PENDIDIKAN BERKEADILAN DI INDONESIA: TELAAH LITERATUR DAN STUDI KASUS PERMASALAHAN AKSES DAN KUALITAS
DOI:
https://doi.org/10.24256/kelola.v10i2.8012Abstract
Pendidikan yang berkeadilan merupakan pilar penting bagi kemajuan bangsa. Namun, hingga saat ini Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan terkait kesenjangan akses dan kualitas pendidikan, terutama antara wilayah perkotaan dan perdesaan, kelompok ekonomi menengah-atas dan bawah, serta sekolah negeri dan swasta. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan akses dan kualitas pendidikan di Indonesia melalui kajian literatur dan studi kasus umum. Hasil kajian menunjukkan bahwa ketimpangan pendidikan dipengaruhi oleh faktor sosial-ekonomi, distribusi guru dan sarana prasarana, serta kebijakan pendidikan yang belum sepenuhnya merata. Rekomendasi yang diajukan antara lain peningkatan pemerataan distribusi sumber daya pendidikan, penguatan kualitas guru, dan kebijakan afirmatif bagi daerah tertinggal.
Kata Kunci: pendidikan berkeadilan, akses pendidikan, kualitas pendidikan
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.