Bastomi.1991. Seni dan Budaya Jawa. Semarang: IKIP Semarang.
http://www.penapendidikan.com. (2001). Pendidikan Karakter untuk Keberadapan Bangsa.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)