IMPLEMENTASI KARAKTERISTIK ORGANISASI DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Muna Hajita

DOI:

https://doi.org/10.24256/kelola.v9i2.4852

Keywords:

implementasi, karakteristik organisasi, lembaga pendidikan Islam

Abstract

Lembaga pendidikan Islam sebagai suatu organisasi perlu dibahas sebagai upaya perbaikan pada masa yang akan datang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, konsep karakteristik organisasi, proses implementasi, dan implikasinya dalam lembaga pendidikan Islam. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan jenis library research. Hasilnya adalah bahwa konsep karaktersitik organisasi dalam lembaga pendidikan dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang Islami yang efektif dan berkualitas. Implementasi karakteristik organisasi yang sesuai dengan prinsip-prinsip Islam akan memberikan landasan yang kuat bagi lembaga pendidikan Islam untuk mencapai tujuan pendidikan. Proses implementasinya yaitu dengan: Membangun visi, misi, dan nilai inti, Menerapkan tata kelola yang baik, Membangun budaya organisasi yang Islami, Menyusun kurikulum Islami, Mengintegrasikan ajaran Islam dalam pembelajaran, Melibatkan orang tua dan masyarakat, Melakukan evaluasi dan perbaikan berkelanjutan. Adapun implikasinya yaitu: a) Semua kegiatan pendidikan didasarkan pada prinsip-prinsip Islam. b) Mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang agama Islam dan keterampilan praktis dalam menjalankan ajaran agama, c) Memberikan fasilitas dan waktu yang cukup untuk menjalankan ibadah sehari-hari. d) Pembiasaan hidup dalam suasana religius, e) Terbentuk karakter yang kuat dalam melaksanakan ajaran agama, f) lingkungan yang mempromosikan nilai-nilai Islam, g) Mendapatkan dukungan yang kuat dari keluarga dan komunitas dalam mengembangkan keimanan, akademik, dan kehidupan sosial. Diharapkan, penelitian ini dapat memberikan perbendaharaan konsep karakteristik organisasi untuk diimplementasikan di lembaga pendidikan Islam sehingga berimplikasi positif bagi lembaga pendidikan Islam khususnya dan lembaga pedidikan pada umumnya.

References

Ambarwati, A. (2021). Perilaku dan Teori Organisasi. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Analisna, A., Zarhasih, U. U., Mubarok, R., & Sadad, R. (2023). Strategi Kepala Sekolah dalam Mengelola Iklim Sekolah di Lembaga Pendidikan Dasar. An-Nadzir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01), 65–75.

Anwar, M. A. (2017). Permasalahan Kurikulum Madrasah Berbasis Program Boarding School. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 2(2), 214–232.

Frigo, M. L., & Anderson, R. J. (2011). Strategic risk management: A foundation for improving enterprise risk management and governance. Journal of Corporate Accounting & Finance, 22(3), 81–88.

Guo, K. L. (2020). DECIDE: a decision-making model for more effective decision making by health care managers. The Health Care Manager, 39(3), 133–141.

Hafizin, H., & Herman, H. (2022). Merumuskan Visi dan Misi Lembaga Pendidikan. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(01), 99–110.

Indarwati, L. A., Apriliana, R. A., Ramandhani, D. M., & Masduki, Y. (2023). Membangun Budaya Organisasi di Lembaga Pendidikan Islam. An-Nuha, 3(1), 1–9.

Irmawati, S. (2021). Penerapan Budaya Islami di Lingkungan Sekolah. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 1(3), 281–288.

Jannah, S. R. (2013). Karakteristik Dan Spektrum Manajemen Pendidikan Islam. Al-Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin, 4, 56498.

Lestari, A. S. (2021). Mereduksi Konflik Dalam Organisasi (Fenomena Konflik Di Lembaga Pendidikan Yayasan. Proceedings of Annual Conference on Islamic Educational Management, 690–709.

Lukman Hakim, Tobroni, Ishomuddin, K. (2020). Pendidikan Islam Integratif: Best Practice Integrasi Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Pendidikan Tinggi. Yogyakarta: Gestalt Media.

Mahrus, M. (2021). Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 81–100.

Mamlu’ah, A. (2017). Pengembangan Budaya Organisasi Pesantren dalam Manajemen Pendidikan Islam. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 28–40.

Mansyur, M. H. (2018). Penguatan Manajemen Pendidikan Pada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam Rabbani, 2(2).

Mappasere, S. A., & Suyuti, N. (2019). Pengertian Penelitian Pendekatan Kualitatif. Metode Penelitian Sosial, 33.

Marzal, M. (2022). Perencanaan Perbaikan Mutu Berkelanjutan Madrasah Terakreditasi A. Jurnal Perspektif, 15(2), 186–197.

May, C. R., Johnson, M., & Finch, T. (2016). Implementation, context and complexity. Implementation Science, 11(1), 1–12.

Mubarok, R. (2021a). Pelaksanaan Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Al-Rabwah, 13(01), 27–44. Retrieved from http://jurnal.staiskutim.ac.id/index.php/al-rabwah/article/view/11

Mubarok, R. (2021b). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam. Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 131–146. https://doi.org/https://doi.org/10.54396/alfahim.v3i2.183

Mubarok, R. (2023). Kepemimpinan Perempuan Dalam Islam: Perspektif Hadits Sebagai Sumber Rujukan. Al-Bayan: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Hadist, 6(2), 275–294.

Mubarok, R., & Hamidah, T. (2022). Etika Berkomunikasi Dalam Menyikapi Berita Bohong di Media Sosial Perspektif Al-Quran Surat An-Nur. MAGHZA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 7(2), 1–21.

Mujahida, S. (2018). Pengantar Manajemen: Introduction to Management (Vol. 1). SAH MEDIA.

Murtafiah, N. H., & Ali, I. (2023). Implementasi Teori Organisasi Berbasis Nilai Spiritual Islami dalam Praktik Pendidikan. Journal on Education, 5(4), 11012–11020.

Nurdiansyah, N. M., Arief, A., Kahfi, A., & Hudriyah, H. (2022). Transformational Leadership in The Development of A Quality Culture Of Madrasah (Research Problems at MTs and MA Pondok Pesantren Rafah Bogor). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(02).

Nuryani, Y., Oktavianti, N., Nariah, N., Prasetiyani, D., & Astuti, A. (2021). Tata Kelola Organisasi dalam Organisasi Sosial-kemasyarakatan. Dedikasi PKM, 3(1), 35–39.

Nuryasin, M., & Mitrohardjono, M. (2019). Strategi Perencanaan Pengembangan Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 77–84.

Pihar, A. (2022). Modernisasi Pendidikan Agama Islam di Era Society 5.0. Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 1(1), 1–12.

Prasetyo, M. A. M., & Salabi, A. S. (2021). Model Evaluasi dan Instrumen Program Pendidikan Pelatihan di Lembaga Pendidikan Islam. IDARAH| Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan, 5(2), 101–117.

Pratama, R. A., Kurniawan, N. A., Prayogo, M. D. A., & Putra, A. A. H. (2023). Analisis Budaya Organisasi Dalam Kualitas Manajemen Pendidikan Dalam Lingkup Lembaga Pendidikan. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 1(2), 188–203.

Rahmi, S. (2015). Total quality management dalam memajukan Pendidikan Islam. Intelektualita, 3(1).

Rohmah, N. (2019). Integrasi Kurikulum dan Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Membentuk Sikap Religius Siswa. El-Banat: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(2), 197–218.

Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Takalar: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Samsudin, S. (2020). Tantangan Lembaga Pendidikan Pesantren di Era Disrupsi. Conference on Islamic Studies FAI 2019, 221–230.

Sari, I. S. J. (2019). Hakekat, Dinamika Organisasi, Dan Fungsi Pemimpin Dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Iqra’, 13(1), 26–37.

Sari, M. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53. Retrieved from https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555/1159

Simon, H. A. (2014). Cognitive architectures and rational analysis: Comment. In Architectures for intelligence (pp. 37–52). Psychology Press.

Sitepu, Y. S. (2011). Paradigma dalam Teori Organisasi dan Implikasinya pada Komunikasi Organisasi. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Pranata Sosial, 1(2), 83–91.

Siti, M. N., & Fitri, H. (2022). Membangun dan Membina Budaya Organisasi di Lembaga Pendidikan Islam. Journal of Educational Management Research, 1(2), 113–121.

Sitika, A. J., Zanianti, M. R., Putri, M. N., Raihan, M., Aini, H., Nur’Aini, I., & Sobari, K. W. (2023). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Memperkuat Nilai-Nilai Keagamaan. Journal on Education, 6(1), 5899–5909.

Syam, A. R. (2017). Urgensi budaya organisasi untuk pengembangan lembaga pendidikan Islam. Educan: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2).

Syihabuddin, M. A. (2019). Budaya Organisasi lembaga pendidikan dalam perspektif islam. AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 110–119.

Syukran, M., Agustang, A., Idkhan, A. M., & Rifdan, R. (2022). Konsep organisasi dan pengorganisasian dalam perwujudan kepentingan manusia. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(1), 95–103.

Taofik, A. (2020). Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Indonesian Journal of Adult and Community Education, 2(2), 1–9.

Wahid, L. A., & Hamami, T. (2021). Tantangan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam dan Strategi Pengembangannya dalam Menghadapi Tuntutan Kompetensi Masa Depan. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.18860/jpai.v8i1.15222

Yusuf, M. H. (2017). Pengembangan budaya organisasi dalam lembaga pendidikan. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1).

Downloads

Published

2024-10-01

Citation Check