Model Pembinaan Kepribadian Pada Anak Usia Dini

Authors

  • Andi Satriani IAIN Palopo, Indonesia
  • Mardi Takwim Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Abdain Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/kelola.v9i1.5232

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pembinaan kepribadian dan kemandirian anak usia dini di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Insan Madani Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui bagaimana pembinaan kepribadian anak usia dini di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Insan Madani, bagaimana pembinaan kemandirian anak usia dini di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Insan Madani. Jenis penelitian ini adalah deskripsi kualitatif melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi, analisis data menggunakan triangulasi, uji keabsahan data dan observasi kegiatan pembinaan secara langsung yang kemudian dilakukan analisis data dari buku maupun jurnal.  Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: pembinaan kepribadian yang dilakukan sekolah dalam membentuk kepribadian yang baik ialah pembinaan aqidah, akhlak, ibadah serta adab. Pembinaan dengan menekankan pada ranah tersebut mampu memberikan hasil positif dalam kepribadian anak. Pembinaan kemandirian dengan senantiasa membiasakan kemandirian dalam pengontrolan emosional anak serta kemandirian dalam mengurus keperluan yang berkaitan dengan aktivitas sehari-hari, serta kemampuan dalam memecahkan masalah yang dihadapi oleh anak. dalam. Proses pembinaan dilakukan dengan metode pembiasaan, keteladanan, penyampaian yang menarik dari guru dengan menggunakan media yang mampu dipahami dan dilakukan oleh anak usia dini.

Downloads

Published

2024-04-27

Citation Check