Efektivitas Pengelola Bisnis Online Shopping Terhadap Penyedia Jasa Kurir PT. JNE Situbondo
DOI:
https://doi.org/10.24256/kharaj.v2i2.1528Keywords:
Preferensi, Bisnis Online Shopping dan Jasa Kurir.Abstract
Preferensi merupakan kecenderungan hati terhadap produk, barang atau jasa yang digunakan dengan disertai rasa puas dan senang. Perkembangan dunia teknologi yang semakin canggih dan pesat mendorong timbulnya berbagai transaksi bentuk usaha yang dapat ditawarkan kepada konsumen termasuk dalam interaksi jual belinya, salah satunya ialah jual beli berbasis online atau yang lebih dikenal dengan istilah online shopping menjadi trending utama dan kerap mewarnai perdangangan di dunia maya. Maraknya perkembangan bisnis online shopping mengakibatkan peningkatan terhadap layanan jasa kurir. Bisnis online shopping dan jasa kurir merupakan satu kesatuan sebuah bisnis yang tidak dapat dipisahkan. Jasa kurir berperan sebagai perantara agar barang sampai ketangan pembeli. Semua layanan jasa kurir berusaha menawarkan berbagai produk dan memberikan pelayan terbaik bagi konsumen. Oleh karena itu, muncul preferensi antar pengguna binsis online shopping terhadap jasa kurir yang ada.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Preferensi pengelola bisnis online shopping terhadap penyedia jasa kurir PT. JNE. (2) Faktor apa saja yang mendorong preferensi pengelola bisnis online shopping terhadap penyedia jasa kurir PT. JNE.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa preferensi usaha bisnis online shoppingterhadap jasa kurir PT. JNE disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor pertama, kelengkapan layanan. Kedua, jumlah agen. Ketiga, kualitas pelayanan yang diberikan. Keempat, keamanan barang yang akan dikirim dan faktor yang terakhir ialah atas permintaan konsumen atau pelanggan pengguna bisnis online shopping.
References
Afzalur Rahman, Doktrin Ekonomi Islam, (Yogyakarta: Dana Bhakti Wakaf, 1995), h. 94
Andi Mappiare, Psikologi Orang Dewasa Bagi Penyesuaian Dan Pendidikan, (Surabaya: Usana Offsetprinting, 1994), h . 62.
https://ariefdar.wordpress.com/2013/01/29/pengertian-bisnis-online/.didownload pada tanggal 25 Desember 2020
https://www.liputan6.com/tekno/read/4157301/headline-marak-penipuan-online-shop-di-medsos-hati-hati-modusnya-makin-canggih Di download tanggal 16 Agustus 2020
http://www.jne.co.id/id/produk-dan-layanan/jne-express. Diakses pada tanggal 16 Maret 2020
Idri, Ekonomi Dalam Perspektif Hadis Nabi, (Jakarta: Prenada Media Group, 2005), h. 225
Madnasir dan Khoirudin, Etika Bisnis Dalam Islam, (Seksi Penerbitan Fakultas Syariah IAIN Raden Intan Lampung, 2012), h. 8
Mar’atus Syawalia, Preferensi Pedagang Pasar Tradisional Terhadap Sumber Modal, Jurnal Ilmiah, 2015, h. 4.
Manullang, M. Pengantar Bisnis, (Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2002.), h.8
Muslich.Etika Bisnis Islami, (Yogyakarta: Ekonisia Fakultas EkonomiUII, 2010), h.46
Nur Rianto Al Arif, Teori Mikro Ekonomi, (Jakarta: Kencana, 2010), h. 110
Nugroho, J. Setiadi, Perilaku Konsumen, (Jakarta: Kencana Prenada Meida Group, Cet-Ke 5, 2013), h.10Urutan tingkatan atau jenjang jabatan (pangkat kedudukan)
Philip Kotler, Manajemen Pemasaran, (Jakarta: Prehalindo, Cet Ke-10, 2000), h. 154.
Poerwadaminta,W.J.S., Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, Edisi III, 2006), h. 769
Prof. Dr. Hamka, Tafsir Al-Azhar, (Jakarta: Pusaka Panjimas, 2003), h. 162
Rambat Lupiyoadi, Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik, (Jakarta: Salemba Empat, 2005), h. 119
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. In line with the license, authors are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.