Tema Kajian Skripsi Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Iain Palopo (Deskripsi Kecenderungan Pilihan Tema-Tema Penelitian Pendidikan)

Nursaeni Nursaeni

Abstract


Penelitian ini bertujuan menggambarkan tema-tema pembahasan skripsi mahasiswa Jurusan Tarbiyah IAIN Palopo, kecenderungan pilihan tema kajian skripsi mahasiswa  Jurusan Tarbiyah  berdasarkan ranking dan persentase  dan kecenderungan pilihan tema kajian skripsi mahasiswa berdasarkan  Program Studi  menurut ranking dan persentase pada tahun 2013 dan tahun 2014. Jenis penelitian adalah analisis isi (content analysis). Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi. Sampel diambil secara acak dan proporsional dari beberapa progam studi (proportionate stratified random sampling) dengan jumlah 267 dari populasi  yang sejumlah 893 dari empat Program Studi. Pengolahan dan analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Secara kualitatif  dimulai dengan kategorisasi jenis tema pada judul-judul skripsi mahasiswa. Analisis kuantitatif dilakukan dengan perhitungan persentase sederhana yang disajikan dengan tabel distribusi frekuensi untuk melihat kecenderungan tema skripsi mahasiswa. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa tema-tema  judul skripsi mahasiswa berada pada  klasifikasi input, proses dan output pendidikan. Kecenderungan tema-tema judul skripsi baik pada tingkat Jurusan Tarbiyah secara keseluruhan, maupun pada tingkat Program Studi (Prodi), persentase dan ranking untuk masing-masing kategori yang sejenis  menunjukkan kecenderungan pada tema-tema yang sama. Kategori input untuk seluruh judul skripsi mahsiswa  jurusan Tabiyah didominasi oleh tema  subyek siswa dan peserta didik dengan persentase mencapai mencapai 45,21 % dari seluruh tema yang sejenis. Pada kategori proses didominasi oleh tema penerapan metode/teknik/strategi/ model/pendekatan pembelajaran dengan  tingkat  persentase sebesar 38,22 %.  sedangkan pada kategori output dominan pada tema prestasi/hasil  belajar siswa dengan persentase sebesar  42,86%.

Keywords


Tema; Skripsi mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Cet. XII; Jakarta: Rineka Cipta,.

Ary, Donald.., at.all., Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Diterjemahkan oleh Arief Furchan. Surabaya: Usaha Nasional Indonesia, judul Asli: Introduction to Research in Education.tt..

Faisal, Sanapiah, 2003. Format-Format Penelitian Sosial, Cet. VI; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,

Kerlinger, Fred N. 1998.Asas-Asas Penelitian Behavioral, Diterjemahkan oleh

Landung R. Simatupang, Yogyakarta: Tiara Wacana, Judul Asli: Foundation of Behavioral Research.

Margono, Metode Penelitian Pendidikan. Cet.I; Jakarta: Rineka Cipta..

Nawawi, Hadari dan Martini, Mimi. 1994.Penelitian Terapan, Cet.I; Yogyakarta: Gadjah Mada University Press,

Nazir, Mohammad, 1998.Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia

Prastowo, Andi. 2011.Memahami Metode-Metode Penelitian, Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis, Cet.I; Yogyakarta: Ar-Ruzz Media,

Sanjaya, Wina. “Tema atau Area Penelitian Pendidikan” Blog Muhammad Fais. Penelitian Tindakan Kelas Dan Model-Model Pembelajaran. Akses 30 Oktober 2015

Sarwono, Jonathan, 2011. Mixed Methods, Cara Menggabung Riset Kuantitatif dan Riset Kualitatif Secara Benar. Cet.I; Jakarta: PT. Elex Media Komutindo.

Setyosari, Punaji, 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan.Cet.I; Jakarta: kencana.

Spradley, James P. Participant Obsevation. United States of America, Holt Rinehart and Winston.

Sudijono, Anas, 2012.Pengantar Statistik Pendidikan. Cet. XXIV; Rajawali Press.

Sugiono. 2002. Statistika Untuk Penelitian. Yogyakarta : Alfabeta,

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan,Cet.VIII; Bandung: Rosdakarya.

Suyanto, Bagong.2011..Metode Penelitian Sosial.Cet.I; Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.24256/kelola.v1i1.429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Office Address:Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Gedung S Lt.2, IAIN Palopo

Creative Commons License

Kelola: Journal of Islamic Education Management. This is an open access article under the Creative Commons - Attribution-ShareAlike 4.0 International license (CC BY-SA 4.0)

Kelola: Journal of Islamic Education Management, p-ISSN: 2548-4052 and e-ISSN: 2685-9939

Â