PARADIGMA BARU KEBIJAKAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.24256/kelola.v8i2.3927Keywords:
SNP New Paradigm, SNP Policy, Education QualityAbstract
 The government has issued and evaluated various policies to improve the quality of Indonesian Education. This study aims to analyze various policies and new paradigms of policies related to National Education Standards. The method used in this research is a literature study. The results of the study show that there is a paradigm shift related to policies regarding National Education Standards from those oriented to content standards, then shifted to graduate Competency Standards as an effort to improve the quality of Indonesian education.
References
Raharjo, Sabar Budi, dkk. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Jakarta: Puslitjakdikbud. 2019
Danim, Sudarwan. Visi baru manajemen sekolah dari unit birokrasi hingga institusi akademik. Jakarta: Literasi Bumi. 2008
Usman, Husaini. Manajemen: Teori, Praktik, dan Reset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 2009
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan
Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah.
Risalah Kebijakan No. 5 Tahun 2022. Urgensi Standar Nasional Pendidikan yang Lebih Sederhana dan Berorientasi pada Kualitas Pembelajaran. PSKP Kemendikbud.
https://worldtop20.org/education-database/ (diakses pada 18 Maret 2023).