Pengaruh Inteligensi Intrapersonal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Authors

  • Nilam Permatasari Munir Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/kelola.v2i1.446

Keywords:

Learning Outcomes of Mathematics, and Intrapersonal Intelligence

Abstract

The study aims to analyze the descriprition of intrapersonal intelligence toward learning result of mathematics. The study is an ex-post facto which casuality. The populations of the study were 520 grade XI IPA students of SMAN  in Parepare of academic years 2013/2014 with as many as 221 samples. Technique used in selecting the samples was proporsional random sampling. The instrument used for the study were (1) scale of intrapersonal intelligence, (2) test of mathematics learning outcomes. The results of the study indicate that (1) intrapersonal intelligence directly give positif influence toward cognitive learning result of Mathematics (5) intrapersonal intelligence directly give positif influence toward affective learning result of Mathematics.

References

Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. 2010.Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Assesmen. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Anonim. 1999. Jangan Terburu-buru Menjudge Anak Bodoh, (Online) (www.ws.org.1999/xlinks, Diakses 25 Mei 2014)

Bramastyo, Wahyu. 2010. Sekilas Mengenai Kecerdasan Intrapersonal, (Online), (wahyubrastyo.blogdetik.com, Diakses 1 Juni 2014)

Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. PT.Rineka Cipta

Dimyati,& Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Haryanto. 2010. Psikologi Bagi Anak Remaja, Jurnal Psikologi, (Online), (http://belajarpsikologi.com/motivasi-belajar-anak-remaja/, Diakses 27 April 2014)

Hytti, Ulla, Perka, Jarna Heinonen, Jaana Seikkula-Leino. 2010. Perceived Learning Outcomes in Entrepreneurship Education: The Impact of Student Motivation and Team Behavior Education + Training, Vol. 52 Iss: 8/9, pp.587 - 606. Research Paper (online), (www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&uact=8&ved=0CDMQFjAB&url=http%3A%2F%2Fwww.emeraldinsight.com%2Fjournals.htm%3Farticleid%3D1891411&ei=rLRkU6GlPMWcugS16IDoDg&usg=AFQjCNFKm3k9ach_wx5fzQxdRY4a5Q0l8A&bvm=bv.65788261,d.c2E, Diakses 1 Mei 2014)

Kemendikbud. 2013. Kementrian Pendidikan & Kebudayaan Badan Penelitian dan Pengembangan, (Online), (http://litbang.kemendikbud.go.id, Diakses, 24 Januari 2014)

Kusnendi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural (Satu dan Multigroup Sampel dengan LISREL). Bandung: Alfabeta

Ormrod, Jeanne E. 2008(a). Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang, Edisi keenam (Jilid I). Jakarta: Erlangga

Purwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sabri, Ahmad. 2005. Strategi Belajar Mengajar dan Microteaching. Jakarta: Ciputat Press

Saenong, Rahmawati. 2013. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Pemanfaatn Fasilitas Belajar melalui Motivasi Belajar matematika Peserta Didik terhadap Prestasi Belajar Matematika SMP Negeri se-Kabupaten Jeneponto. Tesis.Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UNM

Setyono. 2008. Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal dan Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar, (Online). (http://www.Styonoblogspot.com, diakses 3 Oktober 2013)

Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Suherman. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Surabaya: JICA

Wahyudi, Deddy. 2012. Pembelajaran IPS berbasis Kecerdasan Intrapersonal, Interpersonal, dan Eksistensial. Jurnal Pendidikan edisi khusus No.1 Agustus 2011.(Online). (Jurnalupi.edu/file/4-Deddy_Wahyudi.pdf, Diakses pada tanggal 30 Oktober 2013)

Uno, Hamzah B & Masri Kuadrat. 2010. Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2017-04-27

Citation Check