RE-DESAIN MODUL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI BERBASIS BUILDING RELATIONSHIP
DOI:
https://doi.org/10.24256/kelola.v10i1.6386Abstract
Artikel ini membahas tentang Re-desain Modul Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti Berbasis Building Relationship. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengidentifikasi
analisis kebutuhan siswa dan guru terhadap kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam
dan Budi Pekerti; Untuk menguji validitas dari produk E-modul pembelajaran Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis Building Relationship pada; Untuk mengetahui
praktikalitas dari produk E-modul Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Building
Relationship. Jenis penelitian ini adalah Research and Development menggunakan model ADDIE.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Fase D yakni kelas IX di Sekolah Menengah Pertama
Negeri 5 Kota Palopo. Objek dalam penelitian ini adalah modul pembelajaran yang di re-desain
menjadi E-modul berbasis building relationship pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
dan Budi Pekerti. Data diperoleh melalui observasi, angket dan dokumentasi. Selanjutnya data
penelitian ini dianalisis melalui teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: siswa fase D kelas IX di Sekolah Menengah
Pertama Negeri 5 Palopo membutuhkan inovasi dalam kegiatan pembelajaran dan guru Pendidikan Agama Islam membutuhkan bahan ajar dalam bentuk elektronik yang membantu
dan memberi sensasi belajar yang menyenangkan bagi siswa; Validitas dari produk re-desain
didapatkan skor 86,76% dari ahli media dan desain, 98,21% dari ahli materi, dan 98,21% dari
ahli bahasa kemudian praktikalitas memperoleh skor 97% oleh guru dan 92% oleh siswa dengan
kategori sangat praktis, sehingga menunjukan bahwa E-modul Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti berbasis Building Relationship praktis digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: E-modul, Pendidikan Agama Islam, Building Relationship
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.