KONSTRUBUSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS AKHLAK SISWA SMA NEGERI 1 PALOPO
DOI:
https://doi.org/10.24256/iqro.v1i2.501Keywords:
Teacher's Contributions, Islamic Education, MoralsAbstract
References
Al-Abrasy, Moh. Athiyah. Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta: Rosdakarya, 1970.
Ali, Mohammad. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa, 1993.
Amin, Ahmad, Ilmu Akhlak. Bandung: Toha Putra, 1999.
Anis,Ibrahim,Al-Mu’jam Al-Wasit. Mesir: Darul Maarif, 1972.
An-Nahlawy,Abdurrahman,Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat. Jakarta: Gema Insani Press, 1996.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Praktek. Jakarta: RinekaCipta, 1996.
Asmani, Jamal Ma’mur. Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif. Cet.I; Jogjakarta: Diva Press, 2009.
Azra, Azyumardi, Pendidikan Agama Islam. cet. III: September 2002.
Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1996.
____________, Membina Nilai-Nilai Moral di Indonesia. Jakarta: Bulan Bintang, 1995
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya. Semarang: Toha Putra, 1999.
____________, Pedoman Pengembangan Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, 1995.
Emile, Durkheim. Moral Education, diterjemahkan oleh Lukas Ginting “Pendidikan Moral, Suatu Teoridan Aplikasi Sosiologi Pendidikanâ€. Jakarta: Erlangga, 1990.
Jalaluddin, Psikologi Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1998.
Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Keguruan. Cet. I; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.
Langgulung,Hasan.Manusia dan pendidikan Suatu Analisis Psikologi dan Pendidikan. Jakarta: Pusat al-Husna, 1986.
Langgulung,Hasan.Asas-asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husna Baru, 2008.
M. Arifin. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2003.
Majid, Abdul dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset, 004.
Marimba, Ahmad D., Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: PT. Al-Maarif, 1999.
Nasution, S. Metode Research. (Penelitian Ilmiah). Cet. X; Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Nata, Abuddin, Akhlak Tasawuf. Cet. IV; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002.
Poerbakawatja, Soegarda. Ensiklopedi Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung, 1998.
Republik Indonesia. “Undang-Undang RI Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintah Daerah,†dalam Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Otonomi Daerah 2008. Cet. I; Jakarta: Citra Wacana, 2008.
Semi, Atar, Sopan Santun Berbicara dan Menyimak. Bandung: Titian Ilmu, 1998.
Shihab, Quraih. Wawasan Al-Qur’an. Bandung; Mizan, 1996.
Sujanto,Bedjo.Manajemen Berbasis Sekolah; Model Pengelolaan Sekolah di Era Otonomi Daerah. Cet. I; Jakarta: Sagung Seto, 2007.
Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Cet. V; Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Sukmadinata,Nana Syaodih.Pengembangan Kurikulum; Teori dan Praktek. Cet. X; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
Tatapangsara, Humaidi, Akhlak Yang Mulia. Suarabaya: PT. Bina Ilmu, 1998.
Tilaar, H.A.R. Standarisasi Pendidikan Nasional; Suatu Tinjauan Kritis. Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Undang-Undang No. 20 Tentang.Sistem Pendidikan Nasional. Cet.III; Jakarta: PT. Sinar Grafika, 2006.
Yamin,Martinis.Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia.Cet.III; Jakarta : Gaung Persada Press Jakarta; 2009.
Yunus, Mahmud.Kamus Arab Indonesia. Jakarta: Yayasan Penterjemahan al-Qur’an, t.th.
Zahruddin dan Hasanuddin Sinaga, Pengantar Studi akhlak. Jakarta: Raja Grafindo, 2004.