KEPEMIMPINAN H. MUHAMMAD ALWI USMAN
DOI:
https://doi.org/10.24256/kelola.v9i1.4967Keywords:
H. Muhammad Alwi Usman, Representasi dan Gaya KepemimpinanAbstract
Kepala sekolah sebagai central figure dalam lembaga pendidikan merupakan pemimpin yang melakukan perencaan, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap sekolah yang dipimpinnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gaya kepemimpinan H. Muhammad Alwi Usman sebagai kepala sekolah di MAN Lasusua Kabupaten Kolaka Utara sekaligus salah satu tokoh yang mempunyai pengaruh dalam perkembangan MAN Lasusua. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatid dengan pendekatan deskriptif studi tokoh. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, H. Muhammad Alwi Usman memiliki gaya kepemimpinan yang karismatik dengan memberikan pengarahan, pembekalan serta memberikan contoh yang baik. Kedua, peran H. Muhammad Alwi Usman sebagai kepala sekolah MAN Lasusua mengembankan lembaga dengan manajemen dan menata pengelolaan lembaga. Selain itu, dalam masyarakat H. Muhammad Alwi Usman terkenal sebagai salah satu tokoh agama di Lasusua Kabupaten Kolaka Utara. Ketiga, implikasi kebijakan H. Muhammad Alwi Usman dalam perkembangan MAN Lasusua dengan menerapkan metode pembiasaan, hafalan, dan ganjaran atau hukuman seta menekankan muridnya untuk selalu ber-akhlaqul karimah dimanapun berada.
References
Aisyah, S. (2014). Antara Akhlak, Etika, dan Moral. Makassar: Alauddin University Press.
Al-Abrasyi, M. A. (1990). Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta: PT Midas Surya Grafindo.
Al-'Ankabut Ayat 43. (n.d.). Retrieved from Tafsir Web: https://tafsirweb.com/7269-surat- al-ankabut-ayat-43.html
Albertus, D. K. (2007). Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Grafindo. Amri, M. (2016). Aqidah Akhlak. Sulawesi Selatan: Syahadah.
Buku Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2017 / 2018 oleh Tim Pengembang Kurikulum MAN 1 Kolut
Buku Ihya’ ‘Ulumuddin ; menghidupkan ilmu – ilmu agama by Imam Al – Ghazzali terjemahan oleh Ustadz Tk.H.Ismail Yakub M,A 1963 , hal 184
Dhofier, Z. (2011). Tradisi Sekolah: Studi Tentang Pandangan Hidup Kiai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia. Jakarta: LP3ES.
Goleman , Dniel, (2004). Et Ol, Primal Leadership, Kepemimpinan Berdasarkan Kecerdasan Emosi, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.
Haqqi, A. M. (2003). Berhias dengan 40 Akhlak Karimah. Malang: Cahaya Tauhid Press.
Hasbullah. (1996). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa. Hasbullah. (1996). Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa.
H. Undang Ahmad Kamaludin, Muhammad Alfan, (pengantar: H.M. Anton Athoillah), Etika Manajemen Islam, Bandung: Pusaka Setia, 2010, hal 146-148
Hidayat, K. (2017). Dari Sekolah Untuk Dunia. Jakarta: PPIM.
Indratno. (2023, Juni 10). Pengasuhan muridnya Madrasah Aliyah Kecamatan Lasusua. (Hasan, Interviewer)
Ismail. (2002). Dinamika Sekolah dan Madrasah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Ismail, Q. (1997). Gaya kepemimpinanKiai Sebagai Pimpinan. Jakarta: Gema Insani Press.
Kompri. (2018). Manajemen dan Kepemimpinan Pondok Pesanstren. Jakarta: Prenadamedia Group.
Lubis, R. (2005). Cetak Biru Gaya kepemimpinanAgama. Jakarta: Puslitbang Kehidupan Beragama. Lubis, S. A. (2007). Konseling Islam dan Sekolah. Yogyakarta: Elsaq Press.
Malelong, L. (2004). Metode Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mas'uid, A. (2002). Intelektual Sekolah Perhelatan Agama dan Tradisi. Yogyakarta: LKiS.
Masyhud, M. S. (2004). Manajemen Pondok Sekolah. Jakarta: Diva Pustaka. Minnah, E. (2012). Kepemimpinan Berbasis Nilai dan Mutu MAdrasah. Bandung: Alfabeta.
Moesa, A. M. (2016). Kiai dan Politik Dalam Wacana Sipil Society. Surabaya: LEPKIS.
Mubaraq, Z. (2006). Konspirasi Politik Elit Tradisional di Era Reformasi. Yogyakarta: Aditya Media.
Muhajirin, N. (1998). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin. Muhtadi, A. S., & Safei, A. A. (2003). Metode Penelitian Dakwah. Bandung: Pustaka Setia.
Mujib, A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Mukti, A. (2002). Dinamika Sekolah dan Madrasah. In Ismail, N. Huda, & A. Kholik. Yogyakarta.
Mulyasa, E. M. (2012). Menejemen Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Bumi Aksara. Nasharuddin. (2015). Akhlak Ciri Manusia Yang Paripurna. Depok: PT Grafindo.
Nasirudin. (2023). Pengasuhan muridnya Madrasah Aliyah Kecamatan Lasusua. (Hasan, Interviewer)
Nasuha, C. (2013). Epistimologi Kitab Kuning. In M. W. Suwendi, & S. Zuhri. Bandung: Pustaka Hidayah.
Nata, A. (2003). Akhlak Taswwuf. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa.
Nazhorul. (2010, May 21). Beberapa Hadis tentang Kepemimpinan dalam Kitab Riyadhus Shalihin. Retrieved from Change & Continuity Worldview: https://nazhroul.wordpress.com/2010/05/21/beberapa-hadits-tentang- kepemimpinan-dalam-kitab-riyadhus-shalihin/
Nazir, M. (1988). Metode Penelitian. Jakarta: Ghilmia Indonesia.
Noeh, M. F., & Mastuki. (2002). Menghidupkan Ruh Pemikiran KH. Ahmad Siddiq.
Jakarta: PT Gramedia PUstaka Utama.
Prastowo, A. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektid Rancangan Penelitian. Yogayakarta: Ar-ruzz Media.
Putra, N. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Manajemen. Jakarta: Rajawali Press.
Qodir, M. A. (2023). Pimpinan Madrasah Aliyah Kecamatan Lasusua. (Hasan, Interviewer) Satrio, A. (2023). Pengasuhan muridnya Madrasah Aliyah Kecamatan Lasusua. (Hasan, Interviewer)
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Takdir, M. (2018). Modernisasi Kurikulum Pondok Sekolah. Yogyakarta: IRCiSoD. Yasmadi. (2002). Modernisasi Sekolah. Jakarta: Ciputat Press.
Zuhairini. (1994). Kepemimpinan Berbasis Nilai dan Mutu Madrasah. Bandung: Alfabeta.