PEMBERDAYAAN AKTIVITAS KETERAMPILAN BERBICARA SEBAGAI PENDORONG PEMAHAMAN MENYIMAK MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN LISTENING II MELALUI LESSON STUDY
DOI:
https://doi.org/10.24256/ideas.v2i2.37Abstract
Dasar permasalahan pengkajian ini adalah pasifnya kegiatan pembelajaran Listening II dan kurangnya pemahamanan menyimak mahasiswa. Strategi pembelajaran yang diaplikasikan sebagai solusi adalah pemberdayaan aktivitas keterampilan berbicara sebagai pendorong pemahaman menyimak. Tujuan pengkajian ini yaitu mendeskripsikan aktivitas pembelajaran, menganalisis situasi pembelajaran, dan menganalisis pemahaman menyimak mahasiswa dengan penggunaan strategi tersebut. Pengkajian ini menggunakan metode deskriptif. Data aktivitas pembelajaran diperoleh dengan dokumentasi pembelajaran dalam bentuk video. Data situasi pembelajaran dikumpulkan dari lembar observasi dosen observer. Data pemahaman menyimak mahasiswa dikumpulkan melalui tes menyimak TOEFL yang diberikan sebagai pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil pengkajian, bentuk pemberdayaan aktivitas keterampilan berbicara pada mata kuliah Listening II yaitu: pernyataan individu sebagai stimulus menyimak; retelling sebagai aktivitas post-listening; percakapan berpasangan, percakapan berkelompok, dan pembicaraan tunggal sebagai tugas lanjutan dan input menyimak. Situasi pembelajaran dikategorikan baik. Pemahaman menyimak mahasiswa juga dapat terbantu dan menjadi lebih baik.
References
Brown, Steven. 2006. Teaching listening. Cambridge: Cambridge University Press.
Kurita, Tomoko. 2012. Issues in second language listening comprehension and the pedagogical implications. Accents Asia, 5(1), 30-44.
Nunan, David. (Ed). 2005. Practical english language teaching: listening. New York: Mc Graw Hill.
Richard, Jack C. & Renandya, Willy. (Ed). 2002. Methodology in language teaching: an anthology of current practice. Cambridge: Cambridge University Press.
Tim Dosen. 2013. Listening outline. [Dokumen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Cokroaminoto Palopo].
Tim Penyusun. 2013. Pedoman penulisan makalah lesson study untuk seminar exchange of experience. Jakarta: Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional Jakarta.
Underwood, Mary. 1989. Teaching listening. London: Longman.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)