TATA KELOLA ADMINISTRASI PENDIDIKAN MADRASAH TSANAWIYAH

TATA KELOLA ADMINISTRASI PENDIDIKAN MADRASAH TSANAWIYAH

Authors

  • Tasdin Tahrim IAIN Palopo, Indonesia
  • Alimuddin
  • Sarmila

DOI:

https://doi.org/10.24256/kelola.v9i1.5161

Abstract

Tata kelola administrasi pendidikan merupakan suatu kegiatan yang berkelanjutan yang dilaksanakan dengan bekerja sama, untuk mengelola proses pendidikan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada secara efektif dan efisien. Oleh sebab itu, tata kelola administrasi pendidikan memberikan pengaruh terhadap peningkatan akreditasi sekolah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Keppe, Kec. Lorompong, Kab. Luwu, yang bertujuan untuk mengetahui tata kelola administrasi pendidikan, fungsi tata kelola administrasi pendidikan dalam pencapaian akreditasi unggul, dan untuk mengetauhi kendala yang dihadapi dalam tata kelola administrasi pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Keppe, Kec. Larompong, Kab. Luwu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tata kelola administrasi di Madrasah Tsanawiyah Keppe Kec. Larompong, Kab. Luwu dilakukan dengan menyediakan fasilitas yang berhubungan dengan administrasi sekolah, melaksanakan pengawasan terhadap administrasi sekolah, memberikan motivasi kepada tenaga administrasi sekolah, dan memberikan penghargaan kepada tenaga administrasi sekolah, tata kelola pendidikan dilakukan dengan proses yang berkesinambungan yang saling berhubungan antara satu dan yang lainnya, dan Kendala dalam pengelolaan administrasi dalam persiapan menuju akreditasi unggul yaitu: terkendala pada jaringan internet yang lambat dan labtop yang lambat loading akibat terinveksi virus. Adapun solusi untuk menangani hal tersebut yaitu menambah kapasitas wifi, dan juga selalu mengupdate labtop/ menginstal labtop tiap enam bulan sekali.

Downloads

Published

2024-06-24 — Updated on 2024-04-26

Citation Check