Reinterpretasi Metode Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam: Optimalisasi Implementasi dalam Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah

Nurul Istiqomah, Lisdawati Lisdawati, Adiyono Adiyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mereinterpretasi metode pembelajaran sejarah kebudayaan Islam dan mengoptimalisasi implementasinya dalam Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah. Sejarah kebudayaan Islam merupakan bagian penting dari pendidikan agama dan budaya di Madrasah Aliyah, yang memberikan pemahaman mendalam tentang warisan budaya yang kaya dan nilai-nilai keagamaan yang mendasari peradaban Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan eksploratif untuk menggali potensi inovasi dalam metode pembelajaran sejarah kebudayaan Islam. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara dengan guru sejarah dan pihak terkait di Madrasah Aliyah, observasi kelas, serta analisis dokumen terkait kurikulum dan materi ajar yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah saat ini perlu direinterpretasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan menarik minat siswa. Dalam konteks Kurikulum 2013, penelitian ini mengusulkan pendekatan yang lebih interaktif, inklusif, dan aplikatif, dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, serta sumber daya budaya lokal sebagai sarana pengajaran.


Keywords


Reinterpretasi, Metode Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam, Kurikulum 2013, Implementasi.

Full Text:

PDF

References


Adiyono, A., & Astuti, H. (2022). Processing Of Education Assessment Results In The Evaluation Of Learning Outcomes. Salwatuna: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 50-59.

Adiyono, A., & Pratiwi, W. (2021). Teachers' Efforts in Improving the Quality of Islamic Religious Education. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(4), 12302-12313. https://doi.org/10.33258/birci.v4i4.3294

Adiyono, A., & Rohimah, N. (2021). Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam Di MTs Negeri 1 Paser. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(5), 867-876.

Adiyono, A., Agnia, A. S., & Maulidah, T. (2023). Strategi Manajemen Kurikulum dan Metode Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MTs Nashirul As’ adiyah Pepara Tanah Grogot. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 124-130. https://doi.org/10.19109/elidare.v9i1.18216

Adiyono, A., Fadhilatunnisa, A., Rahmat, N. A., & Munawarroh, N. (2022). Skills of Islamic Religious Education Teachers in Class Management. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 6(1), 104-115. https://doi.org/10.35723/ajie.v6i1.229

Adiyono, A., Rusdi, M., & Sara, Y. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam: Peningkatan Hermeneutika Materi Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 458-464. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1048

Adiyono, A., Umami, F., & Rahayu, A. P. (2023, May). The Application of the Team Game Tournament (TGT) Learning Model in Increasing Student Interest in Learning. In Proceeding of International Conference on Education, Society and Humanity (Vol. 1, No. 1, pp. 791-799).

Aini, Q. (2023). Implementation of an Independent Curriculum in Supporting Students' Freedom to Create and Learn. Journal of Scientific Research, Education, and Technology (JSRET), 2(3), 999-1008. . https://doi.org/10.58526/jsret.v2i3.187

Akbar, A., & Mustaqim, M. (2018). The Effect of Role Playing Method on Islamic Education Learning Achievement of 5th-grade Elementary School Students. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 19-31.

Al Rashid, B. H., Sara, Y., & Adiyono, A. (2023). Implementation Of Education Management With Learning Media In Era 4.0. International Journal of Humanities, Social Sciences and Business (INJOSS), 2(1), 48-56.

Ansyar, M. (2017). Kurikulum: Hakikat, Fondasi, Desain dan Pengembangan. Prenada Media.

Aprianti, K. (2023). BAB 5 STRATEGI PEMBELAJARAN INOVATIF. Inovasi Teknologi Pembelajaran, 49.

Assingkily, M. S., Fauzi, M. R., Hardiyati, M., & Saktiani, S. (2021). Desain Pembelajaran Tematik Integratif Jenjang MI/SD (Dari Konvensional Menuju Kontekstual yang Fungsional). Penerbit K-Media.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.

Departemen Agama RI. (2013). Kurikulum 2013 Madrasah Aliyah. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.

Halimah, N., & Adiyono, A. (2022). Unsur-Unsur Penting Penilaian Objek Dalam Evaluasi Hasil Belajar. EDUCATIONAL JOURNAL: General and Specific Research, 2(1), 160-167.

Hidayat, R., & Wijaya, C. (2016). Ilmu pendidikan Islam: menuntun arah pendidikan Islam di Indonesia. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.

Huda, S., & Adiyono, A. (2023). INOVASI PEMGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN PESANTREN DI ERA DIGITAL. ENTINAS: Jurnal Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 371-387.

Jannah, S. M. (2021). Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Buku Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Smk Kelas Xi Kurikulum 2013 (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Johnson, B., & Christensen, L. (2014). Educational Research: Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches. Sage Publications.

Julaiha, J., Jumrah, S., & Adiyono, A. (2023). Pengelolaan Administrasi Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Madrasah. Journal on Education, 5(2), 3108-3113.

Mardhatillah, A., Fitriani, E. N., Ma’rifah, S., & Adiyono, A. (2022). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sma Muhammadiyah Tanah Grogot. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kearifan Lokal, 2(1), 1-17.

Marzuqi, A., Wijaya, A., & Wibawa, S. C. (2017). The Use of Interactive Multimedia in Islamic Education. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 4(2), 223-232.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2019). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Sage Publications.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT Remaja Rosdakarya.

Mubarok, H. (2016). The Use of Role Play in Teaching Speaking of Descriptive Texts for Grade VII Students of SMP Al-Furqon Sukodono Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 5(1), 32-39.

Musri, N. A., & Adiyono, A. (2023). Kompetensi Guru Mata Pelajaran Fiqih dalam Meningkatkan Keunikan Belajar. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 33-42. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2203

Nasution, S. (2015). Metode Research (Penelitian Ilmiah). PT Bumi Aksara.

Pusat Kurikulum dan Perbukuan. (2014). Panduan Pengembangan Materi Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rahayuningtias, Z. D. (2021). Penerapan Model Pengembangan Kurikulum PAI SMA Negeri 1 Batu Engau. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 72-80.

Rohmawati, O., Poniyah, P., & Adiyono, A. (2023). Implementasi Supervisi Pendidikan Sebagai Sarana Peningkatan Kinerja Guru Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(3), 108-119.

Saraya, A., Mardhatillah, A., & Fitriani, E. N. (2023). Educational Supervision of The Efforts Made Madrasah Family in Mts Al-Ihsan in Increasing The Professionalism of Teachers Teacher Professionalism. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 17(1), 16-29. https://doi.org/10.30957/cendekia.v17i1.815

Sarnoto, A. Z. (2017). Sumber Daya Manusia Dalam Pendidikan Islam. Madani Institute: Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial, Dan Buadaya, 6(2).

Suharsimi, A. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Rineka Cipta.

Syarifuddin, K. (2018). Inovasi Baru Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Deepublish.

Tondeur, J., van Braak, J., Ertmer, P. A., & Ottenbreit-Leftwich, A. (2017). Understanding the Relationship Between Teachers' Pedagogical Beliefs and Technology Use in Education: A Systematic Review of Qualitative Evidence. Educational Technology Research and Development, 65(3), 555-575. https://doi.org/10.1007/s11423-016-9481-2

Wati, F., Kabariah, S., & Adiyono, A. (2022). Penerapan Model-Model Pengembangan Kurikulum Di Sekolah. Adiba: Journal Of Education, 2(4), 627-635.

Wati, F., Kabariah, S., & Adiyono, A. (2023). SUBJEK DAN OBJEK EVALUASI PENDIDIKAN DI SEKOLAH/MADRASAH TERHADAP PERKEMBANGAN REVOLUSI INDUSTRI 5.0. JURNAL PENDIDIKAN DAN KEGURUAN, 1(5), 384-399.

Wati, W. C. (2022). Analisis Standar Hasil Evaluasi Melalui Proses Belajar. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 170-176. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v2i2.815

Widiyatmoko, A. (2017). The Role of Role Play on the Students' Speaking Ability of the Eighth Grade Students of SMP 2 Mlati Yogyakarta. English Review: Journal of English Education, 5(2), 111-122.




DOI: https://doi.org/10.24256/iqro.v6i1.4084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright CC-BY- SA.

Creative Commons License

IQRO: Journal of Islamic Education, p-ISSN:2622-2671 and e-ISSN: 2622-3201

 

My Stats