AKTUALISASI KERJASAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.24256/kelola.v7i2.3031Keywords:
Kerjasama, Orang Tua, Guru, Blended LearningAbstract
Tujuan dari studi ini adalah: 1) mendeskripsikan bentuk kerja sama orang tua dan guru dalam  pembelajaran Blended Learning,  2) mengetahui faktor yang mempengaruhi kerja sama orang tua dan guru dalam pembelajaran Blended Learning 3) mengetahui dampak kerjasama orang tua dan guru dalam peningkatan proses pembelajaran Blended Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru dan orang tua peserta didik SMP Negeri 1 Tomoni. Dalam pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Temuan penelitian ini menyarankan bahwa: 1) Penyediaan fasilitas dan aplikasi pembelajaran, pendampingan dan monitoring dalam pembelajaran merupakan bentuk utama kerjasama antara pengajar dan orang tua dalam meningkatkan hasil belajar siswa. 2) Kesiapan pengajar, siswa, dan orang tua, serta komunikasi antara guru dan orang tua, merupakan faktor yang mempengaruhi kerjasama orang tua dan guru dalam proses pembelajaran Blended Learning. 3) Karena orang tua mengawasi anak-anak mereka, kemitraan guru dan orang tua dalam pembelajaran campuran menghasilkan hasil belajar yang lebih baik. Orang tua bangga dengan anaknya karena bisa belajar sendiri dan disiplin dalam menyelesaikan tugas yang diberikan guru. Selain itu, orang tua memiliki pengaruh langsung terhadap keyakinan agama anak-anak mereka.
References
Anggraeni. Penerapan Blended Learnng Berbasis Edmodo Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 9 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 7 (12),1-12.http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/30129/75676579442.
Awaluddin, Satri. Peranan Kemampuan Manajemen Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Kelas terhadap Peningkatan Moral Siswa di Pondok Pesantren Al-Fatah Masamba. Pascasarjana IAIN Palopo, 2015.
Aviyah Evi dan Muhammad Farid. Religiusitas Control Diri dan Kenakalan Remaja. Jurnal, Psikologi Indonesia; Vol, 3, No 2, 2014.
Djamarah, Syaiful Bahri. Strategi Belajar Mengajar. Cet. I. Jakarta; PT. Rineka Cipta, 2010.
Djaelani, Aunu Rofiq. Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif. Majalah Ilmiah Pawiyatan, Vol.XX, No.1 Maret 2013.
Hasil dari Observasi Peneliti di SMP Negeri 1Tomoni Kabupaten Luwu Timur.
Hasan, Iqbal. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta; Bumi Aksara, 2014.
Husein, Mochtar. Peranan Remaja Dalam Pembangunan. Sulawesi Selatan: Bagian proyek Penerangan Bimbingan dan Da’wah/Khutbah Agama Islam propinsi Sulawesi Selatan, 1988/1989.
Ismail. Problematika Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMP Negeri 2 Bastem Kabupaten Luwu. Palopo; Laporan Hasil Penelitian STAIN Palopo, 2011.
Kementerian Agama RI, Al-Qur’an, Tajwid dan Terjemah. Cet. X; Bandung; Penerbit Diponegoro, 2017.
Masnur, Muslich. Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik. Jakarta; Bumi Aksara, 2010.
Muhaimin. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Surabaya; Pustaka Belajar, 2011.
Muhadjir, Noeng. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet. III. Yogyakarta; Rake Sarasin, 2012.
Mulyasa, E. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Cet. I, Bandung; Remaja Rosdakarya, 2013.
Moleong. Penelitian Kualitatif. Bandung; PT. Remaja Rosda Karya, 2010.
Nasir, Sahilun A. Peranan Pendidikan Agama Terhadap Pemecahan Problem Remaja. Cet. I. Jakarta; Kalam Mulia, 2009.
Nasution, Metode Research. Cet. X. Jakarta; Bumi Aksara, 2014.
Nuriani, Riski. Manajemen Kerjasama Antara Kepala Sekolah dan Wali Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar di Madrasah Tsanawiyah Masamba Kabupaten Luwu Utara. Pascasarjana IAIN Palopo, 2017.
Sugiyono. Metodelogi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dan R&D. Bandung; Alfabeta, 2011.
Usman, Husaini. Manajemen: Teori, Praktek dan Riset Pendidikan. Jakarta; Bumi Aksara, 2010.
Yusuf, Syamsu dan A. Jentika Nurihsan. Landasan Bimbingan. Bandung; Remaja Rosdakarya, 2012.