IMPLEMENTASI KOMPETENSI MANAJERIAL MELALUI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU

Authors

  • Nana Evana Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia
  • Muhammad Muhammad Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia
  • Nazar Naamy Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia
  • Ahmad Fiqqih Alfathoni Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/kelola.v9i1.5009

Keywords:

Implementasi, Kompetensi Manajerial, Kinerja, Guru

Abstract

Kinerja guru merupakan persepsi guru terhadap kinerja profesionalnya yang berkaitan dengan kualitas kerja, tanggung jawab, kolaborasi, dan inisiatif. Hubungan antara kompetensi manajerial (manajemen) dan supervisi (pengawasan) sangat mempengaruhi kinerja guru. Untuk mengawasi, mengevaluasi dan memperbaiki proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru diperlukan adanya supervise kepala sekolah.

Penelitian ini dalam tesis ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan model Interaktif mengemukakan bahwa aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya jenuh. Aktivitas dalam analisis meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) serta Penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/verification), Sehingga peneliti mengumpulkan data dengan menuliskan, mengedit, mengklasifikasikan, mereduksi, menyajikan dan mendeskripsikan mengenai implementasi kompetensi manajerial melalui supervisi Kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru SMA Negeri 4 Praya dari perencanaan, implementasi, evaluasi dan dampak terhadap peningkatan kinerja guru SMAN 4 Praya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa Perencanaan kompetensi supervisi kepala sekolah cukup maksimal dengan adanya pelaksanaan rapat untuk menentukan jadwal supervisi bagi guru SMAN 4 Praya. Implementasi kompetensi supervisi kepala sekolah sudah berjalan dengan baik sesuai dengan rencana dan ketentuan yang ada, Kepala sekolah melakukan pengamatan yang teliti, dengan menggunakan instrumen tertentu. Selain itu juga, langsung mewawancarai guru yang bersangkutan secara langsung agar lebih jelas permasalahannya. Evaluasi kompetensi supervisi kepala sekolah dengan mengadakan percakapan individual untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan dan kekurangan-kekurangan yang sering dialami oleh seorang guru. Secara umum dilaksanakan rapat guru untuk mengevaluasi hasil dari pelaksanaan supervisi kepala sekolah. Dampak implementasi kompetensi supervisi Kepala sekolah yang sangat memuaskan khususnya kinerja guru yang lebih baik dibandingkan sebelumnya, seperti persiapan dalam mengajar (perangkat pembelajaran), keaktifan guru dalam menjalankan tugas, semua ini terbangun sehingga terciptalah perhatiannya, kedisiplinannya, kepeduliannya guru, dan keharmonisan keluarga SMAN 4 Praya terjaga dengan baik. Dampak tersebut juga merupakan diantara salah satu faktor sebagai penunjang untuk tercapainya tujuan pendidikan di SMAN 4 Praya.

References

Baharuddin. Kepemimpinan Kepala sekolah dalam Era Otonomi Pendidikan. Jurnal Al Harokah, Malang: Universitas Negeri Malang. Volume 63 Nomor 1 Januari-April (2006): 19.

Nopembri, A. Dedi. “Fungsi Kepala sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guruâ€, Jurnal Manajer Pendidikan, Lubuklinggau Utara I: Dinas Pendidikan Kota Lubuklinggau. Volume 9 Nomor 3 (2015): 394-40

Buku Bunga Rampai/Analogi/Proceeding:

Asmani, Jamal Ma’mur. Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah. Jogjakarta: Diva Press, 2012.

Bogdan, Robert C.. Participant Observation In Organizational Setting. Syracuse University Press, 1972.

Fathurrahman, Muhammad. Sukses menjadi Pengawas sekolah Ideal. Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2015.

Jasmani dan Syaiful Mustofa. Supervisi Pendidikan Terobosan Baru dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah dan Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Kempa, Rudolf, Kepemimpinan Kepala sekolah Yogyakarta: Ombak, 2015.

Kristiawan, Muhammad. Yuyun Yuniarsih, Happy Fitria, Nola Refika. Supervisi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Maryono. Dasar-dasar dan Tehnik Menjadi Supervisor Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.

Melong, Lexy. Metode Penelitian Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2000.

Mulyasa, E.. Menjadi Kepala sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2017.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.13 tahun 2007 tentang Standart Kepala sekolah. Bandung: Citra Umbara, 2007.

Purwanto, M. Ngalim, Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Prasojo, Lantip Diat dan Sudiyono. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media, 2011.

Priansa, Donni Juni. Kinerja Dan kinerja Guru Fokus pada Peningkatan Kualitas Pendidikan, Sekolah dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2014.

Priansa, Donni Juni dan Sonny Suntani Sentiana, Manajemen dan Supervisi Pendidikan Bandung : Pustaka Setia, 2018.

Sagala, Syaiful. Supervisi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2010.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D. Bandung: Alfabeta, 2007.

Undang-Undang tentang Guru dan Dosen. UU RI No.14 tahun 2005 Pasal 10 ayat 2. Jakarta: Sinar Grafika, 2005.

Wibowo. Manajemen Kinerja-Edisi Ketiga. Jakarta: PT Raja Grafindo, 2013.

Yamin, Martinis dan Maisah. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada Press, 2020.

Skripsi/Tesis/Disertasi:

Arumi, Putri. “Model Supervisi Akademik dalam pengembangan Mutu Pembelajaran Pesantren di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo.†Tesis. Ponorogo: IAIN Ponorogo. 2018.

Lawuningtyas, Luky Arum. “Pengaruh Kompetensi Kepribadian Sosial Kepala sekolah Dasa Negeri di Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo Tahun

Pelajaran 2017/2018.†Tesis. Ponorogo: IAIN Ponorogo. 2017.

Marsini, “Peran Kepala sekolah Arbagai Leader dan Motivator dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Al-Huda Ploso, Pacitan, Kabupaten Pacitan.†Tesis. Ponorogo: IAIN Ponorogo. 2017.

Prasongko, Priyo Hadi. “Pelaksanaan Supervisi Akademik dalam Meningkatkan kinerja Guru (Studi Kasus di MTs Ma’arif 017 Kalikuning Pacitan).†Tesis. Ponorogo: IAIN Ponorogo. 2019.

Website:

John, Dewey. “Pengertian Tugas dan Fungsi Kepala sekolah,†2021. Diakses pada 13 Januari 2021. https://www.silabus.web.id/kepala-sekolah/

Riski, Aulia. “Supervisi Akademik Kepala sekolah,†2019. Diakses pada 9 November 2020. https://doi.org/10.31227/osf.io/8whvj

Syukur, Amin. “Pengertian Kepala sekolahâ€, 2017. Diakses pada 13 April 2021. http://www.jejakpendidikan.com/2017/01/pengertian-kepala-sekolah.html

Downloads

Published

2024-04-29

Citation Check