Pendekatan Problem Posing Berbasis Teori Polya
DOI:
https://doi.org/10.24256/kelola.v2i2.436Keywords:
Problem Posing, Teori Polya, Soal Cerita.Abstract
References
Abrar, Andi Ika Prasasti. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Menerapkan Strategi Kognitif dalam Pemecahan Masalah”, Tesis, Makassar: UNM, 2008.td.
Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Cet. IX; Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009.
Ayusnita. “Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Problem Posing terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Suli”, Sripsi Sarjana, Palopo: Institut Agama Islam Negeri Palopo, 2015.td.
Boediono dan Wayan Koster. Teori dan Aplikasi Statistika dan Probabilitas, Cet. I; Jakarta: PT Remaja Rosdakarya, 2001.
Chairani, Zahra. Problem Posing Dalam Pembelajaran Matematika, Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Banjarmasin, 8 September 2007.
Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Proyek Pengadaan Kitab Suci Al-Qur’an, 1985.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet. IV; Jakarta: Balai Pustaka, 1995.
Embar Widuri, Sri Sayekti. “Meningkatkan Keterampilan Siswa Kelas VIII C SMP 2 Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2006/2007 Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Melalui Penggunaan Langkah Polya”, Sripsi Sarjana, Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2007.
English, Lyn D. Seventh-grade students problem posing from open-ended situations Queensland University of Technology: Centre for Mathematics and Science Education, 1997.
Gunawan, Muhammad Ali. Statistik untuk Penelitian Pendidikan, Cet. I; Yogyakarta: Parama Publishing, 2013.
Hamid, “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Pemecahan Masalah pada Siswa Kelas I NKN A SMK Negeri 3 Palopo”, Nasaruddin, Al-Khawarizmi, Prodi Pendidikan Matematika Jurusan Tarbiyah STAIN Palopo, Vol III, edisi I, Maret 2014.
Hasan, M Iqbal. Pokok-pokok Materi Statistik I: Statistik Deskriptif, Cet I; Jakarta: Bumi Aksara, 2002.
Hutama, Hardita Citra. “Pengaruh Pendekatan Problem Posing terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa”, Skripsi Sarjana, Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 2014.
Leung, Shuk-kwan S. “The Integration of Problem–Posing Research into Mathematics Teaching Case of Prospective and In-service Elementary School Teacher.” http://140.122.140.2/~cyc/mathedu/ me1/me1_2001/sksl.doc (27 April 2015).
Marsigit. Matematika SMP Kelas VIIII, Jakarta: Yudhistira, 2009.
Nasution, S. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar, Cet. XIV; Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010.
Polya, G. How to Solve it: A New Aspect of Mathematical Method (2nd ed), Princenton, NJ: Princenton University Press, 1973.
Riduwan. Dasar-dasar Statistika, Cet X; Bandung: Alfabeta, 2012.
Rusman. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Cet. V; Jakarta: Rajawali Pers, 2014.
S, Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan, Cet. VI; Jakarta: Rineka Cipta, 2007.
Shihab, M Quraish. Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Cet. I, Vol. 15; Jakarta: Lentera Hati, 2002.
Sriyono, et.al. Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA, Cet. I; Semarang: PT Melton Putra, 1992.
Subana, M dan Sudrajat. Dasar-dasar Penelitian Ilmiah, Cet. II; Bandung: Pustaka Setia, 2005.
Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Cet. III; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2001.
Sundayana, Rostina. Statistika Penelitian Pendidikan, Cet. II; Bandung: Alfabeta, 2015.
Supri, Irma. “wawancara” di SMP Negeri 5 Palopo pada tanggal 28 Januari 2016.
Susetyo, Budi. Statistika untuk Analisis Data Penelitian, Cet. I; Bandung: PT Refika Aditama, 2010.
Turmudi dan Sri Harini. Metode Statistika Pendekatan Toeritis dan Aplikatif, Cet. I; Malang: UIN-Malang Press, 2008.
Upu, Hamzah. Problem Posing dan Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika, Bandung: Pustaka Ramadhan, 2003.
Usman, Husaini dan R. purnomo Setiady Akbar. Pengantar Statistika, Cet. II; Yogyakarta: Sinar Grafika Offset, 2000.
Utomo, Yulianto Sri. “Survei Internasional TIMSS.” Official Website Kementerian Pendidikan dan kebudayaan. http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/survei-internasional-timss/12-puspendik (20 Juli 2015).
Wardhani, Sri dan Rumiati. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS, Yogyakarta: Kementerian Pendidikan Nasional; Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjamin Mutu Pendidikan; PPPPTK, 2011.
Wibowo, Sabto. Menyelesaikan SPLDV: Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Cet. I; Yogyakarta: PT Intan Sejati, 2012.