Fenomena Keberagamaan dalam Masyarakat: Perspektif Sosiologis dalam Kajian Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Hasnahwati Hasnahwati Universitas Andi Djemma Palopo, Indonesia
  • Tobroni Tobroni Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
  • Khozin Khozin Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/iqro.v6i1.4082

Keywords:

Kajian Pendidikan Agama Islam, Pendekatan Sosiologi

Abstract

Pendidikan agama Islam secara konseptual adalah ruh bagi semua pendidikan yang bertujuan untuk manusia sebagai khalifah di bumi yang telah di amanahkan, untuk mengatur dan memberikan kesejahtreraan sesama manusia. Pendekatan sosiologis pada Pendidikan Islam tidak berdiri sendiri tetapi terintegrasi dengan sistem sosial di masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan jenis penelitian digunakan dalam penelitian ini ialah library research dengan analisis data menggunakan kajian isi (content analysis). Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa lewat pendekatan sosiologis agama akan bisa dipahami dengan mudah, sebab agama itu sendiri diturunkan untuk kepentingan sosial. Pendekatan sosiologi memiliki peranan yang sangat penting dalam usaha untuk memahami dan menggali makna-makna yang sesungguhnya dikehendaki oleh al-Qur’an. Selain disebabkan oleh Islam sebagai agama yang lebih mengutamakan hal-hal yang berbau sosial daripada individual yang terbukti dengan banyaknya ayat al-Qur’an dan Hadis yang berkenaan dengan selain itu.  Pendidikan agama Islam mempunyai posisi penting dalam pembentukan dan melahirkan masyarakat madani, yakni memahamkan Islam secara mendalam dan menyeluruh supaya peserta didik mendapatkan pengetahuan ajaran Islam serta mampu mengamalkan dalam kehidupannya.

References

Adnan, Prof Dr Gunawan. SOSIOLOGI AGAMA: MEMAHAMI TEORI DAN PENDEKATAN. Aceh: Ar-Raniry Press, 2020.

Anggarini, Fina Surya. “PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MASYARAKAT MULTIKULTURAL.†Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 2 (31 Desember 2019). doi:10.24235/tarbawi.v4i2.5219.

Araniri, Nuruddin. “PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN SIKAP KEBERAGAMAAN YANG TOLERAN.†Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 6, no. 1, March (31 Maret 2020): 54–65. doi:10.31943/jurnal_risalah.v6i1.

Boty, Middya. “MASYARAKAT MULTIKULTURAL.†Jurnal Studi Agama 1, no. 2 (2017): 28–44. doi:10.19109/jsa.v1i2.2405.

Budiyati, Utami. “PENGEMBANGAN KEILMUAN PAI DENGAN PENDEKATAN SOSIOLOGI.†Al-Athfal 3, no. 2 (21 Desember 2022): 154–66. doi:10.58410/al-athfal.v3i2.529.

Creswell, John W., dan J. David Creswell. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. London: SAGE Publications, 2017.

Farihah, Irzum. “AGAMA MENURUT IBN KHALDUN.†FIKRAH 2, no. 1 (27 Juni 2014). doi:10.21043/fikrah.v2i1.554.

Ghazali, Adeng Muchtar. “Toleransi Beragama Dan Kerukunan Dalam Perspektif Islam.†Religious: Jurnal Studi Agama-Agama Dan Lintas Budaya 1, no. 1 (22 September 2016): 25–40. doi:10.15575/rjsalb.v1i1.1360.

Haris, Herdiansyah. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta Selatan: Penerbit Salemba Humanika, 2012.

Ida, Zahara adibah. “PENDEKATAN SOSIOLOGIS DALAM STUDI ISLAM.†PENDEKATAN SOSIOLOGIS DALAM STUDI ISLAM 1, no. 1 (Juni 2017): 1–20.

Ira, Maulana. “Urgensi Pendekatan Sosiologis Dalam Studi Islam.†Journal of Legal and Cultural Analytics 1, no. 2 (22 Agustus 2022): 89–98. doi:10.55927/jlca.v1i2.916.

Jannah, Yeni Prihatin Miftahul, Ainun Suci Qur’ani, Ummi Mufida, Imroatus Sa’adah, dan Zulfi Mubaraq. “Implications Of The Sociological Approach In Islamic Education In Indonesia.†TARLIM : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 5, no. 2 (28 November 2022): 197–208. doi:10.32528/tarlim.v5i2.8849.

Lubis, Prof Dr H. M. Ridwan. Sosiologi Agama: Memahami Perkembangan Agama dalam Interaksi Islam. Jakarta: Kencana, 2017.

Nurcholish, Ahmad. “ISLAM DAN PENDIDIKAN PERDAMAIAN.†AL - IBRAH 3, no. 2 (31 Desember 2018): 115–44.

Syamsuddin, Akbar. “KONFLIK SOSIAL DALAM PERSPEKTIF SOSIOLOGI AGAMA.†Al-Din: Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan 6, no. 1 (30 Juni 2020). doi:10.35673/ajdsk.v6i1.865.

Tobroni, Tobroni, Isomudin Isomudin, dan Asrori Asrori. “Kajian Pendidikan Agama Islam Dalam Perspektif Sosiologi dan Antropologi.†TADARUS 10, no. 2 (25 Oktober 2021). doi:http://dx.doi.org/10.30651/td.v10i2.12210.

Zainuddin, M. “Haji dan Status Sosial: Studi tentang Simbol Agama di Kalangan Masyarakat Muslim.†el Harakah: Jurnal Budaya Islam 15, no. 2 (30 Desember 2013): 169–84. doi:10.18860/el.v15i2.2764.

Downloads

Published

2023-07-27

Issue

Section

Articles

Citation Check