Pendekatan Problem Posing Berbasis Teori Polya

Authors

  • Auli Irfah Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Nur Rahmah Institut Agama Islam Negeri Palopo

DOI:

https://doi.org/10.24256/kelola.v2i2.436

Keywords:

Problem Posing, Teori Polya, Soal Cerita.

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto, yang bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang pendekatan problem posing berbasis teori Polya, kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita, serta pengaruh pendekatan problem posing berbasis teori Polya terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal cerita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Palopo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Palopo yang berjumlah 144 siswa, dengan teknik pengambilan sampel yaitu stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 36 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata persepsi siswa tentang pendekatan problem posing berbasis teori Polya pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Palopo adalah sebesar 60,17 dari skor ideal 70 dengan standar deviasi = 5,359; skor maksimum = 69; dan skor minimum = 49. Sedangkan skor rata-rata kemampuan menyelesaikan soal-soal cerita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Palopo adalah sebesar 82,06 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi = 6,224; skor maksimum = 94; dan skor minimum = 67. Hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan regresi linear sederhana diperoleh bahwa thitung   ttabel (9,634   1,690, dengan   = 0,05), korelasi nilai r sebesar 0,856 menunjukkan korelasi sangat kuat, serta koefisien determinan yaitu sebesar 73,27%. Hal ini menunjukkan bahwa benar terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan problem posing berbasis teori Polya terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal cerita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Palopo.

References

Abrar, Andi Ika Prasasti. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Menerapkan Strategi Kognitif dalam Pemecahan Masalah”, Tesis, Makassar: UNM, 2008.td.

Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Cet. IX; Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009.

Ayusnita. “Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Problem Posing terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Suli”, Sripsi Sarjana, Palopo: Institut Agama Islam Negeri Palopo, 2015.td.

Boediono dan Wayan Koster. Teori dan Aplikasi Statistika dan Probabilitas, Cet. I; Jakarta: PT Remaja Rosdakarya, 2001.

Chairani, Zahra. Problem Posing Dalam Pembelajaran Matematika, Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Banjarmasin, 8 September 2007.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Proyek Pengadaan Kitab Suci Al-Qur’an, 1985.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet. IV; Jakarta: Balai Pustaka, 1995.

Embar Widuri, Sri Sayekti. “Meningkatkan Keterampilan Siswa Kelas VIII C SMP 2 Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2006/2007 Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Melalui Penggunaan Langkah Polya”, Sripsi Sarjana, Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2007.

English, Lyn D. Seventh-grade students problem posing from open-ended situations Queensland University of Technology: Centre for Mathematics and Science Education, 1997.

Gunawan, Muhammad Ali. Statistik untuk Penelitian Pendidikan, Cet. I; Yogyakarta: Parama Publishing, 2013.

Hamid, “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Pemecahan Masalah pada Siswa Kelas I NKN A SMK Negeri 3 Palopo”, Nasaruddin, Al-Khawarizmi, Prodi Pendidikan Matematika Jurusan Tarbiyah STAIN Palopo, Vol III, edisi I, Maret 2014.

Hasan, M Iqbal. Pokok-pokok Materi Statistik I: Statistik Deskriptif, Cet I; Jakarta: Bumi Aksara, 2002.

Hutama, Hardita Citra. “Pengaruh Pendekatan Problem Posing terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa”, Skripsi Sarjana, Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 2014.

Leung, Shuk-kwan S. “The Integration of Problem–Posing Research into Mathematics Teaching Case of Prospective and In-service Elementary School Teacher.” http://140.122.140.2/~cyc/mathedu/ me1/me1_2001/sksl.doc (27 April 2015).

Marsigit. Matematika SMP Kelas VIIII, Jakarta: Yudhistira, 2009.

Nasution, S. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar, Cet. XIV; Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010.

Polya, G. How to Solve it: A New Aspect of Mathematical Method (2nd ed), Princenton, NJ: Princenton University Press, 1973.

Riduwan. Dasar-dasar Statistika, Cet X; Bandung: Alfabeta, 2012.

Rusman. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Cet. V; Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

S, Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan, Cet. VI; Jakarta: Rineka Cipta, 2007.

Shihab, M Quraish. Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Cet. I, Vol. 15; Jakarta: Lentera Hati, 2002.

Sriyono, et.al. Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA, Cet. I; Semarang: PT Melton Putra, 1992.

Subana, M dan Sudrajat. Dasar-dasar Penelitian Ilmiah, Cet. II; Bandung: Pustaka Setia, 2005.

Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Cet. III; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2001.

Sundayana, Rostina. Statistika Penelitian Pendidikan, Cet. II; Bandung: Alfabeta, 2015.

Supri, Irma. “wawancara” di SMP Negeri 5 Palopo pada tanggal 28 Januari 2016.

Susetyo, Budi. Statistika untuk Analisis Data Penelitian, Cet. I; Bandung: PT Refika Aditama, 2010.

Turmudi dan Sri Harini. Metode Statistika Pendekatan Toeritis dan Aplikatif, Cet. I; Malang: UIN-Malang Press, 2008.

Upu, Hamzah. Problem Posing dan Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika, Bandung: Pustaka Ramadhan, 2003.

Usman, Husaini dan R. purnomo Setiady Akbar. Pengantar Statistika, Cet. II; Yogyakarta: Sinar Grafika Offset, 2000.

Utomo, Yulianto Sri. “Survei Internasional TIMSS.” Official Website Kementerian Pendidikan dan kebudayaan. http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/survei-internasional-timss/12-puspendik (20 Juli 2015).

Wardhani, Sri dan Rumiati. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS, Yogyakarta: Kementerian Pendidikan Nasional; Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjamin Mutu Pendidikan; PPPPTK, 2011.

Wibowo, Sabto. Menyelesaikan SPLDV: Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Cet. I; Yogyakarta: PT Intan Sejati, 2012.

Downloads

Published

2017-10-23

Citation Check