Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle Dalam Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.24256/kelola.v2i1.442Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif tipe Inside-Outside Circle (IOC), Hasil Belajar MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan: mengetahui hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle (ioc) dan mengetahui hasil belajar matematika siswa yang tidak diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle (ioc). Selain itu, mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika pada siswa yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle (ioc) dan siswa yang tidak diberi perlakuan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen tipe true experimental design dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Palopo yang terdiri atas 6 (enam) kelas dengan jumlah siswa 217. Pengambilan sampel, yakni dengan cara cluster random sampling. Berdasarkan analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata hasil belajar (post-test) untuk kelas kontrol 77,14, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar (post-test) untuk kelas eksperimen 81,49. Hasil analisis statistik inferensial uji z dengan taraf signifikan 5%, diperoleh nilai = 2,218 dan = 1,645 sehingga (3,59 > 1,645) maka diterima. Artinya terdapat perbedaan hasil belajar matematika pada siswa yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle (ioc) dan siswa yang tidak diberi perlakuan.
References
Alma, Buchari. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta, 2012.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktek. Ed.V. Cet. XIII. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Azwar, Zaifuddina. Reliabilitas dan Validitas.Edisi 4. Jogjakarta: Pustaka Pelajar, 2013.
Budiarti, Cory Eka. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Kelas VIII MTsN Tangerang II Pamulang. Skripsi. Jakarta; UIN Syarif Hidayatullah, 2010.
Danim, Sudarwan. Pengantar Kependidikan Landasan Teori dan 234 Metafora Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2011.
Departemen Agama RI. Al- Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Pelita II, 1978.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cet, X. Jakarta: Balai Pustaka, 1999.
Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 1999.
Dwirahayu, Gelar dan Munasprianto Ramli. Pendekatan Baru dalam Pembelajaran Sains dan Matematika Dasar. Jakarta: IAIN Indonesia Social Equity Project, 2007.
Huda, Miftahul. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan. Cet.I. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2011.
Husain Usman dan Purnomo Setiady Akbar, Pengantar Statistik, Jakarta : Bumi Akasara, 2000.
John M. Echols dan Hasan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 2000.
Margono, S. Penelitian Pendidikan, Cet. II. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Nasution. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Cet. IV. Jakarta: Bumi Aksara, 2001.
Nurhayani, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIIb SMP Muhammadiyah 17 Ciputat Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Jakarta; UIN Syarif Hidayatullah, 2014.
Riduwan, Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2010.
Saliman dan Sudarsono. Kamus Pendidikan Pengajaran dan Umum. Cet. I. Jakarta: Rineka Cipta, 1994.
Solihatin, Etin dan Raharjo. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Subana dan Sudrajat. Dasar – Dasar Penelitian Ilmiah. Cet. II. Bandung: Pustaka Setia, 2005.
Sudjana. Nana. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Sugiyono, Statistika untuk Penelitian. Cet. XII. Bandung: Alfabeta, 2007.
Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan. Cet.1. Jakarta:Bumi Aksara, 2003.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Cet. V. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009
Suprijono, Agus. Kumpulan Metode Pembelajaran Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Surabaya, 2012.
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.
Tim Penyusun Pusat Bahasa. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.
Wardi, dkk. UURI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, peraturan Pemerintah RI Nomor 47 Tahun 2008 Tentang Wajib Belajar. Jogjakarta: