Pengaruh Inteligensi Intrapersonal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
DOI:
https://doi.org/10.24256/kelola.v2i1.446Keywords:
Learning Outcomes of Mathematics, and Intrapersonal IntelligenceAbstract
The study aims to analyze the descriprition of intrapersonal intelligence toward learning result of mathematics. The study is an ex-post facto which casuality. The populations of the study were 520 grade XI IPA students of SMAN in Parepare of academic years 2013/2014 with as many as 221 samples. Technique used in selecting the samples was proporsional random sampling. The instrument used for the study were (1) scale of intrapersonal intelligence, (2) test of mathematics learning outcomes. The results of the study indicate that (1) intrapersonal intelligence directly give positif influence toward cognitive learning result of Mathematics (5) intrapersonal intelligence directly give positif influence toward affective learning result of Mathematics.
References
Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. 2010.Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Assesmen. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Anonim. 1999. Jangan Terburu-buru Menjudge Anak Bodoh, (Online) (www.ws.org.1999/xlinks, Diakses 25 Mei 2014)
Bramastyo, Wahyu. 2010. Sekilas Mengenai Kecerdasan Intrapersonal, (Online), (wahyubrastyo.blogdetik.com, Diakses 1 Juni 2014)
Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. PT.Rineka Cipta
Dimyati,& Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Haryanto. 2010. Psikologi Bagi Anak Remaja, Jurnal Psikologi, (Online), (http://belajarpsikologi.com/motivasi-belajar-anak-remaja/, Diakses 27 April 2014)
Hytti, Ulla, Perka, Jarna Heinonen, Jaana Seikkula-Leino. 2010. Perceived Learning Outcomes in Entrepreneurship Education: The Impact of Student Motivation and Team Behavior Education + Training, Vol. 52 Iss: 8/9, pp.587 - 606. Research Paper (online), (www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&uact=8&ved=0CDMQFjAB&url=http%3A%2F%2Fwww.emeraldinsight.com%2Fjournals.htm%3Farticleid%3D1891411&ei=rLRkU6GlPMWcugS16IDoDg&usg=AFQjCNFKm3k9ach_wx5fzQxdRY4a5Q0l8A&bvm=bv.65788261,d.c2E, Diakses 1 Mei 2014)
Kemendikbud. 2013. Kementrian Pendidikan & Kebudayaan Badan Penelitian dan Pengembangan, (Online), (http://litbang.kemendikbud.go.id, Diakses, 24 Januari 2014)
Kusnendi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural (Satu dan Multigroup Sampel dengan LISREL). Bandung: Alfabeta
Ormrod, Jeanne E. 2008(a). Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang, Edisi keenam (Jilid I). Jakarta: Erlangga
Purwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sabri, Ahmad. 2005. Strategi Belajar Mengajar dan Microteaching. Jakarta: Ciputat Press
Saenong, Rahmawati. 2013. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Pemanfaatn Fasilitas Belajar melalui Motivasi Belajar matematika Peserta Didik terhadap Prestasi Belajar Matematika SMP Negeri se-Kabupaten Jeneponto. Tesis.Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UNM
Setyono. 2008. Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal dan Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar, (Online). (http://www.Styonoblogspot.com, diakses 3 Oktober 2013)
Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya
Suherman. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Surabaya: JICA
Wahyudi, Deddy. 2012. Pembelajaran IPS berbasis Kecerdasan Intrapersonal, Interpersonal, dan Eksistensial. Jurnal Pendidikan edisi khusus No.1 Agustus 2011.(Online). (Jurnalupi.edu/file/4-Deddy_Wahyudi.pdf, Diakses pada tanggal 30 Oktober 2013)
Uno, Hamzah B & Masri Kuadrat. 2010. Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara