Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Birrul Walidain

Authors

  • Inayatul Maghfiratur Rohmah Universitas islam zainul hasan genggong, Indonesia
  • Kustiana Arisanti

DOI:

https://doi.org/10.24256/iqro.v5i1.2777

Abstract

Dalam pembinaan birrul walidain dibutuhkan peran seseorang Guru Pendidikan Agama Islam untuk mengajarkan, mencerdaskan, memberi contoh, dan menamkan akhlakbirrul walidain. Tujuan dari penelitian yang peneliti laksanakan ini tidak lain untuk mengetahui usaha apa  saja yang telah dilakukanguru Pendidikan Agama Islam serta implikasinya terhadap peserta didik di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama’ Kraksaan Probolinggo. Peneliti menggunakan pendekatan deskripsi dengan metode kualitatif. Untuk melangsungkan penelitian ini penelitimenggunakan teknik pengumpulan datanya dengan teknik observasi, tanyajawab mealalui wawancara,  dan tidak lupa untukmendokumentasikan segala sesuatu yang dibutuhkan. Adapun Analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini membahastentang adanya peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan birrul walidain pesertadidik dapat mengimplikasikan akhlak birrul walidain dalam kehidupan danmengamalkan dalam kegiatan sehari-hari.

References

Al-Qur’an Kemenag Dan Terjemahan, n.d.

Depdiknas. “Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru.†Jakarta: Dedoknas, 2007.

El-Sutha, Saiful Hadi. Ada Surga Di Dekatmu. Jakarta: Wahyu Qolbu, 2018.

Hasan, Alwi dkk. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2013.

Ibrohim Al-Hasyimi. Fadl Birr Al-Walidain. Jakarta: Qitshi Press, 2010.

Musthafa. “‘Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Surat Maryam (19) Ayat 41-47.’†Ta’lim 13, no. No.2 (2015): 177.

Subandi. “Deskripsi Kualitatif Sebagai Satu Metode Dalam Penelitian Pertunjukan.†Harmonia 11 (2011).

Downloads

Published

2022-06-21

Issue

Section

Articles

Citation Check