STRATEGI PEMBIASAAN MEMBACA DAN MENULIS MELALUI GERAKAN LITERASI SEKOLAH PADA PESERTA DIDIK MADRASAH IBTIDAIYYAH
DOI:
https://doi.org/10.24256/kelola.v10i1.6082Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembiasaan membaca dan menulis melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pada peserta didik kelas rendah (kelas II) dan kelas tinggi (kelas IV) di MIS DDI Lipu, Kabupaten Majene. Fokus penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi strategi pembiasaan literasi untuk meningkatkan minat baca dan tulis siswa. Penelitian ini relevan untuk memberikan solusi terhadap rendahnya kemampuan literasi dasar pada tingkat pendidikan dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasi diperoleh dari tenaga pendidik, peserta didik, dan lingkungan sekolah sebagai sumber utama. Teknik analisis data melibatkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk menghasilkan temuan yang valid. Validitas data diperkuat melalui triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembiasaan membaca dan menulis yang dirancang secara terstruktur, seperti membaca bersama di kelas dan kegiatan menulis kreatif, mampu meningkatkan minat baca dan tulis siswa. Kendala utama berupa kurangnya fasilitas, seperti ruang perpustakaan yang memadai dan jumlah buku bacaan, menjadi hambatan yang harus diatasi. Peran guru sebagai fasilitator dan motivator terbukti signifikan dalam mendukung keberhasilan strategi literasi ini. Implikasi dari penelitian ini mencakup pentingnya optimalisasi program GLS di madrasah untuk mendukung pencapaian kompetensi literasi siswa. Temuan ini juga menawarkan panduan praktis bagi pendidik dalam merancang program literasi yang relevan dan berkelanjutan. Dengan implementasi yang konsisten, diharapkan literasi membaca dan menulis menjadi budaya yang mendukung peningkatan kualitas pendidikan di madrasah.
Kata Kunci: Membaca, Menulis, Gerakan Literasi Sekolah, Strategi
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.