IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM PENINGKATAN KUALITAS BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN MALANGKE BARAT

Authors

  • Ino Sulistiani UIN Alauddin Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/kelola.v10i2.8046

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran tematik dan dampak dari implementasi manajemen pembelajaran tematik dalam meningkatkan kualitas belajar siswa Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Malangke Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Observasi, wawancara dan dokumentasi adalah teknik pengumpulan data yang digunakan. Kepala Sekolah dan Guru Kelas Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Malangke Barat sebagai subjek dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pengelolaan pembelajaran tematik sudah diterapkan di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Malangke Barat, dengan melakukan tiga tahapan yaitu, tahap perencanaan pembelajaran tematik, tahap pelaksanaan pembelajaran tematik, dan tahap evaluasi pembelajaran tematik. Dampak dari implementasi pembelajaran tematik di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Malangke Barat yaitu memberikan beberapa dampak positif untuk mengembangkan proses pembelajaran terutama bagi peserta didik itu sendiri yaitu peserta didik dapat lebih aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, Kualitas Belajar

Downloads

Published

2025-10-16

Citation Check