Pengembangan Aplikasi Belajar Ayo Bertaubat (ABT) Pada Muatan Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas X Di MAN Palopo

Authors

  • Fahrani Adelia Putri Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Rifanisa Muchtar Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Neta Maharani Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Madinah Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/iqro.v7i1.5049

Keywords:

Aplikasi Pembelajaran, Ayo Bertaubat (ABT), Akidah Akhlak.

Abstract

Pengembangan aplikasi pembelajaran "Ayo Bertaubat (ABT)" berbantuan Canva dan Smart Apps Creator (SAC) untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas X pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN Palopo. Aplikasi ABT dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang mencakup tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil validasi ahli media menunjukkan persentase kevalidan sebesar 100% dengan kategori “Sangat Valid”, sedangkan validasi ahli materi memperoleh persentase kevalidan sebesar 92,56% dengan kategori “Sangat Valid”. Uji coba pada 24 siswa kelas XE di MAN Palopo juga menunjukkan hasil yang sangat positif dengan persentase kevalidan sebesar 86% dalam kategori “Sangat Valid”. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi ABT yang dikembangkan layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran Akidah Akhlak.

References

Abdurrochim, Putri Laisya, Yuniar Khairunnisa, Mughni Nurani, dan Ani Nur Aeni. “Pengembangan Aplikasi BEAT (Belajar Asyik Tentang) Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (10 April 2022): 3972–81. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2749.

Hapsari, Gita Permata Puspita, dan Zulherman Zulherman. “Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa.” Jurnal Basicedu 5, no. 4 (27 Juli 2021): 2384–94. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237.

Junaedi, Sony. “Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas Mahasiswa Pada Mata Kuliah English For Information Communication And Technology.” Bangun Rekaprima 7, no. 2 (1 Oktober 2021): 80–89. https://doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v7i2.3000.

Kertati, Indra, Triana susanti, Mas’ud Muhammadiah, Efitra, Adelia Alfama Zamista, Arief Aulia Rahman, Okma Yendri, dkk. Model & Metode Pembelajaran Inovatif Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

“Lampiran 1 Rekapitulasi Hasil Wawancara Guru,” t.t.

“Lampiran 2 Rekapitulasi Hasil Pengisian Kuesioner Siswa Kelas X E,” t.t.

Nurjannah, Eka, Masudi Masudi, Baryanto Baryanto, Deriwanto Deriwanto, dan Asri Karolina. “Strategi Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa.” Journal of Education and Instruction (JOEAI) 3, no. 2 (2 Desember 2020): 159–71. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i2.1381.

Rizal, Ahmad Saiful. “Inovasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Era Digital.” Attanwir : Jurnal Keislaman Dan Pendidikan 14, no. 1 (29 Maret 2023): 11–28. https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v14i1.329.

Sagala, Ronal, dan Malani Simanungkalit. “Increased Interest in Learning Through Smart Apps Creator.” EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 3, no. 3 (24 November 2022): 845–50.

Siswanto, Heru. “Strategi Pembelajaran Di Era Digital : Tantangan Profesonalisme Guru Di Era Digital.” Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, no. 1 (26 Maret 2020): 51–57.

Downloads

Published

2024-07-02

Issue

Section

Articles

Citation Check