Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Cerita Karangan Menggunakan Media Gambar

Authors

  • Taqwa Taqwa Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Harlina M.Bakri Institut Agama Islam Negeri Palopo

DOI:

https://doi.org/10.24256/kelola.v2i1.443

Keywords:

Menulis Cerita Karangan, Media Gambar

Abstract

Tulisan ini merupakan hasil dari Penelitian Tindakan Kelas ( PTK)  yang menggunakan siklus Perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Masalah utama dalam tulisan ini adalah rendahnya Kemampuan menulis cerita karangan pada siswa kelas V MI DDI I Palopo mata pelajaran Bahasa Indonesia, Penelitian tindakan kelas ini secara umum untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di MI DDI I Palopo dan secara khusus bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V MI DDI I Palopo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V.B MI DDI I Palopo pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 33 orang. yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan materi menulis karangan narasi dan deskripsi. Alat pengumpul data yang digunakan terdiri dari instrumen pembelajaran, evaluasi (tes dan non tes),Dokumentasi, serta observasi untuk mengetahui validasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media gambar hasil belajar siswa setiap siklusnya mengalami perubahan secara signifikan. Secara berturut-turut (berdasarkan siklus (I dan II) hasil belajar Bahasa Indonesia materi pokok menulis cerita karangan siswa kelas V MI DDI I Palopo, diperoleh bahwa rata rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah sebesar 61,48 termaksud dalam kategori belum mencapai nilai KKM dengan jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 16 siswa dengan peresentase 45,45% , dan hasil belajar pada siklus II rata rata diperoleh 77,27 termaksud dalam kategori baik dengan jumlah siswa yang tuntas 30 dengan persentase sekitar 75,75%, disamping itu aktifitas siswa dan aktifitas guru juga mengalami peningkatan dari pertemuan pertama hingga pertemuan terakhir baik dari siklus I maupun siklus II.

References

Abbas Saleh , Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Aktif Di Sekolah Dasar, (Jakarta: Depdiknas,2006) h.127.Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Cet. I ; Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada, 2006.

, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya : Beberapa pokok pikiran Ujung Pandang, Fakultas Tarbiyah IAIN Ujung Pandang, 1997.

Asnawir , H. dan M.Basyiruddin Usman, Media Pembelajaran, Cet. I; Jakarta: Ciputat Pers, Juni 2002.

Djuanda Dadan, Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Komunikatif Dan Menyenangkan, (Jakarta: Depdiknas, 2006) , hal 102.

Donny, Michael.“Penggunaan Media Gambar Dalam Proses Belajar Mengajar,”Blog Agus Ramadhani. http://pendas 2013. blogspot.co.id/2013/01/penggunaan-media-gambar-dalam-proses. html (01 Mei 2016)

Haryadi Dan Zamzani, Peningkatan Ketrampilan Berbahasa, ( Yogyakarta: Depdiknas : 1997) , hal. 78-81

Karyadi Joko,“Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Siswa Kelas III SD Negeri 3 Urutsewu Ampel Boyolali”,(Skripsi-Sebelas Maret:Boyolali, 2010), h.22 ( diakses 01 Mei 2016 )

Khaeruddin, “Ilmu Pendidikan Islam,” Cet.I ; Berkah Utami, 2002.

Gei The Liang , Terampil Mengarang, (Yogyakarta: Andi, 2002)

Maryani T.Permana,“Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menulis Karangan Melalui Penggunaan Media Gambar Seri di Kelas V SDN Cibulan II Desa Cibulan Kecamatan Lemahsugi Kabupaten Majalengka”, (Skripsi-Universitas Pendidikan Indonesia:Majalengka, 2009), h.2. ( diakses 25 April 2016 )

Muhadi,Penelitian Tindakan Kelas Panduan Wajib Bagi Pendidik, Cet.I ; Yogyakarta: Shira Media,2011.

Muslich, Masnur. Melaksanakan PTK itu Mudah, Cet.VI; Jakarta: Bumi Aksara,2012.

Nurdjan, Sukirman , dan Edhy Rustan, Kunci Sukses Berbahasa Indonesia, Palopo, Desember 2010.

Nurjamal , Daeng , et.al. Terampil Berbahasa, Cet.II; Bandung: Bumi Aksara 2011.

Pratiwi Yuni , Bahasa Indonesia, (Yogyakarta: Universitas Terbuka,2007), h.6.

Profil Madrasah Ibtidaiyah, dokumentasi Madrasah Ibtidaiyah MI DDI I Palopo, 22 Agustus 2016.

S. Sardiman, Arief dkk, Media Pendidikan Cet. I ; Jakarta : Rajawali, 1996.

Sanjaya, Wina, Penelitian Tindakan Kelas, (Cet.IV; Bandung: Kencana Prenada Media Group, 2012), h. 53.

Suhertian,A. Piet.,konsep dasar dan teknik supervise pendidikan, (Cet;I Jakarta: Rineka Cipta, 2000), hlm, 60.

Septiani Tika, “Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept SentenceDengan Teknik Pengamatan Objek Langsung Pada Siswa Kelas XA SMA Negeri Wangon Kabupaten Banyumas”,(Skripsi-UNNES:Banyumas,2011), h.25. ( diakses29 April 2016)

Thok, Tugino. “Media Belajar Tempat Berbagi Ilmu dan Pengalaman,” Blog Tugino Thok. http://mastugino.blogspot.co.id/2012/12/menyusun-paragraf-berdasarkan-gambar.html (01 Mei 2016)

Wiyanto, Asul , Terampil Menulis Paragraf, Cet.II; Jakarta: Wacana Pustaka, Juli 2006.

Zulela, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Cet.II; Bandung: PT.Remaja Rosdakarya,2012.

Downloads

Published

2017-04-25

Citation Check