Nilai-Nilai Pendidikan Islam berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Bahasa Arab di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Authors

  • Andi Arif Pamessangi IAIN Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/iqro.v4i2.2123

Abstract

Tulisan ini berisi hasil kajian tentang nila-nilai pendidikan Islam berbasis kearifan lokal yang terdapat dalam pembelajaran Bahasa Arab yang ada di Institut Agama Islam Negeri Palopo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendekripsikan pembelajaran Bahasa Arab pada Institut Agama Islam Negeri Palopo, yang Kedua untuk mengkaji nilai-nilai pendidikan Islam berbasis kearifan lokal yang terdapat didalamnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Proses pengumpulan data dimulai dari pengamatan secara mendalam terhadap dokumen kurikulum yang tersedia, disamping itu peneliti juga melakukan pengamatan pada dokumen pembelajaran lain seperti Rencana Pembelajaran Semester, Satuan Acara Perkuliahan, serta data lain melalui jurnal ilmiah, buku- referensi, serta bahan publikasi yang relevan. Selain itu peneliti juga melakukan wawancara kepada para dosen pengampu pembelajaran Bahasa Arab dalam menguatkan hasil analisa dan pengamatan pada pembelajaran Bahasa Arab di IAIN Palopo. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kurikulum bahasa Arab yang digunakan mengedepankan nilai-nilai pendidikan Islam yang terintegrasi dengan nilai-nilai kearifan lokal. Nilai-nilai pendidikan Islam yang termuat dalam pembelajaran Bahasa Arab di IAIN Palopo dapat dibagi kedalam tiga aspek meliputi nilai akidah, nilai ibadah, dan nilai akhlak. Adapun nilai-nilai kearifan lokal meliputi nilai lempu (jujur), ade’le’ (adil), getteng (teguh), ininnawa (peduli), dan acca (cendekia).

Kata kunci: Kearifan Lokal, Nilai-nilai pendidikan Islam, Pembelajaran Bahasa Arab.

References

Daftar Pustaka

Albantani, A. Muharom. Madkur, A. “Think Globally, Act Locally: The Strategy of Incorporating Local Wisdom in Foreign Language Teaching in Indonesia.†International Journal of Applied Linguistics and English Literature 7, no. 1 (2018): 1.

Arifuddin. “INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN; KONTRIBUSI LEMBAGA INFORMAL TERHADAP PEMBINAAN KARAKTER ANAK.†IQRO: Journal of Islamic Education 3, no. 1 (2020): 31–44.

———. “KONSEP PENDIDIKAN PROFETIK (MELACAK VISI KENABIAN DALAM PENDIDIKAN).†Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 9, no. 2 (2019): 319–338.

Hamidah. “I’dâd Kitâb Ta’lîmi Al-Lughat Al-a’rabiyyah Fî Ḍau’i Ath-Thaqâfat Al-Mahalliyah Bi Kalimantan.†Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2016.

Ihsan, Muhammad. “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Realistik Berbasis Alquran Pokok Bahasan Pecahan.†Suska Journal of Mathematics Education 5, no. 1 (2019): 39–46.

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

Pamessangi, Andi Arif. “Optimalisasi Potensi Kecerdasan Anak Sejak Dini Dalam Belajar Bahasa Arab.†Tunas Cendekia: Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini 3, no. 2 (2020): 151–159.

———. “تطوير كتاب تعليم اللغة العربية ÙÙŠ ضوء المدخل السياقي ÙÙŠ المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية الثانية بÙري Ùاري سولا ويسي الجنوبية.†Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam XVI, no. 1 (n.d.).

Rauhillah, Siti. “I’dâdi Al-Mawâd at-Ta’limiyyah Min at-Thaqâfat Al-Mahalliyyah Li Tanmiyat Al-Mahârat Al-Kalâm a’lâ Jâmiat Pancor Lombok.†Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2010.

Rofiq, Aunur. Muqaddimah Ringkasan Kaidah Bahasa Arab. Gresik: Pustaka Al-Furqon, 2017.

Sobur, Alex. Semiotika Komunikasi. Bandung: Rosdakarya, 2013.

Wekke, Ismail Suardi. “Kurikulum Bahasa Arab Di Lembaga Pendidikan.†KARSA: Journal of Social and Islamic Culture 22, no. 1 (2014): 21–39.

Downloads

Published

2021-11-20

Citation Check