Nalar Maslahat Dalam Kebijakan Zonasi Dan Penguatan Pendidikan Karakter

Firman Muhammad Arif

Abstract


Zoning Policy and Character Education Strengthening  are government policies in the education sector. Zoning policy aims at efforts to restore national education and strengthen character   education   aimed   at   developing   religious   values   which   then   accelerate   the strengthening of individual character so that they are able to control themselves and develop noble character in society and nationhood. Mass  reasoning  contained  in  the  qawa'id fiqhiyyah and  usul al-fiqh is  used  as  an instrument  to  measure the  weight  of maslahat  contained in government  education  policies. Zoning policies and strengthening character education are considered as media to achieve goals. The mass content  contained  in the  zoning policy shows maximum weight  than  the mafsadah (something bad or potentially bad). National education arrangement that prioritizes citizenship character has triggered the government to issue a policy to strengthen  character education with the maslahat (something good, potentially good) weight with consideration of the sociological, cultural and political aspects of the local government. The manifestation  of strengthening character education is full day school allowing it to be applied in urban school areas and vice versa will increase the heavy burden of parents and students in various schools in rural areas so that full day school is not forced but chosen.


Keywords


Dinamika Pendidikan; Substansi Maslahat; Bobot Maslahat; Nilai Maslahat.

Full Text:

PDF

References


Arizany, Aan. Berkaca pada Konsep Pendidikan Bapak Bangsa, Koran Seruya pada Rubrik Opini tanggal 24 Juli 2016.

Albuhaniyyah, Abdullah bin Salih bin Muhammad. al Tatbiqat al Tarbawiyyah li Ahammi al Qawa‟id al Fiqhiyyah al Kubra. Riyad: al-Saud University, 2007 M/1428 H.

Abdu al Salam, Izz al Din bin. Qawa‟id al AHkam fi Masalih al Anaam (al Qahirah: Dar al Istiqamah, 1980.

al Utsaimin, Muhammad bin Salih. al Qawa‟id al Fiqhiyyah (al Iskandariyyah: Dar al Basirah, 1422 H.

Abdullah, Mujiono. Dialektika Hukum Islam dan Perubahan Sosial , Sebuah Refleksi Sosiologis atas Pemikiran Ibnu Qayyim al Jauziyyah. Cet. I; Surakarta: Muhammadiyah University Press, 2003.

al Khallaf, ‘Abd al-Wahab. al-Siyasah al Syar‟iyyah. al-Qahirah: Dar al Ansar, 1977 M

Althoff, Michael Rush Philip. An Introduction to Political Sociology, dialihbahasakan oleh Kartini Kartoni dengan judul: Pengantar Sosiologi Politik. Cet. X; Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2003.

al-Subki, Imam Tajuddin ‘Abd. Al-Wahab. al-Asybah wa al-Naza‟ir. Cet. I; Beirut: Dar al Kutub al Ilmiyyah, 1399 H/1979 M.

al Salam, Izzuddin bin ‘Abd Qawa‟id al-Ahkam fi Masalih al Anam Juz I. t.t.: Dar al Jail, 1980. Al-Ghazali. al-Mustasfa min „Ilmi al Usul (Mesir: t.pn. tt.

as Said, Muhammad. Filsafat Pendidikan Islam. Cet. I; Jakarta; Mitra Pustaka, 2011.

al-Marsudi, Subandi. Pancasila dan UUD‟45 dalam Paradigma Reformasi. Cet. II; Jakarta; RajaGrafindo Persada, 2001.

Afandy, Susianah. Polemik Sistem Zonasi PPDB di Sekolah, Narasumber dan Komisioner KPAI Bidang Pendidikan di Berita Satu TV, tanggal 11 Juli 2018.

al Salam, Abu Muhammad Izz al Din Abdu al Aziz ibnu Abdi. Qawa‟id al Ahkam fi Masalih al Anaam Juz I. Mesir: al Istiqamah, t.th.

Asrori. Perkembangan Peserta Didik Pengembangan Kompetensi Pedagogis Guru. Cet. I; Yogyakarta: Media Akademia, 2015.

al Zuhailiy, Muhammad Mustafa. al-Qawa‟id al Fiqhiyyah wa Tatbiqatuha ala al Mazahib al„Arba‟ah Juz II. Dimasyq: Dar al Fikr, 2006 M/1427 H.

Abdu al Baqi, Zadeh Fu’ad. Fathu al Rahman li Talib al Qur‟an. Cet. I; Beirut: Dar al Ilmi, 1323 H.

al Bukhari, Muhammad bin Ismail. Sahih al Bukhari Jilid VII, Kitab al Adab Bab tentang Mendekap dan Merangkul Anak (Beirut: Dar al Kutub al Ilmiyyah, t.th, Hadis Nomor 6003.

al Buhaniyah, ‘Abdullah bin Salih bin Muhammad. al Tatbiqat al Tarbawiyyah li Ahammi al Qawa‟id al Fiqhiyyah al Kubra. Saudi: al Imam Muhammad bin Saud al Islamiyyah University, 2007 M/1428 H

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2000.

Bakr bin Abdullah Zaid, al Qawa‟id al Fiqhiyyah al Mustakhrajah min Kitab I‟lam al Muwaqqi‟in li Al Allamah Ibnu al Qayyim al Jauziyyah. Dimasyq: Dar Ibnu ‘Affan, 2000 M.

B. Hallaq, Wael. A History of Islamic Legal Theories, diterjemahkan oleh Kusnadiningrat dan Abdul Haris dengan judul: Sejarah Teori Hukum Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2000

Daradjat, Zakiah. Kepribadian Guru. Jakarta: Bulan Bintang, 2000.

Djazuli. Kaidah-Kaidah Fikih, Kaidah-Kaidah Hukum Islam dalam Menyelsaikan Masalah- masalah yang Praktis. Cet. III; Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006.

Daulay, Haidar Putra. Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Cet. I; Jakarta: Prenada Media, 2004.

Effendy, Muhadjir. Polemik Sistem Zonasi PPDB di Sekolah, Narasumber dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Masa Pemerintahan Jokowi – Jusuf Kalla di Berita Satu TV, tanggal 11 Juli 2018

H. M. Asrori. Perkembangan Peserta Didik Pengembangan Kompetensi Pedagogis Guru. Cet. I; Yogyakarta: Media Akademi, 2015.

Hayati. Pentingnya Peran Keluarga dan Masyarakat pada Pendidikan Anak di Sekolah, diakses via kompasiana.com pada tanggal 18 Februari 2019.

Hamzah, Fahri. Full Day Sekolah Meminimalisir Anak Kecanduan Gadget, diakses merdeka.com pada tanggal 7 Maret 2019.

Ibrahim, Ahmad Syauqi. al Ma‟arif al Tibbiyyah fi Daw‟I al Qur‟an wa al Sunnah Juz I. Cet. I; al Qahirah: Dar al Fikr al ‘Arabiy, 2002 M/1423 H.

Idrus, Achmad Musyahid. Perkembangan Penalaran Filosofis Hukum Islam. Cet. I; Makassar: Alaluddin University Press, 2013.

Idrus, Nurul Ilmi. Gaduh Zonasi, Sumber Koran Harian Pagi Fajar Makassar pada Rubrik Opini tanggal 17 Juli 2018.

Imran, Ali. Implementasi Kebijakan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Irawan,Adriansyah. Mulai Pendidikan dari Keluarga, Opini dipublikasi di Palopo Pos tanggal 10 Juli 2018

Jessica. Negara-negara Maju dan SIstem Pendidikan yang Diterapkan, diakses educenter.id. pada tanggal 21 Februari 2019.

Jalaluddin. Filsafat Pendidikan Islam: Telaah Sejarah dan Pemikirannya. Cet. II; Jakarta: Kalam Mulia, 2011

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 14 Tahun 2018 Pasal 3, Kemendikbud RI, 2018.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter, diakses cerdasberkarakter.kemendikbud.go.id pada tanggal 9 Maret 2019.

Karman, Thamrin. Menakar Sistem Zonasi, sebagai Narasumber dan Sesditjen Dikdasmen Kemendikbud RI pada Kompas TV 21 Mei 2018. Koesoema, Doni. Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, presentasi makalah dalam pertemuan nasional MNKP di Malang 6 Oktober 2017.

al Khadmi, Nur al Din Mukhtar. Qawa‟id Fiqhiyyah Tunis: Zaytunah University, 2007

Listyarti, Retno. Kisruh dan Polemik Kebijakan Zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru, Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia Bidang Pendidikan, Sumber Kompas TV dalam acara Sapa Malam Indonesia, Juli 2018.

Moh. Sabri AR. Mewaspadai Gejala Anti Intelektualisme, Koran Harian Pagi Fajar Makassar pada Rubrik Semesta Tanda, tanggal 23 Februari 2018.

Muchtar, Heri Jauhari. Fikih Pendidikan. Cet. III; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Mubarok, Jaih. Kaidah Fiqh - Sejarah dan Kaidah Asasi. Cet. I; Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2002.

Massardi, Yudhistira. Polemik Sistem Zonasi dalam PPDB, sebagai Narasumber dan Pemerhati Pendidikan EDUSPEC Indonesia di Berita Satu TV, tanggal 11 Juli 2018.

Mujahidin. Pelibatan Masyarakat untuk Pembelajaran Bermutu, Opini dipublikasi di Harian Palopo Pos, tanggal 2 Mei 2016

Mahmud, Tariq Ra’uf. al Ummu Madrasatu Iza A‟dadtaha – A‟dadta Sya‟ban Tayyiba al A‟raq. Diakses dari artikel yang bersumber dari kitabat@kitabat.com pada tanggal 22 Maret 2019.

M. Thalib. 25 Asas Islami Mendidik Anak. Bandung: Irsyad Baitu al Salam, 2001.. Muchtar, Heri Jauhari. Fikih Pendidikan (Cet. II; Bandung: Remaja Rosda Karya, 2012.

Manisi, Samiyah. al Ummu Madrasatun U‟la, Makalah diakses dari alukah.net pada tanggal 22 Maret 2019.

Nursalam. Guru dan Peradaban Pendidikan Indonesia, Opini harian Pagi Surat Kabar Fajar tanggal 1 Maret 2017.

Nasurung, M. Fadlan L. Belajar dari Pesantren, Opini Koran Fajar Harian Pagi Makassar terbit 29 Desember 2018.

Olivia, Firda. Lima Kebijakan Pendidikan yang Pernah Jadi Kontroversi, diakses dari sumber brilio.net pada tanggal 16 Maret 2019.

Pera, Dalasari. Menilai Pendidikan Karakter, Opini Harian Pagi Fajar Makassar terbit tanggal 13 Oktober 2018,

Presiden RI. Peraturan Presiden No, 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pasal 9 ayat 1-3, Jakarta: Lembaran Negara RI, September 2017.

Qomar, Mujamil. Kesadaran Pendidikan Sebuah Penentu Keberhasilan Pendidikan. Cet. I; Jogjakarta: Ar Ruzz Media, 2012.

Raper, Jan Hendrik. Pengantar Logika Asas-asas Penalaran Sistematis. Yogyakarta: Kanisius,2016.

Republik Indonesia, Undang-Undang Ri Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab II Pasal 2.

Rahardjo, Dawam. Ensiklopedi Al-Qur‟an Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-konsep Kunci. Cet.I; Jakarta: Paramadina, 1996.

Rifa’I, Muhammad. Sosiologi Pendidikan Struktur dan Interaksi Sosial di dalam Institusi Pendidikan. Cet. I; Jogjakarta: Ar Ruzz Media, 2011.

Syarifuddin, Amir. Garis-garis Besar Fiqh. Cet. I; Jakarta: Prenada Media, 2003..

Sutrisno. Integrasi Keilmuan di Era Rovulsi Industri 4.0, Makalah disampaikan pada Kuliah Umum dalam Pembukaan Kuliah Semester Genap 2018-2019 di IAIN Palopo, 20 Februari 2019.

Salih, Fauzi Usman. al Qawa‟id wa al Dawabit al Fiqhiyyah wa Tatbiqatiha fi al Siyasah al Syar‟iyyah. Riyad: Dar al ‘Asimah, 2011.

Suprananto, Kusaeri. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Cet. II; Yogyakarta: Graha Ilmu, 2016.

Suriasumantri, Jujun S. Ilmu dalam Perspektif Sebuah Kumpulan Karangan tentang Hakekat Ilmu. Cet. XIV; Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1999.

Soerapto. Cita Negara Pancasila, Dmokrasi dan Hak Asasi Manusia. Jakarta: FH-UI, Dokumentasi Presentasi Makalah Seminar Sehari 26 Januari 1995.

Saroni, Mohammad. Pendidikan untuk Orang Miskin Membuka Kran Keadilan dalam Kesempatan Berpendidikan. Cet. I; Jogjakarta: Ar Ruzz Media, 2013.

Suryowati, Estu. Tiga Kebijakan di Bidang Pendidikan yang Dikritik oleh Federasi Serikat Guru, Sumber nasional.kompas.com diakses pada 21 Februari 2019.

Setiawan, Hendro. Manusia Utuh Sebuah Kajian Atas Pemikiran Abraham Maslow. Cet. IV: Yogyakarta: Kanisius, 2014..

Situmorang, Ridwan. Mendukung Kebijakan Zonasi, Opin di Harian Pagi Surakt Kabar Palopo Pos pada tanggal 9 Juli 2018.

Suhadi, Octen. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) untuk Guru dan Siswa SMA/MA. Cet. I; Jakarta Erlangga, 2018.

Supriatin dan Rizki Andwika. Jokowi Teken Perpres Pengganti Peraturan Full Day School, diakses merdeka.com pada tanggal 7 Maret 2019.

Syuhud, Marsudi. Full Day School dikhawatirkan “matikan†Madrasah Diniyyah, diakses merdeka.com pada tanggal 7 Maret 2019.

Tim Liputan6. Nawacita Pemerintah Jokowi-JK Terkait Pendidikan, diakses liputan6.com tanggal 21 Februari 2019.

W. Leigh, Ronal. Effective Christian Ministry, diterjemahkan oleh Stephen Suleeman dengan judul: Melayani dengan Efektif. Cet. VII; Jakarta: Gunung Mulia, 2007..

Zaid, Bakr bin Abdullah. al Qawa‟id al Fiqhiyyah al Mustakhrajah min Kitab I‟lam al Muwaqqi‟in li Al Allamah Ibnu al Qayyim al Jauziyyah. Dimasyq: Dar Ibnu ‘Affan, 2000 M.

Zaid, Bakr bin Abdullah. al Qawa‟id al Fiqhiyyah al Mustakhrajah min Kitab I‟lam al Muwaqqi‟in li Al Allamah Ibnu al Qayyim al Jauziyyah. Dimasyq: Dar Ibnu ‘Affan, 2000 M.




DOI: https://doi.org/10.24256/iqro.v2i1.848

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright CC-BY- SA.

Creative Commons License

IQRO: Journal of Islamic Education, p-ISSN:2622-2671 and e-ISSN: 2622-3201

 

My Stats