PENGGUNAAN MEDIA INFORMASI DALAM MEMBENTUK KETERAMPILAN BERWIRAUSAHA PADA SISWA

Authors

  • mukhlis ilyas IAIN Palopo

DOI:

https://doi.org/10.24256/kelola.v9i1.5020

Keywords:

Media Informasi, Kewirausahaan Siswa

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan di SMP Negeri 2 Kamanre terdapat 10% siswa yang menjalankan wirausaha terbilang sukses di pasaran melalui media social, juga masih terdapat beberapa siswa yang kurang minat terhadap pembelajaran ini. Akan tetapi minat berwiurausaha lebih dominan terlihat pada siswa sehingga melihat angka dan fakta yang ada di lapangan membuat peneliti ingin mengetahui bagaimana penggunaan media social dan teknologi informasi dalam membentuk keterampilan berwirausaha siswa dan juga apa yang menjadi motivasi siswa dalam menjalankan wirausahanya.

Penulisan ini dikembangkan dengan berorientasi pada pendekatan kualitatif dengan analisis data melalui 3 tahapan (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) kesimpulan. Berlandaskan metode tersebut hasil penelitian ini menunjukkan Penggunaan teknologi jaringan dalam membentuk keterampilan berwirausaha siswa di SMP Negeri 2 Kamanre berhasil menghasilkan produk dan memasarkan melalui teknologi jaringan serta memberikan peluang yang tidak hanya mendukung pengembangan keterampilan berwirausaha siswa, tetapi juga membuktikan bahwa inisiatif ini dapat memberikan dampak positif pada tingkat lokal. Hasil penelitian ini juga memberikan gambaran peran media informasi sangat signifikan dalam menggerakkan perkembangan dan keberhasilan siswa berwirausaha, siswa tidak hanya memanfaatkan berbagai platform media informasi sebagai alat untuk memasarkan produk dan usaha mereka, tetapi juga secara aktif mengeksplorasi peluang yang ditawarkan oleh dunia digital

References

Ahmed, S. (2019). The Role of Social Media in Entrepreneurship Education. International Journal of Advanced Research in Management and Social Sciences, 8(1).

Aris Ariyanto, dkk. Strategi Pemasaran UMKM di Masa Pandemi. Penerbit Insan Cendekia Mandiri. 2021

Firman, A., & Putra, A. (2020). The Effect of Social Media Utilization, Campus Environment and Entrepreneurship Knowledge on Student Entrepreneurial Interest. Point of View Research Management, 1(4).

Imam Tahyudin, Rahman Rosyidi, Waidi, Yusyida Munsa Idah, Andi Dwi Riyanto. Technopreneurship. CV ZT Corpora. 2022.

Indraswati, D., Hidayati, V. R., Wulandari, N. P., & Maulyda, M. A. Pengaruh Penggunaan Media Sosial di Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa PGSD Universitas Mataram. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, (2021).

Karsim. Pendampingan Kewirausahaan Dan Digital Marketing Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Panca Bhakti Sungai Raya. Communnity Development Journalvol.4 No. 4 Tahun 2023.

Olanrewaju, A.-s., Hossain, M., Whiteside, N., & Mercieca, P. (2020). Social media and entrepreneurship research: A literature review. International Journal of Information Management.

Pajarianto, H., Adigoena, A. M., Ukkas, I., & Pribadi, I. (2019). Program Pengembangan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(1), 104. https://doi.org/10.31764/jpmb.v3i1.121

Prasetio, T. (2020). Analisis Pengaruh Media Sosial, Motivasi Instrinsik, dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasusa. Jurnal Sekretari & Administrasi.

Pratana, N. K., & Margunani. (2019). Pengaruh Sikap Berwirausaha, Norma Subjektif, dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha. Economic Education Analysis Journal. Volume 3. No. 1.

Putri Andhieni Nur Salsabila dan Agus Wibowo. Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Media Sosial Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Media Sosial Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Jurnalekonomi,Manajemendanakuntansi2986-609x(2023),2(4).

Selwendri dan Onan Marakali Siregar. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Peluang Usaha Kelompok Pemuda Karang Taruna Di Kelurahan Pulo Brayan Bengkel Medan. Abdimas Talenta 3 (2) 2018: 373-377 http://jurnal.usu.ac.id/abdimas ISSN Printed Version: 2549-4341 ISSN Online Version: 2549-418X

Sintya, N. M. Pengaruh Motivasi, Efikasi Diri, Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga, Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Akuntansi Di Universitas Mahasaraswati Denpasar. JSAM (Jurnal Sains, Akuntansi dan Manajemen), 1(1), (2019).

Smith, J., et al. (2020). The Impact of Social Media on Entrepreneurial Skills: A Study of Teenagers' Perceptions. Journal of Entrepreneurship Education, 23(1).

Sukirman, Zazuli, A., & Afifi, Z. Analisis Pengetahuan Kewirausahaan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Minat Berwirausaha Melalui Perilaku Kewirausahaan. Isu-isu Riset Bisnis dan Ekonomi di Era Disrupsi: Strategi Publikasi di Jurnal Bereputasi (pp. 116-123). Semarang: Madic. (2019).

Wahyuni, S., Fadah, I., & Tobing, D. S. Pengaruh kompetensi sumber daya manusia dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap kualitas laporan keuangan melalui pengelolaan barang milik daerah. BISMA: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 12(1), (2018).

Wininatin Khamimah. Peran Kewirausahaan Dalam Memajukan Perekonomian Indonesia. Jurnal Disrupsi Bisnis, Vol. 4, No.3, Mei 2021 (228-240). p-ISSN 2621-797X ; e-ISSN 2746-6841 DOI:10.32493. DOI: http://dx.doi.org/10.32493/drb.v4i3.9676

Downloads

Published

2024-05-01

Citation Check