Strategi peningkatan minat belajar siswa dalam Pelajaran salat pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui media modul Praktek Shalat

Authors

  • Nurwisah Nurwisah Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Muhaemin Muhaemin Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Andi Riawarda Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/kelola.v9i1.4928

Keywords:

Modul, Pendidikan Agama Islam, Strategi.

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menguraikan Strategi peningkatan minat belajar SD Negri 20 Cimpu dalam Pelajaran salat pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui media modul Praktek Shalat.   Artikel ini adalah bagian dari sebuah penelitian besar tentang upaya mengatasi kesulitan dalam memahami materi PAI khusunya shalat melalui pengembangan media modul praktek shalat. Modul pembelajaran yang memudahkan guru dalam melakukan proses belajar mengajar dan bertujuan untuk menumbuhkan semangat belajar peserta didik dengan media atau modul yang kreatif dan inovatif.  Penelitian ini menggunakan kombinasi analisis kualitatif dan kuantitatif diharapkan dapat memberikan pemahaman yang holistik dan mendalam tentang strategi yang tepat untuk meningkatkan ketertarikan siswa dalam mempelajari materi pendidikan agama Islam dalam Implementasi penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual berbahasa Toraja pada materi penyelenggaraan jenazah di kelas XI SMAN 2 Toraja Utara. Hal ini juga akan membantu guru dalam mengidentifikasi hal-hal yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan selama penggunaan media berbasis audio visual dalam kelas PAI.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi peningkatan minat belajar siswa melalui modul praktek shalat adalah dengan memanfaatkan modul praktik salat yang divisualisasikan melalui buku mewarnai yang berisi gambar gerakan salat dan bacaannya. Buku mewarnai ini diharapkan dapat menarik minat peserta didik dalam mengenal gerakan dengan bersentuhan langsung dengan media yang telah disiapkan. Selanjutnya Media pembelajaran wajib melibatkan gaya belajar kinestetik dan visual secara langsung kepada siswa melalui pemanfaatan media, serta memanfaatkan gaya belajar auditori melalui suara guru dalam membacakan bacaan-bacaan salat yang akan disertakan pada media pembelajaran. Hal ini agar tidak menghilangkan peran guru dalam proses belajar sehingga antara peserta didik dan guru masih memiliki jalan untuk berkomunikasi dengan baik. Selanjutnya, sarana pembantu yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah materi pelajaran salat, meja, kursi, pensil atau spidol untuk mewarna, buku bergambar atau buku mewarna, dan guru sebagai media yang menyampaikan penjelasan dan bacaan salat.

 

Artikel ini bertujuan untuk menguraikan Strategi peningkatan minat belajar SD Negri 20 Cimpu dalam Pelajaran salat pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui media modul Praktek Shalat.   Artikel ini adalah bagian dari sebuah penelitian besar tentang upaya mengatasi kesulitan dalam memahami materi PAI khusunya shalat melalui pengembangan media modul praktek shalat. Modul pembelajaran yang memudahkan guru dalam melakukan proses belajar mengajar dan bertujuan untuk menumbuhkan semangat belajar peserta didik dengan media atau modul yang kreatif dan inovatif.  Penelitian ini menggunakan kombinasi analisis kualitatif dan kuantitatif diharapkan dapat memberikan pemahaman yang holistik dan mendalam tentang strategi yang tepat untuk meningkatkan ketertarikan siswa dalam mempelajari materi pendidikan agama Islam dalam Implementasi penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual berbahasa Toraja pada materi penyelenggaraan jenazah di kelas XI SMAN 2 Toraja Utara. Hal ini juga akan membantu guru dalam mengidentifikasi hal-hal yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan selama penggunaan media berbasis audio visual dalam kelas PAI.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi peningkatan minat belajar siswa melalui modul praktek shalat adalah dengan memanfaatkan modul praktik salat yang divisualisasikan melalui buku mewarnai yang berisi gambar gerakan salat dan bacaannya. Buku mewarnai ini diharapkan dapat menarik minat peserta didik dalam mengenal gerakan dengan bersentuhan langsung dengan media yang telah disiapkan. Selanjutnya Media pembelajaran wajib melibatkan gaya belajar kinestetik dan visual secara langsung kepada siswa melalui pemanfaatan media, serta memanfaatkan gaya belajar auditori melalui suara guru dalam membacakan bacaan-bacaan salat yang akan disertakan pada media pembelajaran. Hal ini agar tidak menghilangkan peran guru dalam proses belajar sehingga antara peserta didik dan guru masih memiliki jalan untuk berkomunikasi dengan baik. Selanjutnya, sarana pembantu yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah materi pelajaran salat, meja, kursi, pensil atau spidol untuk mewarna, buku bergambar atau buku mewarna, dan guru sebagai media yang menyampaikan penjelasan dan bacaan salat.

 

References

Aghni, Rizqi Ilyasa. “Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi.†Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 16, no. 1 (2018).

Ahmad, Nurul. “Pengembangan Media Pembelajaran Smart Komik Fikih Berbasis Karakter Materi Tuntunan Shalat Di MTsN 3 Sleman.†UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019.

Ahmad Sarwat. Waktu Shalat. Jakarta Selatan: Rumah Fiqih Publishing, 2018.

Ahmadi, Re Arief, John Adler, and Selvia Lorena Ginting. “Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Gerakan Shalat.†Pros. Semin. Nas. Komput. Dan Inform 2017 (2017): 978–602.

Al-Basuruwani, Abu Abbas Zain Musthofa. Fiqh Shalat Terlengkap. Jakarta Selatan: LAKSANA, 2018.

Alim, Said Nur. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Menggunakan Macromedia Flash Dalam Fiqih Islam Materi Pokok Sholat Dan Zakat.†Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 1 (August 7, 2021): 38–59. doi:10.31538/munaddhomah.v2i1.66.

Amelia, Sisca. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Demonstrasi Terbimbing Materi Praktik Salat Kelas III.†Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI) 2, no. 1 (2022): 1902–16.

Amir Hamzah. Metode Penelitian Dan Pengembangan (Research and Development) Uji Produk Kuantitatif Dan Kualitatif Dan Hasil. Malang: Literasi Nusantara, 2020.

Amnda, Viola, and Wirdati Wirdati. “Pengaruh Media Audiovisual Pada Materi Shalat Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik.†An-Nuha 1, no. 4 (November 30, 2021): 554–65. doi:10.24036/annuha.v1i4.136.

Andriyani, Fika, and Ni Nyoman Kusmariyatni. “Pengaruh Media Komik Berwarna Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa.†Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran 2, no. 3 (August 13, 2019): 341–50. doi:10.23887/jp2.v2i3.19282.

Arifin, Muhammad. “PENINGKATAN KEMAMPUAN PRAKTIK SHALAT DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SD NEGERI PANTAI ULIN.†Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI) 1, no. 1 (September 1, 2021): 1337–49.

Bidang Penais, Zakat dan Wakaf Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan. Pedoman Shalat Lengkap. Makassar, 2015.

Burhaein, Erick. “Aktivitas Fisik Olahraga untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa SD.†Indonesian Journal of Primary Education 1, no. 1 (June 17, 2017): 51–58. doi:10.17509/ijpe.v1i1.7497.

Choirudin, M. Nanang. “Participant Observation and Fieldwork Michael D. Myers.†In Analisis Data Penelitian Manajemen, 111. Malang: Penerbit Universitas Wisnuwardhana Malang Press, 2021.

Daud, Ahmad. “Strategi Guru Mengajar Di Era Milenial.†Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 17, no. 1 (2020): 29–42. doi:https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i1.72.

Dirto. “Modul Dan Buku Cetak, Apa Perbedaannya? Pusdiklat Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.†Modul Dan Buku Cetak, Apa Perbedaannya?, 2021. https://pusdiklat.perpusnas.go.id/berita/read/71/modul-dan-buku-cetak-apa-perbedaannya.

Fatimah, Siti. “Pengembangan Modul Pendidikan Agama Islam Berbasis Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Pada Siswa Kelas IV SDN Warugung I Surabaya Semester I.†Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2017.

Fatoni, Adib. “Wawasan Pendidikan (Pendidikan Dan Pendidik).†Mida: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 3, no. 1 (2020): 65–79. doi:https://doi.org/10.52166/mida.v3i1.1841.

“Hadits Hasan. Diriwayatkan Oleh Abu Dawud, No. 495,†n.d.

Harahap, Ahmad Sukri, Nurul Hafizhoh, Agustian Agustian, and Dinna Utami. “PEMBELAJARAN PAI BERBASIS DARING: (Studi Tentang Inovasi Pendidikan Dalam Mengelola Media Pembelajaran Di SMP Baitul Aziz Tembung).†Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam 1, no. 2 (November 21, 2020): 82–97. doi:10.51672/jbpi.v1i2.4.

Harlina, Harlina. “Efektivitas Strategi Kooperatif Dan Media CD Salat Dalam Meningkatkan Keterampilan Salat Siswa Kelas III SD Negeri No. 105289 Kecamatan Percut Sei Tuan.†Masters, Pascasarjana UIN-SU, 2013. http://repository.uinsu.ac.id/1475/.

Hasanah, Ainul. “Mengajarkan Shalat Pada Anak Melalui Metode Demonstrasi, Tanya Jawab, Dan Pembiasaan.†Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education 2, no. 1 (August 6, 2018): 13–28.

Hasanah, Detri Lisnawati. “Pengembangan Media Pembelajaran Flip Chart Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Materi Shalat Jama’ Dan Qashar Di Kelas Vii SMP Negeri 2 Anyer.†Diploma, UIN SMH BANTEN, 2020. http://repository.uinbanten.ac.id/5445/.

Hildayah, Dewi. “Penggunaan Media Visual, Auditif, Dan Kinestik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.†Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2, no. 1 (2019): 137–46.

Ilyas, Muhammad. “Hadis Tentang Keutamaan Shalat Berjamaah.†Jurnal Riset Agama 1, no. 2 (2021): 247–58. doi:https://doi.org/10.15575/jra.v1i2.14526.

Irsyadi, Fatah Yasin Al, Desy Puspitassari, and Yogiek Indra Kurniawan. “ABAS (Ayo Belajar Sholat): Game Edukasi Pembelajaran Sholat Untuk Anak Tuna Rungu Wicara.†Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA) 9, no. 1 (May 13, 2019): 17–28. doi:10.34010/jamika.v9i1.1537.

Iskandar, Rozi, and Farida F. “Implementasi Model ASSURE Untuk Mengembangkan Desain Pembelajaran Di Sekolah Dasar.†Jurnal Basicedu 4, no. 4 (August 16, 2020): 1052–65.

Ismaiyah, Nurul. “PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIK SHALAT MELALUI PEMBIASAAN PERILAKU ANAK USIA DINI DI PAUD PERWARI 2 DESA BUDDAGAN KECAMATAN PADEMAWU PAMEKASAN.†ABNA : Journal of Islamic Early Childhood Education 2, no. 1 (June 30, 2021). doi:10.22515/abna.v2i1.3771.

Kadir, Abdul. “MENINGKATKAN KEMAMPUAN PRAKTIK SHALAT BERJAMAAH MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN.†Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI) 1, no. 1 (September 1, 2021): 1914–26.

Khadijah, Khadijah, Rizki Nurhalizah, and Rohani Rohani. “Meningkatkan Kemampuan Pelaksanaan Praktik Shalat Melalui Media Audio Visual Pada Anak Kelompok B Di RA Al-Fazhira Kecamatan Percut Sei Tuan.†JURNAL RAUDHAH 8, no. 1 (January 22, 2020). doi:10.30829/raudhah.v8i1.581.

Maclinton, David. “Pengembangan Media Pembelajaran Prisma Berbasis Macromedia Flash Dengan Desain Pembelajaran Assure.†Inovasi Matematika (Inomatika) 4, no. 1 (2022): 83–97.

Mandasari, Desy, Kholilur Rahman, and Riza Faishol. “Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Multimedia Interaktif Lectora Inspire.†Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam 13, no. 1 (2020): 37–55.

Maslani, Maslani. “Pembelajaran Direct Instruction Melalui Media Video Terhadap Keterampilan Praktik Shalat Berjamaah.†Jurnal Perspektif 2, no. 1 (May 31, 2018): 33–52. doi:10.15575/jp.v2i1.18.

Miftah, M. “FUNGSI, DAN PERAN MEDIA PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA.†Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan 1, no. 2 (2013): 95–105. doi:10.31800/jtp.kw.v1n2.p95--105.

Muhammad Taufiq. “Qur’an In Word.†Depok: Taufiq Product, n.d.

Mujtaba, Imam, Dindin Rosyidin, and Andriyani Andriyani. “Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Mempertahankan Student Wellbeing’s Kelas 2 SD Lab School FIP UMJ.†Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD 5, no. 1 (February 21, 2023): 1–10. doi:10.24853/holistika.5.1.1-10.

Murni, Resna. “Meningkatkan Pengembangan Media Pembelajaran Video Tentang Pelaksanaan Shalat Untuk Siswa Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Pelajaran 2019/2020.†Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic 6, no. 1 (April 6, 2022): 37–48. doi:10.36057/jips.v6i1.516.

Nabila, Nabila. “Tujuan Pendidikan Islam.†Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 5 (2021): 867–75. doi:https://doi.org/10.36418/japendi.v2i5.170.

Noormindhawati, Lely, and Jubilee Interprise. 8 Tahun Yang Menakjubkan. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2015.

Nur Aisyah. “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TUTORIAL PADA KOMPETENSI PRAKTIK SHALAT KELAS III SDN 92/IV KECAMATAN TELANAIPURA KOTA JAMBI TAHUN PELAJARAN 2018/2019 | Jurnal Pendidikan Guru,†October 13, 2020. https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php/jurpendigu/article/view/69.

Nurhasanah, Siti, and A. Sobandi. “Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa.†Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 1, no. 1 (August 18, 2016): 128–35. doi:10.17509/jpm.v1i1.3264.

Nurrita, Teni. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA.†MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah 3, no. 1 (June 27, 2018): 171. doi:10.33511/misykat.v3n1.171.

Nusa Putra. Research and Development Penelitian Dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali, 2012.

Pudin, Apip. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Tunarungu.†Alfathan 1, no. 1 (2022): 69–85.

Purwanti, Budi. “Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika Dengan Model Assure.†Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan 3, no. 1 (February 23, 2015). doi:10.22219/jkpp.v3i1.2194.

Rahdiyanta, Dwi. “Teknik Penyusunan Modul.†Artikel.(Online) Http://Staff. Uny. Ac. Id/Sites/Default/Files/Penelitian/Dr-Dwi-Rahdiyanta-Mpd/20-Teknik-Penyusunan-Modul. Pdf. Diakses 10 (2016). https://staffnew.uny.ac.id/upload/131569341/penelitian/20-teknik-penyusunan-modul.pdf.

Ramadina, Isnaini Nur Azizah. “Perancangan Informasi Pembelajaran Fiqih Shalat Untuk Anak Melalui Media Buku Ilustrasi.†Other, Univeristas Komputer Indonesia, 2021. doi:10/UNIKOM_Isnaini%20Nur%20Azizah%20Ramadina_BAB%20IV.pdf.

Riduwan. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru Karyawan Dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabeta, 2011.

Rifa’i, Drs Moh. RISALAH TUNTUNAN SHALAT LENGKAP. Semarang: Toha Putra, 2017.

Rohman, Nur. “Syarat Wajib Sholat, Syarat Sah Sholat dan Yang Membatalkan Sholat.†Universitas Islam An Nur Lampung, 2022. https://an-nur.ac.id/syarat-wajib-sholat-syarat-sah-sholat-dan-yang-membatalkan-sholat/.

Rosidawati, R. Marmawi, and Desni Yuniarni. “PENINGKATAN KEMAMPUAN MELAKUKAN GERAKAN SHALAT MELALUI PRAKTIK LANGSUNG PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN.†Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 4, no. 3 (March 16, 2015). doi:10.26418/jppk.v4i3.9323.

Royani, Ida, Baiq Mirawati, and Husnul Jannah. “Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.†Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram 6, no. 2 (December 14, 2018): 46–55. doi:10.33394/j-ps.v6i2.966.

Sidharta, Arief, and Mohammad Yani. “Media Pembelajaran.†In Modul Diklat Berjenjang, 6. DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL, 2005.

Sugiono. Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta, 2016.

Sulaikho, Siti. “Validitas Media Pembelajaran Ispring Suite Berbasis Android Pada Pemahaman Shalat Jama’dan Qashar.†Tarlim: Jurnal Pendidikan Agama Islam 4, no. 2 (2021): 169–77.

Syamsuddin, Naidin. “Model-Model Pengembangan Media Dan Teknologi Pembelajaran Bahasa Arab.†REFLEKSI 10, no. 3 (2021).

Tresnawati, Dewi, and Intan Fadzilatunnisa. “Pengembangan Aplikasi Tata Cara Wudhu Dan Shalat Untuk Anak Menggunakan Sistem Multimedia.†Jurnal Algoritma 12, no. 1 (2015): 112–18.

Triyono, Urip. Kepemimpinan Transformasional Dalam Pendidikan Formal, Non Formal, Dan Informasi. Yogyakarta: Deepublish, 2019.

Yanto, Doni Tri Putra, Oriza Candra, Citra Dewi, Hastuti Hastuti, and Hermi Zaswita. “Electric Drive Training Kit Sebagai Produk Inovasi Media Pembelajaran Praktikum Mahasiswa Pendidikan Vokasi: Analisis Uji Praktikalitas.†JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) 8, no. 1 (May 31, 2022): 106–20. doi:10.22219/jinop.v8i1.19676.

Yulina, Sasra. “Penerapan Pembelajaran Student Centered Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Shalat Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 4 Rejang Lebong Tahun 2021.†EL-TA’DIB (Journal of Islamic Education) 2, no. 1 (July 11, 2022): 243–55.

Yusra, Nabilah. “Pengembangan Media Permainan Monopoli Sholat Untuk Meningkatkan Belajar Sholat Anak Usia Dini (Studi Kasus Di RA Plus Ja-Alhaq Kota Bengkulu.†IAIN Bengkulu, 2022.

Downloads

Published

2024-04-28

Citation Check